POCO M5s: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Diluncurkan bersamaan dengan seri M5 pada akhir November 2022 kemarin, POCO M5s siap memanaskan persaingan ponsel di kelas mid-range. Ponsel ini juga ditenagai dengan chipset MediaTek Helio G99 yang diklaim sebagai salah satu SoC 4G paling gahar di tahun 2022.

POCO M5s mengusung slogan The Fun magician. Harapannya, ponsel ini menawarkan performa yang ngebut dengan harga yang terjangkau. POCO menyasar generasi muda untuk menawarkan gadget yang dibekelai fitur canggih baik dari hardware maupun software.

Bagi kamu yang bermain game, serta menikmati konten sambil mengabadikan momen yang keren, POCO M5s ini diklaim menjadi jawaban yang tepat. Nah, apakah klaim POCO tersebut terbukti? Yuk kita bedah spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Poco M5s.

Spesifikasi POCO M5s

Umum
BrandXiaomi
Tahun RilisSeptember 2022
Layar
PanelAMOLED
Ukuran6.43 inci
Resolusi1080 x 2400 px
Refresh Rate-
PerlindunganCorning Gorilla Glass 3
Desain
Dimensi160.5 x 74.5 x 8.3 mm
BeratGray, Blue, White
Material178.8 g
Pilihan WarnaGlass front (Gorilla Glass 3), plastic frame, plastic back
Hardware
ChipsetMediatek Helio G95
CPUOcta-core (2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G76 MC4
RAM4GB/6GB
Memori Internal64GB/128GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
FiturLED flash, HDR, panorama
Video4K@30fps, 1080p@30/60/120fps, 720p@960fps
Kamera Depan
Resolusi13 MP
FiturHDR
Video1080p@30fps
Software
Sistem OperasiAndroid 12
InterfaceMIUI 13
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 33W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
NFCYa
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0
Lainnya
SertifikasiIP53 (Tahan debu dan percikan air)
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga POCO M5s

POCO M5s hadir dengan dua varian, 4/64 GB dan 6/128 GB. Untuk varian terendah, ponsel ini dibanderol dengan harga resmi Rp. 2.299.000. Sementara itu, varian tertinggi 6/128 GB dijual dengan harga Rp. 2.599.000.

Kelebihan POCO M5s

1. Performa Maksimal

POCO M5s ini dipersenjatai dengan chipset MediaTek Helio G95 yang menjadi salah satu chipset 4G paling gahar di tahun 2022. Chip tersebut dibangun dengan manufaktur TSMC 6 nm dan membawa CPU 8 inti dengan kecepatan hingga 2.2 Ghz. Serta pengolah grafis Mali-G57.

Kombinasi dapur pacu tersebut menawarkan performa yang ngebut mulai dari tugas ringan hingga kebutuhan berat, termasuk gaming.

Untuk menunjang performanya, POCO juga membenamkan teknologi MediaTek Hyper Engine MC2 serta Game Turbo 5. Dengan teknologi tersebut, performa gaming menjadi lebih optimal dan stabil.

Chipset tersebut berpadu dengan RAM 4 dan 6 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal 64 dan 128 GB UFS 2.2. POCO juga masih menyematkan slot MicroSD untuk tambahan penyimpanan hingga 1 TB. Ada juga fitur Memory Extension hingga 2 GB.

Pada pengujian performa melalui AnTuTu Bencmark v9, ponsel ini mendapatkan skor 366859. Sementara itu, pengujian CPU throrttling test, performa cukup stabil, hanya turun ke 90% setelah penggunaan selama 30 menit.

2. Gaming Lancar Jaya

Rasanya tidak berlebihan jika POCO M5s didaulat sebagai ponsel gaming dengan harga terjangkau. PUBG Mobile bisa berjalan dengan stabil di 60 fps dengan pengaturan Smooth Exreme terbuka.

Yang menarik ponsel ini sudah didukung olehh Gyroscope Hardware. Fitur ini menawarkan pengalaman gaming terbaik, khususnya untuk game yang gyro aiming, termasuk PUBG Mobile.

Mobile Legends dengan pengaturan High HD dan shadow On mendapatkan di kisaran 55-60 fps. Cukup lumayan di kelas harganya.

Untuk Genshin Impact, POCO M5s bisa berjalan di kisaran 30 fps dengan pengaturan lowest-60. Ponsel ini tergolong masih playable untuk memainkan game ini. Namun, kami sarankan menggunakan pengaturan yang paling rendah.

Apex Legends didapatkan di kisaran 30 – 40 fps dengan pengaturan Ultra HD – High. Untuk awal-awal, kamu bisa mendapatkan rata-rata 40 fps. Namun masuk di akhir pertandingan, frame rate akan turun di kisaran 30 fps.

Bagaimana dengan suhu ponsel saat bermain game?

Setelah digunakan memainkan game selama 45 menit, suhu berada di kisaran 30 hingga 41 derajat celcius. Itulah mengapa kami menyarankan menggunakan fan grip untuk menjaga suhu tetap stabil serta performa maksimal saat bermain game.

3. Layar AMOLED Full HD+

POCO M5s mengusung panel AMOLED 6.43 inci Dot Display dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1800 piksel). Layar tersebut juga hadir dengan DCI-P3 color gamut yang cukup tinggi baik pada mode standard maupun vivid.

Tingkat kecerahan layar mencapai 110 nit dan penggunaan dalam ruangan mencapai 450 nit. Layar tersebut memudahkan kamu melihat maupun membaca layar sekalipun berada di luar ruangan dengan jelas.

