Infinix Note 30 Pro: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Yuph, Kingfinix, eh Infinix mulai berulah lagi. Lagi-lagi hadir dengan spesifikasi yang ciamik dengan harga yang cukup menggoda. Brand yang sering dianggap sebelah mata ini hadir dengan produk terbarunya, Infinix Note 30 Pro.

Note 30 Pro ini sukses menggemparkan pasar ponsel Indonesia, mengingat harganya yang berkisar 3 jutaan kecil, namun menawarkan fitur-fitur layaknya smartphone kelas flagship, mulai dari layar AMOLED 120 Hz, Bypass Charging, kamera 108MP hingga wireless Charging. Ini benar-benar menarik.

Kamu bisa mendapatkan fitur-fitur tersebut dengan harga yang ramah dikantong. Meski demikian, ada hal-hal yang juga harus diperhatikan sebelum membeli smartphone ini. Untuk jelasnya, yuk simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Spesifikasi Infinix Note 30 Pro

Umum
BrandInfinix
Tahun RilisMei 2023
Layar
PanelAMOLED
Ukuran6.67 inci
Resolusi1080 x 2400 px
Refresh Rate120Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi162.7 x 76 x 8.2 mm
Berat203 g
MaterialGlass front, plastic frame, glass back
Pilihan WarnaMagic Black, Variable Gold
Hardware
ChipsetMediatek Helio G99
CPUOcta-core (2x2.2 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G57 MC2
RAM8GB
Memori Internal256GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi108 MP + 2 MP + 2 MP
FiturQuad-LED flash, HDR, panorama
Video1440p@30fps, 1080p@30fps
Kamera Depan
Resolusi32 MP
FiturLED flash, HDR
Video1080p@30fps
Software
Sistem OperasiAndroid 13
InterfaceXOS 13
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 68W + Fast wireless charging 15W + Reverse wireless charging
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
BluetoothYes
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
SertifikasiIP53 (Tahan debu dan percikan)
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga Infinix Note 30 Pro

Infinix Note 30 Pro dibanderol dengan harga Rp. 2.899.00 untuk flash sale dan harga setelah promo Rp 3.099.000.

Kelebihan Infinix Note 30 Pro

1. Layar AMOLED 120 Hz

Sektor layar juga mencuri perhatian. Smartphone ini hadir dengan layar AMOLED 6.67 inci dengan resolusi Full HD+. Layar ini sudah cukup memanjakan mata untuk kebutuhan sehari-hari. Tak tanggung-tanggung, refresh rate-nya hingga 120 Hz dan touch sampling rate hingga 360Hz.

Kamu bisa memilih opsi refresh rate 60 Hz, 90 Hz atau 120 Hz. Kamu juga bisa menghidupkan auto-switch yang  memungkinkan layar menyesuaikan sesuai kebutuhan. Pilih opsi 120 Hz, jika kamu ingin mendapatkan penyegaran layar yang super lembut. Namun, itu juga akan mempengaruhi konsumsi baterai.  

Artinya, kamu bisa mendapatkan penyegaran layar yang super lembut dan mulus untuk aktivitas harian hingga main game. Kecerahan maksimal hingga 900 nits yang membuat layar akan tetap terlihat jelas sekalipun di luar ruangan. Sementara di dalam ruangan, kecerahan mencapai 480 nit.

Ada juga fitur Always On Display meski hanya 10 detik. Tapi sudah layak di apresiasi di kelas harga 3 jutaan. Bezel layar juga terbilang simetris, tidak yang terlalu tebal di bagian bawah. Ini cakep sekali.

2. SoC Helio G99

Infinix Note 30 Pro ditenagai dengan System on Chip MediaTek Helio G99. Tahun lalu, SoC ini didaulat sebagai chipset 4G yang terkencang. Artinya, smartphone ini cocok sekali untuk mendukung kebutuhan harian dari yang ringan-ringan hingga kebutuhan berat seperti gaming.

SoC tersebut dipadankan dengan opsi RAM LPDDR4X 8 GB dan penyimpanan intenal 256GB UFS 2.2. Sangat lega sekali.

