Vivo Y35: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Vivo Y35 siap meramaikan persaingan smartphone mid-range di Indonesia. Smartphone ini hadir membawa desain elegan layaknya kelas flagship, bodi yang kokoh, serta kamera 50Mp Night Camera sebagai daya tarik utamanya.

Vivo Y35 menyasar segmen kawula muda yang cocok digunakan untuk daily driver. dibanderol dengan harga 3 jutaan, apakah smartphone ini sebanding dengan spesifikasi maupun fitur yang diberikan?

Daripada penasaran, yuk kita simak ulasan spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Vivo Y35 ini.

Spesifikasi Vivo Y35

Umum
BrandVivo
Tahun RilisAgustus 2022
Layar
PanelIPS LCD
Ukuran6.58 inci
Resolusi1080 x 2408 px
Refresh Rate90Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi164.3 x 76.1 x 8.3 mm
Berat188 g
MaterialGlass front, plastic frame, plastic back
Pilihan WarnaDawn Gold, Agate Black
Hardware
ChipsetQualcomm Snapdragon 680
CPUOcta-core (4x2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4x1.9 GHz Kryo 265 Silver)
GPUAdreno 610
RAM4GB/8GB
Memori Internal64GB/128GB/256GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi50 MP + 2 MP + 2 MP
FiturLED flash
Video1080p@30fps
Kamera Depan
Resolusi16 MP
FiturHDR
Video1080p@30fps
Software
Sistem OperasiAndroid 11
InterfaceFuntouch 12
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 44W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
NFC-
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
SertifikasiIP5X (Tahan debu), IPX4 (Tahan air)
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga Vivo Y35

Harga Vivo Y35 pada saat rilis adalah Rp 3.399.000. Vivo juga menjanjikan bonus tambahan seperti paket internet hingga 171 GB selama 24 bulan dari Smartfren.

Pengguna juga berpeluang mendapatkan penawaran lainnya seperti gratis penggantian anti gores hingga 4X dan softcase pertahun, serta VIP Prime.

Kelebihan Vivo Y35

1. Desain Cantik dan Elegan

Kelebihan Vivo Y35 adalah pada desainnya yang cantik dan elegan menyerupai desain smartphone kelas atas. Vivo membenamkan sentuhan Cystaline Matte dan juga Vivo Dynamic Design yang menawarkan tampilan mewah.

Dengan teknologi tersebut, bagian belakang juga lebih tahan dari goresan ringan dan bekas sidik jari. Inilah yang membuat smartphone ini digadang-gadang bisa bertahan lama.

Smartphone ini hadir dengan bobot 188 gram dengan ketebalan 8.28 gram. Dimensi tersebut cukup nyaman di tangan sekalipun menggenggam dengan satu tangan.  Sementara itu, Vivo Y35 hadir dengan dua opsi warna Dawn Gold dan Agate Black.

2. Performa Stabil

Vivo dibekali dengan System on Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 680 4G dengan fabrikasi 6 nm. SoC ini terkenal dengan performanya yang stabil dengan efisiensi daya yang baik.

SoC tersebut mempunyai CPU 8 inti dengan kecepatan maksimal 2.4 Ghz dan pengolah grafis Adreno 610. Sementara itu, SoC tersebut berpadu dengan dukungan RAM 8 GB LPDDR4x dan memori internal 128 GB UFS 2.1. Jenis memori yang digunakan tersebut mempunyai kecepatan baca dan tulis data yang lebih tinggi daripada ersi sebelumnya. 

Vivo juga memberikan fitur Extended RAM sebesar 8 GB. Artinya, kamu bisa mendapatkan total RAM sebesar 16 GB.  Tentu ini, kapasitas RAM ini sudah sangat mumpuni untuk multitasking. Loncat aplikasi satu ke lainnya pun bisa berjalan lancar tanpa adanya kendala.

Kapasitas memori pun juga bisa ditambah melalui microSD hingga 256GB jika dirasa kurang. Ini cocok sekali untuk menyimpan file-file besar, seperti video, foto maupun file besar lainnya.

Bagaimana performa gaming-nya? Vivo Y35 ini terbilang playable untuk memainkan game-game mainstream seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, hingga Genshin Impact.

Vivo membenamkan fitur Ultra Game Mode dan juga Multi Turbo 5.5 yang bisa mengoptimalkan performa saat memainkan game. Kamu bisa mendapatkan pengalaman gaming yang mantap dengan minim frame drop.

3. Bodi Kokoh

Tidak hanya itu saja, Vivo Y35 juga hadir dengan bodi yang kokoh. Ini juga yang menjadi kelebihan Vivo Y35. Smartphone ini sudah dibekali anti air dan debu dengan sertifikasi IP54. Artinya, smartphone mempunyai ketahanan debu level 5 dan ketahanan cipratan air level 4.

Smartphone ini juga sudah lolos beberapa pengujian ketat, termasuk uji jatuh sebanyak 32.000 kali, uji port headset sebanyak 6.500 kali, uji temperature rendah hingga -40 derajat, dan uji colokan USB sebanyak 6.000 kali.

Dari pengujian tersebut, Vivo berharap produknya tersebut bisa digunakan hingga jangka waktu yang lama.

