Aturan Baru! Permohonan SIM Baru dan Perpanjangan Diwajibkan Ikuti Tes Psikologi

Aturan Baru! Permohonan SIM Baru dan Perpanjangan Diwajibkan Ikuti Tes Psikologi

Pemohon surat izin mengemudi (SIM) diwajibkan ikuti tes psikologi

Konten.co.id – Permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) baik baru maupun perpanjangan mulai 7 September 2020 diberlakukan tes psikologi. Aturan ini serempak diberlakukan di seluruh Indonesia.

Kanit Regident Satlantas Polres Garut melalui Bintara Urusan (Baur) SIM Satlantas Polres Garut, Aiptu Tata Setiawan mengatakan, pemberlakuan tes psikologi di Satlantas Polres Garut mulai diberlakukan Senin 7 September 2020.

“Jadi bagi pemohon SIM baik baru mau pun perpanjangan ada syarat tambahan berupa tes psikologi,” katanya saat ditemui di Mapolres Garut, Kamis (3/9/2020).

Pemberlakuan tes psikologi ini, kata Tata, berdasarkan Pasal 34 huruf B perkap 9 tahun 2012 tentang SIM. Pasal 34 menyatakan persyaratan kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 hurup C meliputi, A. kesehatan jasmani dan B. kesehatan rohani.

Tata mengungkapkan, kesehatan rohani yang dimaksud dalam Pasal 34 hurup B meliputi:
a. Kemampuan konsentrasi
b. Kecermatan
c. Pengendalian diri
d. Kemampuan penyesuaian diri
e. Stabilitas emosi dan
f. Ketahanan kerja

Untuk kriteria penilaian, kata dia, tes psikologi ada di pasal 37 ayat 1, 2 dan 3. Di dalamnya dijelaskan materi yang diujikan dalam tes psikologi yang dijadikan syarat permohonan SIM baru dan perpanjangan.

“Sebenarnya bagi pemohon SIM A umum dan B umum tes psikologi telah diberlakukan sejak dulu. Namun khusus untuk sim A perorangan dan SIM C baru akan diberlakukan sekarang,” ucap Tata.

Diberlakukannya tes psikologi ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan saat berkendara. Selain itu, ketaatan berlalulintas pun akan sangat dipengaruhi oleh psikologi seseorang.

“Jadi tes psikologi ini sangat dibutuhkan agar semua pengendara dipastikan dalam kondisi kesehatan jasmani dan rohani yang baik,” tandasnya. (*)

Reporter: Mahesa
Editor: Farhan SN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *