Infinix Note 30: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Infinix Note 30 hadir sebagai opsi bagi kamu yang ingin mendapatkan smartphone kenceng dengan harga 2 jutaan kecil. Smartphone ini hadir sebagai varian yang paling terjangkau pada Note 30 series.

Apa saja sih yang menarik? Yuph, dengan harga 2 jutaan, kamu bisa mendapatkan smartphone dengan jeroan MediaTek Helio G99, RAM dan storage jumbo, charging cepat, layar 120 Hz, IP53 dan masih banyak lainnya.

Nah, ini cocok sekali buat kamu mendang-mending yang masih bingung pilih gadget di tahun 2023. Agar kamu semakin mantap, kami akan berikan review Infinix Note 30 termasuk kelebihan dan kekurangan Infinix Note 30.

Spesifikasi Infinix Note 30

Umum
BrandInfinix
Tahun RilisMei 2023
Layar
PanelIPS LCD
Ukuran6.78 inci
Resolusi1080 x 2460 px
Refresh Rate120Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi168.6 x 76.6 x 8.6 mm
Berat219 g
MaterialGlass front, plastic frame, glass or leather back
Pilihan WarnaObsidian Black, Interstellar Blue, Sunset Gold
Hardware
ChipsetMediatek Helio G99
CPUOcta-core (2x2.2 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G57 MC2
RAM8GB
Memori Internal128GB/256GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi64 MP + 2 MP + QVGA
FiturQuad-LED flash, HDR, panorama
Video1440p@30fps, 1080p@30/60fps
Kamera Depan
Resolusi16 MP
FiturLED flash, HDR
Video1080p@30fps
Software
Sistem OperasiAndroid 13
Interface-
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 45W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
BluetoothYes
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga Infinix Note 30

Infinix Note 30 dibanderol dengan harga Rp. 2.498.00. Kamu bisa mendapatkannya di pasaran di bawah 2.5 jutaan saja.

Kelebihan Infinix Note 30

1. Layar 120 Hz

Sektor layar juga menjadi keunggulan Infinix Note 30. Masih ingat harganya? Ya, Infinix membekalinya dengan layar IPS 6.78 inci Full HD+. Layarnya cukup lega untuk nonton film hingga main game.

Menariknya, layar juga sudah support refresh rate hingga 120 Hz. Ini keren parah! Jarang banget, ada pabrikan smartphone yang memberikan spesifikasi layar tersebut di harga 2.4 jutaan saja. By default, setelan refresh rate pada auto-switch yang mana system akan menentukan berdasarkan aplikasi yang dibuka.

Meski demikian, kamu mempunyai opsi refresh rate mulai dari 60 Hz, 90 Hz atau 120 Hz.  

Tingkat kecerahan juga terbilang baik. Di luar ruangan atau di bawah terik matahari, layar masih terlihat dengan jelas. Sementara itu, touch sampling rate-nya hingga 240 Hz. Artinya, sudah tidak ditemukan lagi touch delay saat penggunaan harian.

2. Kamera

Infinix Note 30 hadir dengan kamera depan 16 MP f/2.0 yang lumayan untuk memenuhi hasrat fotografi atau video sederhana. Menariknya, kamu bisa merekam video dengan resolusi hingga 2k@30 fps atau 1080p@60fps.

Lagi-lagi ini terbilang langka, smartphone ini bisa merekam hingga 60 fps. Mana ada brand lain yang memberikan fitur ini di kelas harga 2.4 jutaan? Bahkan, diharga 3-4 jutaan saja jarang. Keren Infinix!

Ada juga dual LED Flash yang membantu kamera menangkap foto maupun video pada kondisi minim cahaya.

Kualitas microphone-nya terbilang cukup bagus, tidak cempreng. Bahkan, lebih baik daripada yang versi Pro. Kualitas videonya juga lumayan dengan stabilisasi yang cukup meminimalisir goncangan-goncangan.

Beralih ke sisi belakang, Infinix membawa 3 kamera yang terdiri dari kamera utama 64MP f/1.69 dan dua kamera bonus. Ada juga LED flash. Kamera utama hadir dengan sensor OmniVision OV64B40, ½ inci AutoFocus. Kamera utama bisa merekam video hingga 2K@30fps atau 1080p@60fps. Ada juga slow-motion hingga 720p@240fps.

