Update Korban Virus Corona dan Penyebarannya di Berbagai Negara

Update Korban Virus Corona dan Penyebarannya di Berbagai Negara

Korban virus corona terus bertambah, bahkan menyebar ke berbagai negara di dunia.

Cek di Sini, Update Korban Virus Corona dan Penyebarannya di Berbagai Negara

Konten.co.id – Korban virus corona terus bertambah. Virus ini menyebar ke belahan dunia.

Korban jiwa terus berjatuhan. Bahkan saat ini, korban jiwa terjadi di luar negara china.

Dilansir dari kompas.com, update jumlah korban virus corona hingga hari ini, Minggu (2/2/2020) telah mencapai 305 pasien meninggal dan 14.568 kasus infeksi di seluruh dunia, terutama di China.

Dilansir dari South Morning China Post, Satu korban meninggal berasal dari Filipina, ini menjadi kasus pertama yang terjadi di luar daratan utama China.

Komisi Kesehatan Nasional China mengumumkan, di negaranya, angka kematian akibat virus corona dilaporkan bertambah sebanyak 45 kasus dan 2.590 kasus baru untuk jumlah yang terinfeksi.

Total infeksi di China saat ini mencapai angka 14.380 kasus, 9.074 di antaranya terjadi di Provinsi Hubei.

Dari jumlah tersebut 1.118 di antaranya dalam kondisi parah dan 444 lainnya dalam keadaan kritis.

Jumlah kasus meninggal dan infeksi semakin hari diketahui semakin menunjukkan peningkatan.

Sebuah studi dari University of Hong Kong memprediksi pada Jumat pekan depan sebanyak 75.815 orang di Wuhan akan terinfeksi virus ini.

Penelitian yang dipublikasikan diThe Lancet itu, menyebutkan, estimasi yang disebutkan berdasar pada asumsi bahwa setiap orang yang terinfeksi memiliki peluang menularkan virus pada 2,68 orang lainnya.

Kasus kematian pertama di luar China

Sementara itu, untuk kasus kematian pertama akibat virus corona yang terjadi di luar China terkonfirmasi ada di Filipina.

Pasien meninggal adalah seorang laki-laki berusia 44 tahun yang berkewarganegaraan China. Ia mengembuskan nafas terakhir pada Sabtu (1/2/2020) dan menggenapkan jumlah korban meninggal menjadi 305 jiwa.

Ia merupakan rekan dari seorang pelancong wanita (38) asal Wuhan, China yang tiba di Filipina pada 21 Januari lalu, setelah bepergian di Hong Kong.

Dilansir dari Liputan6.com, Novel coronavirus 2019 (2019-nCoV) atau Virus Corona yang berasal dari Wuhan, China, telah menyebar ke 25 negara lebih mengkhawatirkan otoritas kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Sebanyak 11.944 (termasuk 11.822 di China, Hong Kong dan Makau) mengkonfirmasi kasus infeksi coronavirus baru termasuk 259 kematian telah dilaporkan di seluruh dunia pada 1 Februari 2020.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan wabah Virus Corona Wuhan sebagai darurat kesehatan masyarakat global. AS juga menyatakan wabah itu sebagai darurat kesehatan masyarakat pada 1 Februari. Bandara di seluruh dunia mengerahkan langkah-langkah skrining untuk mengisolasi penumpang dengan gejala yang terkait dengan penyakit tersebut untuk menahan penyebaran penyakit.

2019-nCoV saat ini belum ada obatnya, tetapi para peneliti di China dan perusahaan farmasi termasuk Abbvie, Inovio, dan Gilead Sciences sedang mengembangkan perawatan.

Di bawah ini adalah daftar negara yang terkena Virus Corona dan jumlah kasus yang dikonfirmasi dari infeksinya di luar China, dikutip dari pharmaceutical-technology.com, Sabtu (1/2/2020).

  1. Spanyol

Kasus pertama yang dikonfirmasi tentang infeksi Virus Corona dilaporkan di Spanyol pada 1 Februari oleh Pusat Nasional Mikrobiologi negara. Pasien laki-laki itu adalah bagian dari kelompok lima orang lain yang melakukan kontak dengan warga negara Jerman yang didiagnosis terinfeksi.

Pasien bersama dengan orang lain dalam kelompok telah ditempatkan di bawah isolasi di Pulau La Gomera.

2. Rusia

Dua kasus positif Virus Corona dikonfirmasi di Rusia pada 31 Januari. Pasien adalah warga Tiongkok di wilayah Zabaikalsky dan Tyumen.

