Realme C55: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Realme C55 menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia dengan banyak fitur menarik. Ya, smartphone ini merupakan C series pertama yang sudah dibekali dengan fitur NFC. Akan tetapi, bukan NFC saja, Realme mengklaim memberikan banyak fitur “Champion” yang membuatnya menjadi pilihan yang tepat.

Pabrikan Realme menjanjikan banyak perubahan dibandingkan dengan C series sebelumnya. Artinya, smartphone ini hadir dengan keunggulan khusus di kelas harganya. Selain beragam fitur-fitur menarik yang ditawarkan, smartphone ini pastinya juga mempunyai hal-hal yang perlu diperhatikan.

Nah, jika kamu tertarik membeli smartphone terbaru dari Realme ini, tidak ada salahnya menyimak review Realme C55, termasuk kelebihan dan kekurangan Realme C55.

Spesifikasi Realme C55

Umum
BrandRealme
Tahun RilisMaret 2023
Layar
PanelIPS LCD
Ukuran6.72 inci
Resolusi1080 x 2400 px
Refresh Rate90Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi165.6 x 75.9 x 7.9 mm
Berat189.5 g
MaterialGlass front, plastic frame, plastic back
Pilihan WarnaSun Shower, Rainy Night, Rainforest
Hardware
ChipsetMediatek Helio G88
CPUOcta-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G52 MC2
RAM4GB/6GB/8GB
Memori Internal64GB/128GB/256GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi64 MP + 2 MP
FiturLED flash, HDR, panorama
Video1080p@30/60fps
Kamera Depan
Resolusi8 MP
FiturHDR, panorama
Video1080p@30fps
Software
Sistem OperasiAndroid 13
InterfaceRealme UI 4.0
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 33W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band
NFCYa
Bluetooth5.2, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
Gyro-

Harga Realme C55

Realme C55 ini dibanderol dengan harga Rp 2.499.000 untuk varian 6/128 GB dan Rp. 2.999.000 untuk 8/256 GB. Realme juga memberikan potongan harga masing-masing Rp 100.000 saat flash sale kemarin.  

Kelebihan Realme C55

1. Layar Full HD+

Realme C55 hadir dengan panel IPS 6.72 inci dan sudah beresolusi Full HD+. Layar tersebut cukup memanjakan mata baik untuk produktivitas harian maupun hiburan. Realme juga sudah membenamkan refresh rate hingga 90 Hz yang membuat pergerakan konten menjadi lebih mulus dan lembut.

Sementara itu, touch sampling rate-nya berada 180 Hz. Artinya, tidak ada touch delay, saat kamu swipe atau menyentuh layar. Untuk kecerahan, layarnya bisa mencapai 680 nit, yang tergolong baik di kelas harganya. Kamu masih bisa melihat layar dengan jelas sekalipun berada di bawah sinar matahari.

Tidak seperti C series sebelumnya, smartphone ini hadir dengan bentu punch hole sebagai rumah kamera depan.

2. Kamera Bening 64 MP

Realme C55 dibekali dengan 64 MP Champion camera f/1.79 dengan Autofocus sebagai kamera utama. Ada juga kamera pendamping, Black and White 2 MP dengan bukaan f/2.4 dan LED Flash.

Kamera utama mendukung perekaman video hingga 1080p 60fps. Realme juga membenamkan banyak fitur kamera termasuk Pro Mode (photo), 64 MP, Panorama, Bokeh Flare Portrait, Night Mode dengan Starry Mode, AI Color Portrait, Street mode dan yang lainnya.

Kamera utama juga terbilang cukup dengan ketajaman yang terjaga dan dynamic range-nya yang baik. Pada kondisi low-light, detailnya masih terjaga dan minim noise.

Beralih ke kamera depan, Realme C55 hadir dengan sensor 8 MP yang terbilang memadai untuk foto selfie atau vlogging sederhana. Kamera tersebut juga mendukung perekaman video hingga 1080p 30 fps.

Kualitas video juga terbilang cukup dengan wajah yang masih terekspos dengan baik. Sayangnya memang belum dibekali video stabilizer untuk kamera depan. Namun mengingat harganya, rasanya cukup wajar.

3. Performa Terbilang OK

Sektor performa juga menjadi kelebihan Realme C55 ini. Smartphone ini ditenagai oleh SoC MediaTek Helio G88 yang dibangun dengan fabrikasi 12 nm. Chipset tersebut membawa 8 inti CPU dengan kecepatan hingga 2 GHz.