Kualitas videonya juga terbilang bagus dengan stabilisasi yang aman. Meski hanya berlaku pada resolusi 1080p@30fps.

3. SoC Helio G99

Infinix Note 30 ditenagai dengan System on Chip MediaTek Helio G99., sama dengan yang varian Pro. Tahun lalu, SoC ini didaulat sebagai chipset 4G yang terkencang. Artinya, smartphone ini cocok sekali untuk mendukung kebutuhan harian dari yang ringan-ringan hingga kebutuhan berat seperti gaming.

SoC tersebut dipadankan dengan opsi RAM LPDDR4X 8 GB dan penyimpanan intenal 256GB UFS 2.2.  Harga 2 jutaan sudah pake seri UFS lho, ini jarang juga ditemukan. Kebanyakan masih menggunakan eMMC.  

Bagaimana dengan performanya? Note 30 Pro mendapatkan skor AnTuTu v9 384458. Sementara itu, Geekbench 5 mendapatkan angka 552 untuk single-core dan 1780 untuk multi-core. 

Genshin Impact dengan pengaturan lowest-60 mendapatkan kisaran frame rate 30 hingga 40 fps. Mobile Legends dengan grafis Ultra juga berjalan cukup mulus dan stabil 90 fps. Ini mantap sih. Nah, kalau kamu ingin mendapatkan framerate 110-120 fps, maka kamu bisa memainkan Real Racing 3.

Untuk suhu setelah penggunaan berat, suhu layar berada di 42-derajat celcius dan suhu belakang juga sama.

4. Charger 45W

Sektor baterai juga menjadi keunggulan Infinix Note 30. Smartphone ini ditopang dengan baterai 5000 mAh.

Selain itu, ada charger 45W dan Power Delivery 3.0 hingga 35W. Artinya, charger-charger PD di pasaran itu support untuk pengisian cepat smartphone ini. Kamu gak perlu harus selalu memakai charger bawaan biar kencang.

Pengisian baterai 0-50% bisa diisi dengan 18 menit dan pengisian dari 0-100% bisa dapatkan dengan waktu 48 menit. Ini terbilang kencang di kelas harganya. Anehnya, tidak ada perbedaan jauh dengan versi 30 Pro yang dibekali dengan charger 65W.

Meski tidak dibekali dengan wireless charging seperti kakaknya, Infinix masih mempertahankan fitur bypass charging. Fungsinya apa? Ketika kamu main game sambil mengisi daya, itu aman karena dayanya langsung ke board-nya, bukan baterai. Ini cocok banget buat gamers. Kamu bisa main game berjam-jam tanpa khawatir baterai habis dan suhunya panas.

5. Desain Premium & IP53

Meski harganya terjangkau, desainnya terbilang premium lho, layaknya smartphone kelas flagship. Material back cover terbuat dari kaca yang menghadirkan tekstur glimmer. Ya, ini merupakan hal yang langka pada smartphone entry-level. Good Job Infinx!

Ada 3 opsi warna yang bisa jadi pilihan, termasuk Obsidian Black, Sunset Gold, dan Interstellar Blue. Yang gak kalah keren smartphone sudah mempunyai IP53. Ya, kamu gak salah baca. Note 30 sudah dibekali anti debu dan cipratan air yang pastinya akan membuatnya lebih aman pada situasi luar ruangan. Kena cipratan air, tentu tidak menjadi masalah.

Jarang banget, smartphone entry-level yang menawarkan perpaduan desain yang premium serta IP rating dengan harga 2 jutaan kecil.

Beralih ke bagian depan, layarnya juga sudah menggunakan model punch-hole yang lebih kekinian. Bezel-bezel-nya juga terbilang tipis dan cukup nyaman dipandang.

6. Dual Speaker Stereo

Inifinix juga membekali dual stereo speaker untuk mendukung output suara yang lebih berkualitas. Gak main-main, Infinix menggandeng JBL untuk tuning suaranya. Ingat ya, hanya tuning-nya bukan speakernya.