Terduga terinfeksi Virus Corona pertama Rusia dilaporkan pada 30 Januari, menurut Anadolu Agency.

Kasusnya adalah warga negara Rusia yang kembali dari Moskow dan ditemukan memiliki gejala yang terkait dengan infeksi. Untuk mencegah penyebaran, Rusia telah menutup perbatasannya dengan China dan membatasi layanan kereta api ke wilayah China yang terkena dampak.

3. Swedia

Otoritas Kesehatan Masyarakat Swedia telah mengkonfirmasi kasus Virus Corona pertama di Jonkoping pada 31 Januari.

Yang terinfeksi adalah seorang wanita yang tiba di Swedia dari Wuhan pada 24 Januari, tetapi tidak memiliki gejala yang terkait pada saat itu. Dia saat ini diisolasi di rumah sakit daerah Ryhov.

4. Inggris

Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial Inggris mengkonfirmasi dua kasus Virus Corona pada 31 Januari. Kedua pasien adalah anggota dari keluarga yang sama. Saat ini mereka tengah menjalani perawatan spesialis di bawah Layanan Kesehatan Nasional.

5. Italia

Italia mengkonfirmasi dua kasus Virus Corona pada 30 Januari 2020. Kedua pasien tersebut adalah wisatawan Tiongkok yang tiba di Roma. Mereka saat ini diisolasi di Spallanzani institute Roma.

Sebagai tindakan segera, Italia telah membatalkan semua penerbangan langsung ke China.

6. India

Kementerian Kesehatan & Kesejahteraan Keluarga India mengkonfirmasi kasus pertama Virus Corona pada 30 Januari 2020. Seorang siswa yang tiba di Kerala dari Wuhan telah dinyatakan positif terkena virus tersebut. Dia saat ini sedang dipantau dan dikatakan dalam kondisi stabil.

Pemerintah Negeri Bollywood memiliki lebih dari 670 kasus dugaan infeksi Virus Corona, tertinggi di Kerala, pada 633 per 29 Januari. Tiga kasus telah dilaporkan di Delhi, 16 di Punjab, enam di Haryana, satu di Patna (Bihar), enam di Maharastra, empat di Hyderabad, empat di Bengaluru (Karnataka), dan satu di Rajasthan.

7. Filipina

Kasus pertama infeksi Virus Corona di Filipina dikonfirmasikan pada 30 Januari 2020. Seorang wanita China berusia 38 tahun dari Wuhan dinyatakan positif mengidap virus tersebut.

Saat ini ia menjalani perawatan di rumah sakit pemerintah.

8. Filipina

Sebelumnya Filipina melaporkan total 27 terduga kasus Virus Corona. Para ahli Jepang awalnya membantu negara itu dalam menguji kasus-kasus potensial. Primer RNA yang diperlukan untuk melakukan pengujian sekarang telah disediakan untuk negara untuk melakukan tes sendiri.

9. Finlandia

Finlandia mengkonfirmasi kasus pertama infeksi Virus Corona pada 29 Januari 2020.

Pasien tersebut adalah seorang turis wanita China berusia 32 tahun dari Wuhan. Dia saat ini dirawat di Rumah Sakit Pusat Lapland di utara Finlandia. 15 orang lainnya mungkin telah terpapar infeksi, menurut Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Finlandia.

10. Uni Emirat Arab

Sebanyak empat kasus yang dikonfirmasi telah dilaporkan di Uni Emirat Arab (UEA). Kasus Virus Corona pertama dikonfirmasi pada 29 Januari 2020 dalam sebuah keluarga, yang tiba dari Wuhan.

Tiga anggota keluarga yang tersisa kemudian dikonfirmasi telah tertular infeksi.

Bandara Internasional Dubai dan Abu Dhabi di UEA diperingkat sebagai beberapa bandara tersibuk di dunia. Negara ini membawa prosedur penyaringan untuk semua penumpang yang tiba dari Tiongkok sebagai tindakan pencegahan untuk mengendalikan penyebaran Virus Corona.

11. Jerman

Sebanyak tujuh kasus infeksi Virus Corona yang telah dikonfirmasi telah dilaporkan di Jerman.

Kantor Negara Bavaria untuk Kesehatan dan Keamanan Pangan mengungkapkan kasus infeksi Virus Corona pertama yang dikonfirmasi pada 28 Januari 2020. Pasien laki-laki yang tinggal di Starnberg dekat Munich tidak melakukan perjalanan ke China, tetapi melakukan pertemuan dengan warga negara Tiongkok dan kini dilaporkan dalam kondisi stabil.