Chipset tersebut dipadukan dengan opsi RAM 6 atau 8 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB. Menariknya, Realme juga menawarkan fitur RAM Expansion yang terbilang besar. Varian 6 GB mendapatkan fitur RAM tambahan hingga 6 GB. Sementara itu, varian 8 GB tambahannya hingga 8 GB.

Artinya, smartphone ini harusnya bisa diandalkan untuk mendukung kebutuhan multi-tasking, mulai dari buka-buka aplikasi hingga main game tipis-tipis. Performanya stabil dan tidak ada lagi lagging karena memori RAM habis.  

Meski menawarkan opsi storage yang besar, Realme juga masih menyematkan slot microSD yang bisa digunakan untuk penyimpanan tambahan hingga 1 TB. Wow! Mantap ini. Kamu bisa menyimpan berbagai berkas besar tanpa khawatir ruang memori cepat penuh.

Dalam pengujian performa, smartphone ini mengantongi benchmark dengan skor 257745 di AnTuTu v9. Sementara itu, pada Geekbench 5, single core mendapatkan 376 dan multi-core mendapatkan 1463.

Bagaimana performa gaming-nya? PUBG Mobile dengan pengaturan Smooth-Ultra terbuka hingga 40 fps. Mobile Legends dengan pengaturan High selama 60 menit mendapatkan frame rate di kisaran 50-60 fps.

Genshin Impact dengan pengaturan paling rendah mendapatkan frame rate di kisaran 22 – 30 fps dengan sesekali ada frame-drop.

4. Desain Elegan

Sektor desain menjadi kelebihan Realme C55 ini. Secara umum, smartphone ini hadir dengan desain flat atau mengotak baik dari sisi samping maupun belakang. Meski demikian, desain tersebut masih tergolong nyaman saat digenggam.

Menariknya, Realme membenamkan sentuhan sunshower pada bodi belakangnya. Ya, desain tersebut terinspirasi dari hujan. Desain tersebut terlihat dari pola garis vertical yang dikombinasikan dengan warna mengkilap yang menggambarkan sinar matahari.

Yang mengejutkan pola-pola garis tersebut memiliki tekstur yang dibentuk dari 13 layer. Ini tergolong keren di kelas harga 2 jutaan. Desain tersebut sekaligus membuktikan bahwa Realme tidak main-main dengan sentuhan desainnya.

Selain opsi warna Sunshower, ada opsi warna lainnya, Rainy Night yang juga hadir dengan pola dan tekstur serupa. Smartphone ini juga tergolong tipis dengan ketebalan 7.89 mm dan bobot berkisar 189.5 gram. Artinya, smartphone ini tergolong ringan dan cukup ramping.

5. Baterai Gede & Charger Cepat

Realme C55 ditopang dengan baterai 5,000 mAh yang terbilang besar dan banyak digunakan pada smartphone keluaran sekarang. Untuk nonton local video playback, daya baterai bisa bertahan hingga 16 jam 38 menit. Memang bukan yang terbaik di kelas 5.000 mAh, namun sudah cukup lumayan.

Streaming Youtube selama 30 menit berkurang 3% dan TikTok selama 30 menit menguras 4% saja. Ya, tergolong irit.

Tidak hanya itu saja, Realme juga membenamkan fitur 33 Watt SuperVOOC yang memungkinkan daya terisi dalam waktu yang tergolong singkat. Kemampuan charging juga terbilang cepat 0-50% membutuhkan waktu 29 menit saja, sementara sampai full kurang lebih 1 jam 15 menitan.

6. Dibekali NFC 360-degree

NFC 360-degree menjadi salah satu fitur unggulan yang dibawa  oleh Realme C55. Dibandingkan dengan NFC pada umumnya, jenis ini diklaim mengalami banyak peningkatan, khususnya dalam akurasi dan deteksi.

Kamu bisa menggunakannya mulai dari untuk cek saldo e-wallet, isi saldo e-toll, hingga bisa dijadikan sebagai kartu akses dengan cepat. Ini juga menjadi fitur menarik yang mungkin tidak akan ditemukan di smartphone di kelas harganya.