Kualitas suaranya gimana? Kualitasnya tergolong baik di kelas harganya. Suaranya cukup lantang, dengan bass yang cukup kerasa serta pastinya output suara bisa seimbang. Ini akan berguna banget saat kamu memposisikannya secara horizontal, baik untuk main game atau streaming video.

7. Ada Gyroscope Hardware & NFC

Smartphone ini dibekali dengan sensor-sensor yang cukup lengkap, mulai dari accelerometer, proximity, magnetic, dan yang terpenting gyroscope. Ya, gryo-nya hardware bukan virtual. Ini membantu sekali untuk kamu yang suka main game dengan aiming gyro, seperti PUBG Mobile. Kamu akan lebih mudah membidik musuh. Stabilisasi video harusnya juga lebih baik, dengan adanya fitur ini. 

Selain itu, ada juga fitur NFC. Fitur ini memang wajib untuk smartphone keluaran sekarang. Fitur ini akan memudahkan kamu untuk cek saldo e-toll, top-up e-money hingga bisa digunakan sebagai kartu akses untuk smart office.

8. Sudah Android 13

Sudah menjadi keharusan ya, smartphone keluaran 2023 harus sudah berjalan pada Android 13. Infinix juga membenamkan system antarmuka XOS V13.0.0. Memang masih ada bloatware atau aplikasi bawaan, namun jumlahnya tidak terlalu banyak dan bisa di-uninstal dengan mudah.

Kekurangan Infinix Note 30

1. Update Android Belum Jelas

Seperti yang sudah-sudah, Infinix tidak memberikan kejelasan terkait dengan update Android maupun system keamananya. Sementara itu, banyak kompetitornyaa yang memberikan update Android minimal 2 x dan update system keamanan 2 tahun.

Semoga Infinix segera memberikan kejelasan terkait dengan update software.

2. Tidak Ada Kamera Ultra-wide

Seperti yang sudah-sudah, kekurangan Note 30 ini adalah tanpa kamera ultra-lebar. Entah mengapa banyak produsen smartphone yang memangkas kamera jenis ini. Padahal, kamera ini menjadi favorit karena bisa memberikan tangkapan yang lebih luas.

Cocok sekali untuk foto bareng teman maupun keluarga. Ini patut disayangkan. Coba aja Infinix memberikan jenis kamera ini, mungkin kompetitornya bisa gulung tikar.

3. Dimensi Besar

Bagi sebagian orang dimensi menjadi kekurangan Infinix Note 30 Pro. Disaat smartphone lain berlomba-lomba menghadirkan bodi yang tipis dan ringan, Note 30 Pro malahan memberikan bodi yang bongsor.

Smartphone ini hadir dengan dimensi 168.62 x 76.6 x 8.60mm dengan berat kisaran 219 gram. Bagi sebagaian pengguna, khususnya yang tangannya kecil, tentu hal ini akan menjadi masalah tersendiri. Namun hal tersebut masih bisa dimaklumi mengingat kelebihan-kelebihan yang ditawarkannya.

4. Baterai Terbilang Boros

Meski sudah dibekali dengan baterai 5000 mAh, konsumsi baterainya terbilang boros. Pengujian baterai untuk menonton local video playback 1080p bisa bertahan 16 jaman. Ini bisa dibilang di bawah rata-rata jika dibandingkan dengan smartphone lainnya dengan jeroan Helio G99. Harapannya sih, bisa bertahan 20 jaman lebih.

Nonton Youtube selama 30 menit berkurang 3% dan TikTok selama 30 menit hanya berkurang 5%. Main Genshin Impact selama 30 menit berkurang 12%.

5. Video Patah-patah saat Suhu Panas

Kekurangan Infinix Note 30 adalah video patah-patah saat suhu panas. Ini menjadi hal yang perlu diperhatikan. Saat kamu merekam video dan suhunya naik, itu akan membuat kualitas video berantakan, frame-rate patah-patah.

Ketika suhu panas, aplikasi kamera juga kurang responsive hingga menyebabkan force-closed.