Bagaimana dengan performanya? Note 30 Pro mendapatkan skor AnTuTu v9 382016. Sementara itu, Geekbench 5 mendapatkan angka 548 untuk single-core dan 1772 untuk multi-core.  

Genshin Impact dengan pengaturan lowest-60 mendapatkan kisaran frame rate 40 hingga 50 fps. Mobile Legends dengan grafis Ultra juga berjalan cukup mulus dan stabil 90 fps. Ini mantap sih. Nah, kalau kamu ingin mendapatkan framerate 120 fps, maka kamu bisa memainkan Real Racing 3.

3. Kamera 108 MP

Infinix Note 30 Pro ini juga dibekali dengan kamera utama 108 MP f/1.8 Autofocus. Kamera tersebut mendukung perekaman video hingga 2k@30fps atau 1080p@60fps. Ada juga fitur slow-motion hingga 720p@240 fps.

Kamera utama tersebut dilengkapi dengan dua kamera bonus untuk efek bokeh maupun kedalaman.

Kamera utama menghasilkan dynamic range yang cukup bagus serta detailnya yang bagus di kelas harganya. Baik sisi gelap maupun terang juga cukup seimbang. Tidak ditemukan juga over-sharpening yang sering ditemukan pada smartphone Infinix yang dulu-dulu.

Tidak lupa, Infinix juga membawakan fitur khas dual LED-Flash yang akan membantu tangkapan video maupun foto pada saat kondisi minim cahaya.

Beralih ke bagian depan, Note 30 Pro hadir dengan kamera selfie 32MP f/2.4 dengan kemampuan perekaman hingga 2k@30fps. Hasil videonya juga cukup bagus dengan warna yang natural dan detail yang terbilang baik.

Menariknya, ada juga fitur stabilisasi video yang cukup membantu saat vlogging.

Kemampuan microphone-nya juga cukup baik meski hanya satu mic.

4. Baterai Lega & Charging Kencang

Sektor baterai juga menjadi keunggulan Infinix Note 30 Pro. Smartphone ini ditopang dengan baterai 5000 mAh yang diklaim bisa bertahan seharian untuk penggunaan regular.

Selain itu, ada charger 68W dan PD 3.0 hingga 45W. Artinya, charger-charger PD di pasaran itu support untuk pengisian cepat smartphone ini. Kamu gak perlu harus selalu memakai charger bawaan biar kencang.

Yang kalah keren, ada juga fitur Bypass Charging. Fungsinya apa? Ketika kamu main game sambil mengisi daya, itu aman karena dayanya langsung ke board-nya, bukan baterai. Ini cocok banget buat gamers. Kamu bisa main game berjam-jam tanpa khawatir baterai habis dan suhunya panas.

Selain, pengisian daya yang kencang, ada fitur yang menghebohkan, wireless charging 15W. Jarang lho, HP kelas entry-level to midrange yang menawarkan fitur keren ini. Biasanya cuma smartphone flagship yang membawa fitur ini.

Ada juga fitur reverse charging yang memungkinkan Note 30 Pro ini bekerja sebagai powerbank baik dengan kabel maupun nirkabel. Jadi, kamu bisa charging perangkat lain, apakah TWS, smartwatch menggunakan smartphone ini.

Kecepatan chargingnya juga terbilang mantap. Pengisian 0-50% hanya membutuhkan waktu 17 menit saja. Sementara itu, 0-full membutuhkan waktu 44 menit saja. Ini terbilang cepat di kelas harganya.

Sementara itu, wireless charging memang tidak terlalu cepat. Dari 0-full membutuhkan waktu 2.5 jam. Namun, ada fitur ini saja sudah patut diapresiasi.

5. Desain Premium

Yuph, desain menjadi salah satu keunggulan Infinix Note 30 Pro. Smartphone ini membawa desain yang premium dengan balutan back cover yang terbuat dari kaca dengan finishing glossy. Desain ini bisa dibilang yang terbaik untuk harga 3 jutaan kecil.  Benar-benar diluar ekspektasi di kelas harganya.

