PSBB Tingkat Provinsi Jawa Barat Diajukan Ridwan Kamil, Berlaku 6 Mei 2020

PSBB Tingkat Provinsi Jawa Barat Diajukan Ridwan Kamil, Berlaku 6 Mei 2020

PSBB tingkat Provinsi Jawa Barat akan segera dilakukan di setiap kabupaten/kota.

Konten.co.id – Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat provinsi kepada Kementerian Kesehatan. Keputusan tersebut ditentukan usai koordinasi bupati dan wali kota di 17 daerah yang belum melaksanakan PSBB.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan 17 bupati dan wali kota setuju untuk melakukan PSBB. Pengajuan PSBB seluruh Provinsi Jabar itu akan dilakukan secara kolektif melalui surat dari gubernur selaku Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar.

“Saya simpulkan semua kepala daerah setuju untuk melakukan PSBB di tingkat provinsi. Ini sudah menjadi kebutuhan dalam upaya penanggulangan Covid-19,” kata Ridwan Kamil, dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (29/4/2020).

Dengan begitu, kata dia, surat tersebut bisa menjadi dasar hukum yang digunakan 17 kabupaten dan kota yang belum melaksanakan PSBB.

Jika disetujui, PSBB Jabar akan mulai diterapkan pada Rabu (6/5/2020) mendatang. Ada pun surat pengajuan akan dilayangkan akhir pekan ini.

Ridwan Kamil meminta agar para kepala daerah segera menyosialisasikan kebijakan itu.

“Jadi, proses persetujuan oleh Kementerian Kesehatan biasanya diberikan di hari Sabtu. Kemudian dari hari ini sampai Selasa (5/5/2020) Minggu depan, saya titip bapak ibu bupati wali kota sudah melakukan sosialisasi di media masa, di RT RW tentang apa itu persiapan PSBB di wilayahnya masing-masing supaya dapat pengondisian di masyarakat,” tutur Emil.

Meski berlaku untuk seluruh wilayah di Jabar, prosedur PSBB akan dilakukan secara maksimal di zona merah. Sementara untuk zona hijau bersifat parsial. (*)

Penulis: Hastama Ibrahim
Editor: Farhan SN

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Video

Berita pilihan