4. Layar Full HD+ 90 Hz

Vivo sudah mengusung layar IPS LCD 6.58 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2408). Layar tersebut sudah mendukung refresh rate hingga 90 Hz. Tentu saja, layar tersebut menawarkan pergerakan lebih mulus dibandingkan dengan rerfesh rate hingga 60 Hz.

Selain itu, tingkat kecerahan layar hingga 550 nit dan sudah dilapisi dengan sentuhan Sunlight Screen. Kombinasi tersebut membuat layar tetap terlihat terang dan cerah sekalipun berada di bawah terik sinar matahari.

5. Baterai Awet Seharian

Smartphone ini ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang diklaim bisa bertahan seharian untuk penggunaan reguler. Berkat SoC Snapdragon 680, daya juga menjadi lebih irit hingga 1.5 hari.

Jadi kamu tidak perlu khawatir cepat kehabisan daya karena baterai bisa bertahan seharian dengan sekali siklus charging. Baik untuk memutar musik, nonton video, streaming Youtube, hingga bermain game, daya tahan baterai tergolong awet.

Sementara itu, Vivo juga membenamkan fitur pengisian daya cepat 44 watt. Pengisian daya dari 0 hingga 100% diklaim hanya membutuhkan waktu 70 menit saja. Memang bukan yang terbaik, namun sudah tergolong cepat di kelas harganya.

6. Setup Kamera Mantap

Vivo Y35 hadir dengan konfigurasi 3 kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

Kamera utama membawa lensa aperture f/1.8 dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 dan fitur PDAF, AI, serta LED Flash. Kamera utama tersebut menawarkan hasil foto maupun video yang tergolong jernih dalam segala kondisi pencahayaan, baik siang maupun malam.

Kamera utama juga menawarkan hasil jepretran yang jernih dengan detail yang terjaga pada malam hari. Kamera tersebut juga sudah mendukung perekaman video hingga 1080p 30fps.

Beralih ke kamera depan, Vivo menyematkan kamera 12 MP dengan bukaan F/2.4 yang didukung oleh fitur AI. Kamu bisa berkreasi baik memuat vlogging, foto selfie, atau video call menggunakan kemampuan AI tersebut.

Salah satu fitur yang menarik adalah AI Face Beauty yang menawarkan fitur canggih untuk mendeteksi usia, jenis kelamin, warna, serta tekstur kulit. Fitur tersebut juga akan menerapkan efek kecantikan sesuai dengan karakter pengguna.

Selain itu, ada fitur-fitur kamera yang fungsional untuk menghasilkan foto dan video yang menarik, seperti Super Night Mode, Ultra Stable Video, dan Bokeh Flare Portrait. Menariknya, Vivo juga sudah menyematkan fitur EIS yang akan membuat video lebih stabil dan minim goncangan.

Tak tanggung-tanggung, Vivo juga sudah memberikan sensor Gyro hardware yang memberikan pengalaman responsif dalam pengambilan video maupun memainkan game-game yang aiming gyro.

Kekurangan Vivo Y35

1. Layar Belum AMOLED

Kekurangan Vivo Y35 adalah belum mengusung panel AMOLED. Dibandingkan dengan IPS LCD, memang panel AMOLED lebih unggul, lebih kaya warna, lebih terang dan tentunya lebih gonjreng.

Banyak ponsel-ponsel menengah ke atas yang menggunakan panel AMOLED karena memang menawarkan warna yang lebih kaya. Kompetitor Vivo Y35 di kelas harganya sudah menjanjikan panel layar AMOLED.

2. Tanpa Kamera Ultra Wide

Kekurangan Vivo Y35 selanjutnya adalah tidak adanya kamera ultra wide. Vivo membawa konfigurasi 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama, kamera makro, dan kamera bokeh, minus kamera ultra wide.

Padahal kamera ultra wide ini menjadi kamera idola bagi banyak pengguna di Indonesia mengingat menawarkan sudut tangkapan (Field of View) yang lebih luas dibandingkan kamera utama.

Selain itu, pesaing di kelas harganya banyak yang sudah membenamkan kamera jenis ini pada setup kamera belakangnya.

3. Belum Mendukung NFC

NFC menjadi fitur penting smartphone pada zaman modern ini. Dengan fitur tersebut, kamu bisa transfer data, hingga transaksi uang digital dengan hanya menggunakan satu sentuhan saja. Banyak smartphone, bahkan kelas entry-level sudah membenamkan fitur ini.

Sayangnya, fitur ini tidak ada di ponsel ini. Ini yang menjadi kekurangan Vivo Y35. Dibanderol dengan harga 3 jutaan, harapannya Vivo sudah membawakan fitur modern ini.  

4. Speaker Masih Mono

Kekurangan Vivo Y35 selanjutnya adalah masih menggunakan satu speaker. Mengingat harga 3 jutaan, smartphone ini harapannya sudah mengusung dual stereo speaker. Kehadiran speaker tersebut akan membuat ouput suara menjadi lebih seimbang, nyaring, dan cukup lantang.

Meski mengusung satu speaker, Vivo sudah membenamkan teknologi audio terkini, seperti Audio Booster 2.0 yang diklaim bisa menghadirkan suara hingga 72 desibel.