iQOO Z7x 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

iQOO pada awal April 2023 kemarin meluncurkan dua smartphone andalan mereka, yakni iQOO Z7 5G dan Z7x 5G. Keduanya menggebrak pasar smartphone Indonesia dengan spesifikasi gahar dengan harga yang menarik. Namun iQOO Z7x 5G dikhususkan untuk menyasar smartphone di kisaran 3 jutaan.

iQOO menjanjikan smartphone anyarnya tersebut menawarkan performa yang tinggi dilengkapi dengan kemampuan-kemampuan spesial di kelas harganya. Adapun poin-poin yang menarik diantaranya SoC Snapdragon 695, layer 120 Hz, baterai 6000 mAh, charge 80W FlashCharge dan masih banyak lainnya.

Meski demikian, dibandingkan dengan kompetitornya, pastinya smartphone ini juga mempunyai hal-hal yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, kami akan memberikan review iQOO Z7x 5G lengkap, termasuk kelebihan dan kekurangan iQOO Z7x 5G.

Spesifikasi iQOO Z7x 5G

Umum
BrandVivo
Tahun RilisMaret 2023
Layar
PanelIPS LCD
Ukuran6.64 inci
Resolusi1080 x 2388 px
Refresh Rate120Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi164.6 x 75.8 x 9.1 mm
Berat205 g
Material-
Pilihan WarnaBlack, Blue, Orange
Hardware
ChipsetQualcomm Snapdragon 695
CPUOcta-core (2x2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 660 Silver)
GPUAdreno 619
RAM8GB
Memori Internal128GB/256GB
Memori EksternalmicroSDXC
Kamera Belakang
Resolusi50 MP + 2 MP
FiturDual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Video1080p@30fps
Kamera Depan
Resolusi8 MP
Fitur-
Video1080p@30fps
Software
Sistem OperasiAndroid 13
InterfaceOriginOS 3
Baterai
Kapasitas6000 mAh
ChargingFast charging 80W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
NFC-
Bluetooth5.1, A2DP, LE, aptX HD
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga iQOO Z7x 5G

iQOO Z7x 5G hadir dalam dua varian, yakni 8/128 GB yang dibanderol Rp 3.299.000 dan 8/256 GB dibanderol dengan harga Rp 3.699.000.

Kelebihan iQOO Z7x 5G

1. Layar 120 Hz

Kelebihan iQOO Z7 5G adalah pada layarnya. Ya, smartphone ini dibekali dengan panel IPS 6.64 inci dengan resolusi Full HD+. Tidak hanya itu saja, layarnya juga sudah mendukung refresh rate hingga 120 Hz.

Kamu bisa mendapatkan pergerakan konten yang super lembut dan mulus, yang pastinya akan memanjakan mata. Menariknya, layarnya juga sudah mengadopsi fitur Adaptive refresh rate yang akan menyesuaikan secara otomatis saat tidak ada aktivitas pada layar.

Kecerahan layar dalam ruangan mencapai 440 nit. Memang bukan yang terbaik, namun sudah cukupan untuk kelas panel IPS. Color Gamut layar juga sudah hampir  mendekati 100% DCI-P3.

2. Kamera Bening

iQOO Z7x 5G membawa kamera utama 50 MP f/1.8, Auto Focus yang diklaim bening baik untuk foto maupun video. Kamera utama tersebut dilengkapi dengan kamera bonus 2 MP f/2.4 dan Dual LED Flash.

Menariknya, kamera utama menawarkan perekaman hingga 1080p@60 fps. Ini mungkin smartphone pertama yang bisa mencapai resolusi 1080p60 fps pada SoC Snapdragon 695. Ada juga opsi slow-motion dengan resolusi 720p@120 fps.

Kualitas video kamera utama tergolong bagus dengan warna yang cukup bagus dan dynamic range yang cukup luas.

Ada juga banyak fitur kamera, termasuk Dual View Video, Live Photo, Night Mode, Micro Movie, Panorama, Double Exposure, dan masih banyak lainnya.

Kamera depan membawa sensor 8 MP f/2.0. Kamera tersebut menawarkan perekaman video hingga 1080p@30 fps.

