7 Tips Persiapan Interview Kerja untuk Seluruh Kalangan Pelamar

7 Tips Persiapan Interview Kerja untuk Seluruh Kalangan Pelamar

Anda Sedang Melamar Pekerjaan? Berikut 7 Tips Persiapan Interview Kerja yang Harus Diketahui.

Anda Sedang Melamar Pekerjaan? Berikut 7 Tips Persiapan Interview Kerja yang Harus Diketahui.

Konten.co.id – Kira-kira, apa saja persiapan interview kerja yang harus dilakukan bagi seluruh kalangan pelamar? Baik fresh gradute sampai pelamar pro-hire, semua perlu matang saat proses tersebut berlangsung. Agar tidak bingung, simak 7 tips yang telah disajikan di bawah ini!

Interview kerja akan berbeda sesuai dengan posisi dan tempat yang kita tuju. Kendati begitu, persiapan yang dibutuhkan masih tetap sama. Hal-hal ini memang perlu disiapkan sejak awal agar kita tidak keteteran menjelang hari H. Pastikan Anda tak mengalami hal tersebut, ya.

Ada sejumlah cara dan tips persiapan interview kerja agar kita sukses melangkah sampai tahap akhir. Pastikan memenuhi segala persyaratan dan urusan administrasi, mencari contoh CV yang pas untuk diikuti, hingga trik khusus saat diwawancara oleh pihak perusahaan.

Apa sajakah 7 tips tersebut? Lebih lanjut, simak sebagai berikut…

7 Tips Persiapan Interview Kerja

1. Pelajari Perusahaan yang Hendak Dilamar
Tips persiapan interview kerja pertama adalah mempelajari perusahaan yang hendak Anda lamar. Bagaimanapun, hal ini penting untuk memulai segala pertanyaan dari pihak perusahaan. Cara ini adalah bukti bahwa Anda peduli dan paham betul akan apa yang hendak dilakukan kelak.

2. Pastikan Selling Point dan Alasan Kerja Sesuai
Nilai jual alias selling point adalah hal penting untuk diketahui oleh HRD atau pihak perusahaan lainnya sebagai pewawancara. Berikan itu dengan wajar dan tidak berlebihan, tak lupa alasan kerja yang sesuai. Kecocokan bidang akan semakin membantu proses tersebut.

3. Bijak dalam Menjawab Pertanyaan
Bijak saat menjawab pertanyaan yang diajukan pihak perusahaan adalah salah satu kewajiban saat melamar. Berikan hal-hal bersifat realistis dan wajar karena sejatinya, seorang pelamar kerja tak perlu menjanjikan sesuatu yang tak masuk akal. Perusahaan harus tahu batas diri kita.

4. Belajar dari Setiap Proses Wawancara
Kegagalan adalah hal yang normal! Tak perlu sedih saat Anda ditolak perusahaan tertentu, justru itulah momen terbaik untuk kita belajar banyak. Proses wawancara setiap instansi pastilah berbeda, namun dari situ kita bisa memahami jawaban-jawaban yang pada dasarnya serupa.

5. Lampirkan Contoh CV Terbaik
Sertakan salinan resume saat Anda pergi ke setiap wawancara. Jika pewawancara salah menempatkan salinan, Anda akan menghemat banyak waktu dengan memberikan milik sendiri. Ada banyak contoh CV yang bisa diilihat di internet, sehingga dapat Anda manfaatkan itu.

6. Berbahasa Tubuh dengan Baik
Tak hanya omongan, namun bahasa tubuh kita juga akan dilihat oleh pihak perusahaan yang mewawancara. Berpakaianlah yang pantas, lakukan kontak mata, jabat tangan erat, postur yang baik, dan bicaralah secara jelas. Grogi adalah hal wajar, namun sebisa mungkin kendalikan itu.

7. Tetap Tenang dan Positif
Tidak ada yang suka pengeluh, jadi jangan memikirkan pengalaman negatif selama wawancara. Bahkan jika pewawancara bertanya langsung kepada Anda terkait hal-hal tak mengenakkan dalam dunia kerja, alihkan jawaban tersebut menjadi sesuatu yang lebih positif.
Ketenangan juga menjadi hal yang perlu kita usung sebagai pelamar kerja. Jangan menjawab terlalu terburu-buru atau ambisius karena ini dapat mempengaruhi cara bicara kita. Selagi tenang, kita bisa berbicara banyak secara singkat, padat, jelas dan relevan dengan pertanyaan.


Itulah tadi 7 tips persiapan interview kerja yang harus dilakukan bagi seluruh kalangan pelamar. Anda juga bisa menerapkan cara lain berdasarkan preferensi pribadi jika itu dirasa mampu menjadi sebuah solusi. Selamat mencoba!

Penulis : Annisa Jasmine CANVA

Editor : Maone van Cobain

Maone van Cobain
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Video

Berita pilihan