Peran Pengawas Sekolah Dalam Situasi Pandemi Covid-19

Peran Pengawas Sekolah Dalam Situasi Pandemi Covid-19

Oleh : Dra. Hj. Rini Herlina R, M.Pd Pengawas SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Latar belakang Pengawas Sekolah adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung ja­wab dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan (Permenpan RB No 21 Tahun 2010). Dalam menjalankan tugas pokok ter­se­but, Pe­ngawas Sekolah dituntut mempunyai

Oleh : Dra. Hj. Rini Herlina R, M.Pd

Pengawas SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel

Latar belakang

Pengawas Sekolah adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung ja­wab dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan (Permenpan RB No 21 Tahun 2010).

Dalam menjalankan tugas pokok ter­se­but, Pe­ngawas Sekolah dituntut mempunyai kualifikasi dan kompetensi yang memadai untuk mam­pu me­laksanakan tugas pengawasan.

Kualifikasi dan kompetensi yang dimaksud adalah kom­petensi sebagaimana telah diatur dalam Permendiknas No 12 Tahun 2007 tentang Standar Pe­ngawas Sekolah/Madrasah yaitu kompetensi kepribadian, supervisi manajerial, supervisi aka­demik, kom­petensi evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan, dan kompetensi sosial.

Dari tugas pokok dan kompetensi pengawas menunjukkan bahwa pengawas mempunyai peran stra­tegis dalam memajukan pendidikan.

Dalam situasi pandemi COVID-19 ini Pengawas sekolah menjalankan tugasnya harus social distancing dan physical distancing sehingga Pengawas Sekolah ha­rus melakukan transformasi pembinaan Guru dan Kepala Sekolah, melalui transformasi digital yaitu pengawasan Digital.

Pembahasan

Dalam situasi Pandemi Covid 19, cara terbaik saat ini yang dapatdilakukan Pengawas Sekolah a­dalah melakukan pembinaan guru melalui moda daring atau pengawasan Digital yang dapatdi­lak­sanakan dari rumah agar kualitas pembelajaran guru tetap baik.

Berbagai macam aplikasi digital yang dapat dipilih atau digunakan Pengawas Sekolah dalam me­la­kukan pembinaan dengan cara Pengawasan Digital sesuai dengan kebutuhannya, disini akan di­sampaikan diantaranya sebagai berikut :

1. Seesaw

Seesaw adalah sebuah platform pembelajaran yang memungkinkan setiap guru untuk memiliki jur­nal pembelajaran kolaboratif, dengan pilihan untuk berbagi konten dengan guru lain dari be­be­rapa Sekolah binaan.

Bahkan Pengawas Sekolahjuga dapat langsung berbagi teks, gambar, video, gam­bar dan link dimana guru dapat melihat pada android/handphone mereka, menggunakan ap­likasi untuk perangkat iPhone, iPad dan android.

2. Microsoft Teams

Microsoft Teams dihadirkan untuk menciptakan kemudahan dan fleksibilitas dalam ber­ko­mu­ni­ka­si dan berkolaborasi, ia dihadirkan dalam beberapa versi yang dapat dipasang sesuai dengan pe­rangkat yang biasa digunakan oleh Pengawas Sekolah.

Terdapat beberapa opsi Microsoft Teams yang dapat disesuaikan penggunaannya sesuai dengan perangkat yang dimiliki oleh Pengawas Se­kolah atau guru, di antaranya:

• Microsoft Teams versi Web; disarankan bagi pengguna yang baru mempelajari penggunaan Mi­crosoft Teams, dapat diakses di https://teams.microsoft.com.

• Microsoft Teams versi desktop; disarankan bagi pengguna yang akan menerapkan pembelajaran virtual, sehingga memudahkan dalam mengakses aplikasi.

• Microsoft Teams versi mobile; disarankan bagi pengguna yang memiliki fleksibilitas tinggi, dan meng­haruskan tetap terhubung dengan Microsoft Teams.

Pengguna dapat mengunduh aplikasi Mi­crosoft Teams di Play Store atau pun App Store, sesuai dengan jenis perangkat mobile yang di­gunakan.

3. Cisco Webex

Cisco Webex memberikan terobosan besar di dalam pembinaan Pengawas Sekolah terhadap guru dengan menggunakan Webex meetings namun akan banyak menekan biaya Akomodasi terutama waktu.

“Meeting akan menjadi lebih produktif, jauh lebih Efisien dan akan lebih mobile, apabilamengirimkan undangan melalui email ke beberapa guru ataupun sesama Pengawas Sekolah untuk da­pat bergabung melakukan meeting.

Cisco Webex dapat mengundang 25 partisipan per per­te­mu­an dengan menawarkan kualitas Video High Definition. Cisco Webex merupakan alat komunikasi Video Conference berbasis interface web yang memungkinkan komunikasi berjalan dengan meng­gunakan perangkat personal dan mobile seperti Smartphone, PC, Laptop, Notebook, dan PC tablet se­lama masih ada dalam jangkauan jaringan internet.

4. Google Meet (Hangouts Meet/Meet)

Google Meet adalah salah satu aplikasi atau software yang dapat dimanfaatkan untuk tetap pro­duk­tif dalam bekerja meski dilakukan dari rumah.

Dilansir dari Software Advice, perangkat lunak ini merupakan sebuah aplikasi konferensi percakapan video secara online dan efektif digunakan sa­at rapat pembinaan Pengawas Sekolah terhadap guru maupun KS.

5. Zoom Cloud Meetings

Zoom Cloud Meetings merupakan aplikasi meeting online dengan konsep screen sharing.

Aplikasi ini memungkinkan Pengawas Sekolah bertatap muka langsung dengan lebih dari 100 orang par­ti­si­pan, aplikasi komunikasi dengan menggunakan video.

Aplikasi tersebut dapat digunakan dalam ber­bagai perangkat seluler, desktop, hingga telepon dan sistem ruang.

Pengawas Sekolah dapat meng­gunakan aplikasi ini untuk melakukan meeting kepada para guru hingga konferensi video dan audio, aplikasi Zoom ini juga dapat mendukung hingga 1000 peserta dan 49 video di layar, se­hing­ga dapat melakukan workshop seluruh guru di Sekolah binaan dari rumah.

Beberapa guru da­pat berbagi layar secara bersamaan dan ikut menulis catatan untuk pertemuan yang lebih in­ter­aktif dengan alat kolaborasi dari aplikasi Zoom.

Pengawas Sekolah juga dapat merekam rapat yang di­lakukan dengan Zoom dan menyimpanya di perangkat masing-masing yang digunakan atau pada akun cloud. Lebih lanjut, rekaman tersebut dapat ditemukan dengan mudah apabila Pengawas Se­ko­lah bahkan guru memerlukannya lagi.

6. UmeetMe

UmeetMe adalah layanan konferensi video terpadu berbasis internet.

Saat ini UmeetMe telah di­gu­nakan untuk program pembelajaran jarak jauh (long distance learning), komunikasi pembe­la­jar­an lintas negara, memantau aktivitas guru , hingga memfasilitasi komunikasi antara guru.

Ternyata ap­likasi lokal yang memiliki kemiripan dengan platform Zoom, namanya UMeetMe, kembali men­jadi perbincangan karena memiliki fitur yang hampir sama dengan Zoom.

Fitur-fitur ang ada di plat­form ini cukup menarik.

Beberapa di antaranya adalah bisa share screen atau share video You­tube. Ini memungkinkan semua peserta di room itu untuk menonton video bersama (nobar).

Kesimpulan

Tantangan adanya Pandemi Covid-19 dan era digital yang semakin kompleks menjadikan Pe­nga­was Sekolah harus bisa berperan sebagai seorang coach yang bisa mendampingi baik guru ataupun kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya dari rumah.

Dengan beberapa pilihan aplikasi online yang ada menjadikan Pengawas Sekolah tetap dapat me­la­kukan pendampingan, pembinaan bahkan pelatihan guru dan kepala sekolah.

Maka dibutuhkan seo­rang Pengawas Sekolah untuk mendampingi guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan tu­gasnya. (*)

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Video

Berita pilihan