Untuk opsi warnanya, ada magic black dan variable gold. Smartphone ini berbobot 203 gram dengan ketebalan 8.12 mm. Memang bukan yang tergolong ringan. Namun dimensinya cukup nyaman dalam genggaman tangan.

Menariknya, bodi sudah dibekali dengan IP53. Ya, ada IP rating yang akan melindungi smartphone dari percikan air dan debu. Fitur ini juga akan membuat kamu aman ketika penggunaan di luar ruangan, baik pada musim hujan maupun panas.

6. Dual Speaker Stereo

Inifinix juga membekali dual stereo speaker untuk mendukung output suara yang lebih berkualitas. Gak main-main, Infinix menggandeng JBL untuk tuning suaranya. Ingat ya, hanya tuning-nya bukan speakernya.

Kualitas suaranya gimana? Kualitasnya tergolong baik di kelas harganya. Suaranya cukup lantang, dengan bass yang cukup kerasa serta pastinya output suara bisa seimbang. Ini akan berguna banget saat kamu memposisikannya secara horizontal, baik untuk main game atau streaming video.

7. Sistem Pendingin Maksimal

Untuk menjaga suhu tetap stabil, Infinix menyematkan Vapor Chamber Liquid Cooling. Fitur ini akan berguna untuk menjaga suhu tetap stabil, khususnya saat kamu gunakan untuk main game berjam-jam.

Untuk bermain game, suhu layar maksimal hanya 42-derajat celcius dan bagian belakang berkisar 41-derajat celcius. Artinya, penyebaran panas cukup merata dan kondisi ini akan membantu untuk menjaga suhu agar menyebar di semua bodi.

8. Ada Gyroscope Hardware

Smartphone ini dibekali dengan sensor-sensor yang cukup lengkap, mulai dari accelerometer, proximity, magnetic, dan yang terpenting gyroscope. Ya, gryo-nya hardware bukan virtual. Ini membantu sekali untuk kamu yang suka main game dengan aiming gyro, seperti PUBG Mobile. Kamu akan lebih mudah membidik musuh. Stabilisasi video harusnya juga lebih baik, dengan adanya fitur ini.  

9. Ada NFC

Infinix Note 30 Pro juga sudah dibekali dengan NFC. Fitur ini memang wajib untuk smartphone keluaran sekarang. Fitur ini akan memudahkan kamu untuk cek saldo e-toll, top-up e-money hingga bisa digunakan sebagai kartu akses untuk smart office.

Kekurangan Infinix Note 30 Pro

1. Tidak Ada Kamera Ultra-wide

Seperti yang sudah-sudah, kekurangan Note 30 Pro ini adalah tanpa kamera ultra-lebar. Entah mengapa banyak produsen smartphone yang memangkas kamera jenis ini. Padahal, kamera ini menjadi favorit karena bisa memberikan tangkapan yang lebih luas.

Cocok sekali untuk foto bareng teman maupun keluarga. Ini patut disayangkan. Coba aja Infinix memberikan jenis kamera ini, mungkin kompetitornya bisa gulung tikar.

2. Update Android Belum Jelas

Infinix Note 30 Pro sudah berjalan pada Android 13. Namun sayangnya, Infinix tidak menjelaskan secara pasti terkait dengan update Android maupun system keamanannya. Ini perlu menjadi perhatian mengingat kompetitor lainnya sudah menjanjikan update software minimal 2 kali.

3. Baterai Cukup Boros

Meski dibekali dengan baterai 5000 mAh, ternyata konsumsi baterainya cukup boros. Pemutaran local video playback 1080p bertahan sekitar 17 jam an saja. Jika dibandingkan dengan smartphone lain yang ditenagai Helio 99 dan baterai 5000mAh, performanya kurang baik. Lainnya bisa mencapai 20 jam-an lebih untuk pemutaran video.  

Youtube streaming selama 30 menit hanya berkurang 4% dan TikTok selama 30 menit berkurang 5%. Main Genshin Impact selama 30 menit berkurang 11%.