3. Performa Stabil

iQOO Z7x 5G ditenagai dengan SoC Snapdragon  695 dengan manufaktur 6 nm. SoC tersebut dipadankan dengan RAM LPDDR4X dan memori internal UFS 2.2. Adapun opsi memorinya adalah 8/128 GB dan 8/256 GB.

Untuk memori, ada fitur Extended RAM yang bisa memperluas RAM lebih besar lagi hingga 8 GB. Ya, meski perlu didalami lagi apakah fitur tersebut benar-benar bekerja dengan baik atau tidak.

Pada pengujian sintesis, AnTuTu 9 mendapatkan skor 400165 dan Geekbench Benchmark mendapatkan 675 untuk single core dan 1978 untuk multi-core.

Bagaimana untuk performa gaming-nya? Call of  Duty Mobile dengan pengaturan grafis High dengan kisaran frame rate 50-60 fps. Jika ingin stabil di 60 fps, kamu bisa menurunkan pengaturan grafis ke medium.

Mobile Legends bisa mencapai stabil 60 fps dengan pengaturan Ultra HD hingga akhir permainan. Smartphone ini terbilang mumpuni untuk memainkan game satu ini. Sayangnya, memang belum terbuka hingga 120 fps. PUBG Mobile dengan pengaturan Ultra terbuka 40 fps.

Genshin Impact dengan pengaturan lowest-60 mendapatkan frame rate 36-42 fps dengan stabil.

4. Baterai 6000 mAh

Keunggulan iQOO Z7x 5G selanjutnya adalah pada sektor baterai. Smartphone ini ditopang dengan 6000 mAh yang tergolong jumbo untuk smartphone zaman sekarang. Pengujian local video playback mendapatkan waktu hingga 28 jam 33 menit. Wow luar biasa.

Streaming Youtube 30 menit hanya berkurang 3% dan TikTok selama 30 menit berkurang 3%. Genshin Impact selama 30 menit bekurang antara 8-9%.

Menariknya, iQOO juga membawakan charge 80W FlashCharge yang diklaim bisa mengisi daya dalam waktu yang singkat. 0-50% membutuhkan waktu 26 menit saja. Sementara itu, jika sampai full membutuhkan waktu 1 jam 10 menitan.

5. Sistem Pendingin Terbaik

Selain dibekali dengan performa terbaik, smartphone ini hadir dengan system pendingin modern, yakni Five Layer Liquid Cooling yang diklaim bisa mendinginkan smartphone sekalipun habis digunakan untuk kebutuhan berat, termasuk gaming.

Setelah memainkan game 30 menit, suhu permukaan yang paling panas pada sisi kanan kamera depan dengan suhu sekitar 39-derajat celcius. Sementara itu, area lainnya berada di bawah 37-derajat celcius.

Pada sisi belakang suhunya juga berkisar diantara 36-38-derajat celcius. Artinya, sistem pendingin tersebut bekerja cukup baik untuk menjaga suhu tetap stabil sekalipun habis digunakan kebutuhan berat.

6. Sudah Android 13

iQOO Z7x 5G berjalan pada sistem antarmuka Funtouch OS 13 berbasis Android 13. Ya, sudah mulai dengan Android 13. iQOO juga menjanjikan update Android selama 2 tahun dan sistem keamanan selama 3 tahun. Update android ini sama dengan yang ditawarkan pada iQOO Z7.

Selain ada juga layanan ekstra, termasuk Global search, Lockscreen Poster, dan fitur-fitur lainnya. Kamu bisa menonaktifkannya jika tidak menggunakann fitur-fitur tersebut.

7. Konektivitas 5G

iQOO Z7x 5G juga sudah mendukung konektivitas 2G, 3G, 4G, hingga 5G. Artinya, smartphone ini sudah future-proof, alias bisa digunakan dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan, mengingat sudah mendukung jaringan 5G. Kabarnya, smartphone ini sudah didukung beberapa provider besar di Indonesia.

Selain itu, smartphone ini sudah dibekali dengan Wi-Fi 5, Bluetooth 5.1, USB OTG dan juga NFC multi-function. NFC tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk cek saldo e-wallet, hingga bisa menjadi emulasi kartu akses.  