7. Android 13

Realme C55 ini berjalan dengan system antarmuka Realme UI 4.0 yang berbasis Android 13. Ya, Kamu sudah bisa menikmati Android terbaru di smartphone ini. Bahkan, C55 ini juga menjadi C series pertama yang menggunakan Android 13.

8. Fitur Mini Capsule

Kelebihan Realme C55 selanjutnya adalah sudah ada fitur mini capsule atau sering disebut sebagai dynamic island, seperti yang popular pada smartphone kelas atas. Dengan fitur tersebut, smartphone bisa membuka area kiri dan kanan punchole yang memuat informasi daya baterai atau info charging.

Namun kabarnya, ada peningkatan terkait dengan informasi pada mini capsule tersebut setelah update. Ya, smartphone ini juga menjadi produk Realme yang mendapatkan built-in mini capsule tersebut. Artinya, kamu tidak perlu membeli iPhone untuk bisa menikmati fitur dynamic island tersebut.

Kekurangan Realme C55

1. Tidak Semua Aplikasi Berjalan 90 Hz

Kekurangan Realme C55 adalah refresh rate-nya yang tidak konsisten di 90 Hz. Dengan pengaturan auto, refresh rate bertahan di 90 Hz saat di homescreen. Sayangnya, tidak banyak aplikasi yang bisa menjalankan refresh rate 90 Hz, kebanyakan mentok 60 Hz.

Chrome dan aplikasi market bawannya bisa menjalankan refresh rate maksimal. Namun lainnya, seperti Youtube, Playstore, dan beberapa aplikasi lainnya hanya mentok di 60 Hz.

2. Storage Masih eMMC

Cukup disayangkan, Realme C55 masih membawa tipe storage eMMC yang tergolong ketinggalan di tahun 2023 ini. Harapannya, Realme memberikan tipe yang lebih update, setidaknya UFS 2.2 yang juga banyak dibenamkan pada smartphone di kelas harganya.

Tipe eMMC terbilang kurang maksimal dalam membaca data. Ini pastinya juga akan berpengaruh pada performa smartphone secara keseluruhan.

3. Gyro Masih Software

Smartphone ini dibekali dengan beberapa sensor dan salah satunya gyroscope. Sayangnya, gyro-nya masih software. Ini akan berpengaruh pada sensitivitasnya saat digunakan untuk bermain game-game dengan aiming gyro, termasuk PUBG Mobile.

Gyro-nya kurang responsive saat digunakan untuk bermain game. Selain itu, gyro-nya juga kurang maksimal dalam meredam hentakan atau goncangan saat pengambilan video.

4. Masih Banyak Iklan

Kekurangan Realme C55 selanjutnya adalah masih banyak ditemukan iklan. Iklan-iklan tersebut diselipkan atau direkomendasikan di Realme UI, termasuk di App drawer, pemindaian setelah memasang aplikasi, serta beberapa tempat lainnya.

Ini pastinya cukup menganggu. Namun demikian, harap juga dimaklumi mengingat kelasnya di entry-level. Kamu juga bisa mematikan iklan tersebut melalui menu setting.

5. Speaker dan Mic Masih Single

Realme C55 masih menggunakan satu speaker sebagai outsuaranya. Ini menjadi hal yang perlu diperhatikan mengingat ada beberapa kompetitornya yang sudah menawarkan stereo speaker di kelas harganya.

Single speaker tersebut memang cukup lantang, namun suaranya kurang seimbang, terlebih saat kamu menggunakannya untuk streaming video atau main game. Suaranya hanya sebelah saja.

Tidak hanya itu saja, Realme C55 juga masih membawa single microphone yang membuat suaranya kurang begitu jernih dan detail saat perekaman video. Suaranya yang dikeluarkan terkesan cempreng.

Selain itu, single mic juga mempunyai kekurangan saat tidak sengaja tertutup, maka suaranya pun juga tidak akan kedengaran.

6. Tanpa Kamera Ultra-Wide

Ya, tidak ada kamera ultra-wide di Realme C55. Ini juga patut disayangkan. Banyak produsen, termasuk Realme yang memangkas kamera ini untuk menekan harga. Padahal, kamera ini menjadi idola bagi sebagaian besar pengguna di Indonesia untuk foto bersama keluarga maupun teman-teman.

Harapannya, Realme membenamkan jenis kamera ini, mengingat banyak smartphone yang dijual dengan harga 2 jutaan sudah dibekali dengan jenis kamera ultra-wide ini.