Tiga kasus baru infeksi Virus Corona dilaporkan pada 29 Januari 2020. Pasien baru adalah karyawan dari perusahaan yang sama di mana kasus pertama yang dikonfirmasi dilaporkan. Mereka saat ini dirawat secara terpisah di sebuah rumah sakit di Munich.

Semua kasus yang dikonfirmasi dilaporkan tertular penyakit dari warga negara Tiongkok yang mengunjungi perusahaan mereka, tetapi tidak tahu bahwa ia terinfeksi.

12. Sri Lanka

Satu kasus yang dikonfirmasi dari infeksi Virus Corona telah dilaporkan di Sri Lanka pada 27 Januari 2020. Pasien, seorang wanita China berusia 40 tahun, dinyatakan positif terkena virus tersebut.

Sri Lanka sejak itu telah mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mencegah penyebaran virus ini termasuk penangguhan pemberian visa kedatangan untuk para pelancong Tiongkok.

Negara ini telah muncul sebagai tujuan wisata utama bagi warga negara Tiongkok di masa lalu, dan juga memiliki beberapa pekerja Tiongkok yang dipekerjakan dalam berbagai proyek infrastruktur.

Sri Lanka juga sedang dalam proses evakuasi pelajar yang belajar di Cina, setelah wabah itu. Lebih dari 200 siswa dari negara itu diperkirakan belajar di Cina. Semua siswa yang tiba akan ditempatkan di bawah karantina.

13. Kamboja

Kamboja melaporkan kasus pertama infeksi Virus Corona pada 27 Januari 2020. Pasien itu adalah pria berusia 60 tahun dari Wuhan yang melakukan perjalanan ke Provinsi Preah Sihanouk di Kamboja. Dia tiba di negara itu bersama dengan tiga anggota keluarga yang telah dites negatif untuk virus. Pasien dilaporkan dalam kondisi stabil.

Otoritas penerbangan Kamboja telah membatalkan semua penerbangan antara negara itu dan Kota Wuhan untuk menahan penyebaran virus itu.

14. Kanada

Tiga kasus yang dikonfirmasi telah dilaporkan di Kanada.

Kasus pertama infeksi Virus Corona dilaporkan pada 25 Januari 2020 oleh Pemerintah Ontario pada seorang pria yang mengunjungi Wuhan. Kasus kedua adalah kasus istri pasien dan dikonfirmasi mengalami infeksi pada 27 Januari 2020.

Pada 28 Januari 2020, kasus ketiga dikonfirmasi oleh Pemerintah British Columbia pada seorang pasien yang mengunjungi Kota Wuhan.

15. Malaysia

Malaysia melaporkan delapan kasus koronavirus yang dikonfirmasi dengan kasus pertama yang dilaporkan pada 25 Januari 2020. Salah satu kasus pertama yang dilaporkan adalah seorang lelaki berusia 40 tahun dari Wuhan yang bepergian ke Johor dengan sekelompok 17 warga negara Tiongkok.

Tiga kasus baru infeksi dilaporkan pada tanggal 29 Januari 2020.

Kasus-kasus baru termasuk kasus kontak dekat yang merupakan menantu dari satu pasien pertama yang dites positif terkena infeksi. Dua kasus lainnya adalah seorang gadis berusia empat tahun dan seorang pria berusia 52 tahun.

16. Australia

Australia telah melaporkan sembilan kasus infeksi Virus Corona, termasuk empat di Sydney dan satu di Melbourne.

Kasus infeksi pertama dikonfirmasi pada 25 Januari 2020, pada seorang pria yang melakukan perjalanan dari Guangzhou ke Melbourne.

Pada 29 Januari 2020, dua kasus baru infeksi dilaporkan termasuk satu di Queensland dan seorang lagi dari Victoria.

Kasus baru adalah seorang pria berusia 44 tahun yang melakukan perjalanan ke Queensland dari Wuhan. Pasien saat ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Universitas Gold Coast dan dilaporkan stabil.

17. Nepal

Kasus infeksi Virus Corona pertama dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan dan Kependudukan Nepal pada 25 Januari 2020, pada seorang siswa pria yang belajar di China.

Dua lagi kasus yang dicurigai telah dilaporkan terjadi pada seorang pria dan wanita yang saat ini sedang diuji untuk virus tersebut. Kedua pasien telah ditempatkan di bawah isolasi di Rumah Sakit Penyakit Tropis dan Penyakit Menular Sukraraj di Kathmandu.

18. Prancis

Sebanyak lima kasus Virus Korona yang telah dikonfirmasi telah dilaporkan di Prancis pada 29 Januari 2020.