POCO mempunyai touch sampling rate hingga 240 Hz. Untuk memainkan Real Drum, kamu bisa mendapatkan sentuhan yang responsif dan cepat tanpa delay. Ponsel ini juga membawa fitur-fitur layar, seperti Reading Mode, Sunlight Mode, dan DC Dimming.

Dengan mode Sunlight, layar tetap terbaca dengan jelas dan nyaman meski berada di bawah terik sinar matahari.  Selain itu, layar tersebut juga sudah terproteksi dengan lapisan kaca Corning Gorilla Glass. Dengan lapisan tersebut, layar akan terhindar dari goresan maupun gesekan.

4. Kamera 64 MP

POCO M5s menawarkan konfigurasi 3 kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultra wide 8 MP, dan kamera makro 2 MP. Kamera utama tersebut sudah mendukung perekaman video hingga 4K@30fps dan 1080p@30fps.

Selain itu, terdapat fitur-fitur keren yang bisa kamu gunakan antara lain 64 MP Photo, Time Lapse, Short Video, mode Pro, dan fitur video menarik lainnya.

Kamera ultra wide menawarkan tangkapan layar hingga 118 derajat. Jenis lensa ini sangat cocok untuk membidik foto bersama keluarga maupun teman-teman. Sementara itu, kamera depan mengusung lensa 13 MP dengan perekaman video hingga resolusi 1080p@30fps.

Kemampuan fotografi POCO M5s semakin berkualitas berkat teknologi kecerdasan buatan. Kamera mampu menghasilkan bidikan yang berkualitas dalam berbagai mode termasuk mode malam, landscape, portrait, hingga slow-motion video.

5. Desain Ramping didukung IP53

Sekilas, desain POCO M5s ini mirip seperti Redmi Note 10s yang ramping dan tipis. Pada bagian back cover, ponsel ini membawa desain lengkung untuk kenyamanan tangan saat memegang ponsel.

Ponsel ini juga hadir dengan dua pilihan warna, grey dan blue. Ponsel ini berbobot 178.8 gram dan ketebalan 8.29 mm. Tergolong ringan dan ramping untuk ponsel zaman sekarang.

Menariknya, POCO M5s mengusung sertifikasi IP53 yang artinya ponsel tahan dari percikan ari dan juga debu.

6. Dual Stereo Speaker

POCO M5s sudah dilengkapi dengan dual stereo speaker pada bagian atas dan bawah ponsel. Hadirnya speaker ganda ini membuat output suara menjadi lebih menggelegar dan jelas.

Kualitas suara yang dihasilkan pun juga tergolong baik di kelas harganya. Suaranya akan terdengar seimbang dan terdengar nyaring sekalipun menggunakannya pada posisi horizontal.

Kamu bisa mendapatkan suara yang jelas ketika nonton film, streaming video hingga bermain game dengan mantap.

7. Baterai dengan Fast Charging 33 W

POCO M5s ditopang dengan baterai 5.000 mAh yang diklaim bisa mendukung aktivitas seharian dengan sekali siklus charging. Untuk memutar video playback 1080p, daya baterai bisa bertahan hingga 17 jam lebih.

Untuk streaming video Youtube selama 30 menit, daya berkurang 4%. Sementara itu, daya berkurang 4% untuk bermain TikTok. Untuk bermain Genshin Impact selama 30 menit, daya baterai berkurang 7%.

8. Konektivitas lengkap

POCO M5s sudah dibekali dengan jaringan hingga 4G, WiFi 5, Bluetooth 5, NFC, IR Blaster, dan USB On-the-Go.

NFC memudahkan kamu untuk cek saldo e-wallet, saldo e-toll, hingga bisa dijadikan sebagai kartu akses. Sementara itu, IR Blaster berfungsi sebagai pengganti remote untuk menghidupan TV, AC hingga perangkat smart lainnya.

Kekurangan POCO M5s

1. Refresh Rate Maksimum 60 Fps

Meski sudah dibekali layar AMOLED, POCO M5s masih menawarkan refresh rate maksimum 60 fps. Ini juga menjadi hal-hal yang perlu diperhatikan mengingat di kelas harganya, pesaingnya sudah menawarkan refresh rate hingga 90 fps.

Dengan refresh rate yang tinggi, pastinya pengalaman scrolling maupun  menjelalah sosial media lebih mengasyikan.

2. Tanpa Charger Bawaan

Paket penjualan POCO M5s tidak menyertakan charger. Nah, ini berbeda dengan saudaranya, POCO M5 yang membawa charger. Ini juga menjadi hal yang harus diperhatikan mengingat charger ori membuat pengisian baterai semakin cepat dan awet.

Untuk membeli charger ori tersebut, kamu juga perlu merogoh kocek lagi.

3. Daya Tahan Baterai Belum Maksimal

Meski ditopang denga baterai 5.000 mAh, daya tahan baterai terasa kurang maksimal atau lebih rendah dari ponsel dengan kapasitas baterai yang sama. Untuk memutar local video playback 1080, daya baterai hanya bertahan 17 jam 40 menit.

Harapannya, dalam pengujian tersebut, baterai bisa bertahan hingga lebih dari 20 jam.

4. Kamera Kurang Mantap Saat Low Light

Pada pencahayaan yang optimal, hasil kamera lumayan jelas, dan detail. Namun sayangnya, hasil foto maupun video kurang maksimal saat minim pencahayaan.

Mode malam juga kurang membantu membuat hasil kamera menjadi lebih detail. Oleh karena itu, kamu jangan terlalu berharap banyak saat membidik objek pada kondisi yang minim cahaya.