8. Sensor Lengkap, termasuk Gyro Hardware

Ya, smartphone ini hadir dengan sensor-sensor yang lengkap, termasuk Accelerometer, Proximity, Light, Sound, Magnetic dan pastinya Gryo Hardware. Adanya Gyro Hardware ini akan membuat perekaman video lebih stabil.

Selain itu, Gyro Hardware juga akan meningkatkan pengalaman saat memainkan game-game dengan aiming Gyro, termasuk PUBG Mobile. Kamu bisa lebih responsif saat mengarahkan target tembakan.

9. Desain Simpel namun Stylish

Desain juga menjadi kelebihan iQOO Z7x 5G. Secara keseluruhan, desainnya hamper mirip dengan seri Z7 5G, baik di back cover, area kamera, dan juga frame-nya. Benar-benar mirip. Saking miripnya, kamu mungkin akan kesulitan membedakan kedua smartphone tersebut ketika dijejerkan.

iQOO menghadirkan bentuk bodi belakang curved pada sisi kanan maupun kiri. Itu membuatnya nyaman ketika digenggam. Secara keseluruhan, desainnya cukup sederhana, namun membawa kesan moden.

Untuk warna, Z7x 5G hadir dengan dua opsi, yakni Tropical Blue dan Metallic Grey. Sementara itu, bobot smartphone ini dikisaran 205 gram dengan ketebalan 9.10 mm. Memang bukan termasuk yang ringan dan tipis. Namun, rasanya masih sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.

10. Support MicroSD

Disaat pabrikan lainnya tidak memberikan opsi penyimpanan tambahan, iQOO masih menawarkan slot microSD. Pastinya ini fungsional untuk kamu yang ingin menambah kapasitas penyimpanan melalui microSD hingga 1 TB.

Fasilitas ini membantu sekali untuk menyimpan berkas-berkas besar, seperti foto, video, maupun berkas lainnya tanpa harus mengorbankan memori internal.

Kekurangan iQOO Z7x 5G

1. SIM-Tray Hybrid

Kekurangan iQOO Z7x 5G adalah pada sim tray-nya yang hybrid. Artinya, kamu harus pintar-pintar memilih ingin menggunakan dua kartu SIM atau mengorbankan satu slot untuk dijadikan tempat microSD atau penyimpanan tambahan.

Bagi sebagian pengguna, tentu masalah sim-tray ini menjadi hal yang harus diperhatikan, mengingat banyak kompetitornya yang tetap mempertahankan SIM-TRAY non-Hybrid.  

2. Masih Single Speaker

Cukup disayangkan sekelas smartphone 3 jutaan, masih menggunakan single speaker. Ya, kamu tidak salah satu baca. iQOO hanya membenamkan satu speaker saja di bagian frame bawah. Meski kualitas speaker tergolong cukup baik, dan lantang. Bahkan ada mode Audio Booster yang bias memberikan suara hingga 150%.

Saat streaming video, atau main game, suara yang keluar pastinya kurang berimbang. Ini akan mempengaruhi kenyamanan telinga saat diposisikan horizontal.

3. Kamera Selfie Kurang OK

Kamera depan hanya menawarkan perekaman video mentok 1080p@30 fps. Sayangnya kualitas video cenderung kurang maksimal. Microphone-nya terdengar cukup jelas, namun warnanya cenderung pucat, dynamic range juga kurang luas, dan detailnya juga terbilang biasa saja.

Selain itu, kamera depan juga tidak ada stabilisasi video yang membuat perekaman video mudah goyang.

4. Tanpa Kamera Ultra-Wide

Ya, smartphone ini tanpa menggunakan kamera ultra wide. Ini menjadi kekurangan iQOO Z7x 5G. Perlu diiingat bahwa kamera satu ini menjadi favorit bagi pengguna di Indonesia untuk foto bareng Bersama teman maupun dengan keluarga.

Rasanya kok sulit diterima, sekelas smartphone mid-range namun belum membawa kamera ultra-wide yang mana kompetitornya sudah menawarkan setup kamera yang lebih lengkap.