Prancis adalah negara Eropa pertama yang melaporkan dua kasus virus corona pada 24 Januari 2020.

Kasus ketiga, dikonfirmasi pada 25 Januari 2020, adalah kasus kerabat dari salah satu kasus yang dikonfirmasi. Tiga pasien tertular virus selama mereka tinggal di China, menurut Kementerian Solidaritas dan Kesehatan Prancis. Dua dari pasien sedang dirawat di Paris sementara yang lain sedang menjalani perawatan di Bordeaux.

Kasus keempat dikonfirmasi pada tanggal 29 Januari 2020. Kasus baru adalah seorang turis Tionghoa lanjut usia dari Provinsi Hubei. Anak perempuan dari pasien keempat telah diidentifikasi sebagai kasus kelima yang dikonfirmasi di Prancis.

19. Vietnam

Lima kasus infeksi Virus Corona yang telah dikonfirmasi telah dilaporkan di Vietnam.

Kasus yang dikonfirmasi pertama kali dilaporkan pada 23 Januari 2020. Seorang pria Tiongkok yang melakukan perjalanan ke Wuhan positif tertular.

Putranya kemudian tertular infeksi tetapi dilaporkan telah disembuhkan, meskipun ayahnya masih menggunakan bantuan oksigen karena cedera paru-paru. Kasus-kasus Vietnam mengkonfirmasi bahwa 2019-nCoV dapat menyebar dari orang ke orang.

Administrasi Pariwisata Nasional Vietnam berencana untuk menghentikan aliran wisatawan dari China untuk menahan penyebaran virus.

20. Singapura

Sebanyak sepuluh kasus yang dikonfirmasi telah dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan di Singapura. Kasus pertama yang dikonfirmasi dari penyakit ini dilaporkan pada 23 Januari 2020. Seorang warga negara China, wanita berusia 53 tahun dari Wuhan positif tertular Virus Corona.

Kasus terakhir adalah seorang pria berusia 56 tahun dari Tiongkok yang tiba di Singapura bersama keluarganya.

Kasus kedua adalah seorang pria berusia 35 tahun juga dari Wuhan, Tiongkok yang datang bersama teman dan keluarga.

21. Taiwan

Taiwan melaporkan kasus pertama infeksi Virus Corona pada 21 Januari 2020. Sembilan kasus infeksi t elah dilaporkan oleh Centers of Disease Control Taiwan.

Kasus yang dikonfirmasi termasuk dua wanita Tionghoa berusia 70 tahun yang bekerja di Wuhan. Kasus terbaru adalah kontak dari kasus infeksi yang sebelumnya dikonfirmasi.

22. Amerika Serikat

AS telah melaporkan enam kasus infeksi Virus Corona yang dikonfirmasi. Yang pertama kali dilaporkan di Washington pada 21 Januari 2020, dari seseorang yang melakukan perjalanan ke Wuhan dan kembali ke AS.

Kasus kedua dilaporkan di Illinois pada orang lain yang melakukan perjalanan ke Wuhan. Negara-negara dengan kasus infeksi yang dikonfirmasi adalah Arizona, California, Illinois, dan Washington.

Sebanyak 165 kasus infeksi yang dicurigai telah dilaporkan di AS, 68 di antaranya ternyata negatif dan hasilnya ditunggu untuk 92.

Semua kasus dilaporkan sebagai kasus impor dan tidak ada penularan dari orang ke orang yang telah dicatat. di negara.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mencatat bahwa risiko langsung dari virus ke masyarakat umum adalah rendah. CDC telah menyarankan orang untuk menghindari bepergian ke wilayah yang terkena dampak serta kontak dengan orang yang sakit.

23. Korea

Republik Korea melaporkan kasus pertama Virus Corona pada seorang wanita 35 tahun yang tinggal di Wuhan, yang melakukan perjalanan ke negara itu pada 20 Januari 2020. Sebanyak 11 kasus dikonfirmasi coronavirus sejauh ini telah dilaporkan di negara itu.

Sebanyak 28 kasus potensial saat ini sedang dipantau sesuai dengan laporan terbaru.

24. Jepang

Jepang adalah negara kedua yang melaporkan infeksi Virus Corona di luar China pada seorang pria yang melakukan perjalanan ke Wuhan. Kasus pertama dilaporkan pada 16 Januari 2020.

Sebanyak 15 kasus yang dikonfirmasi telah dilaporkan di negara ini. Tiga kasus terbaru berasal dari sekelompok lebih dari 200 warga negara Jepang yang telah dievakuasi dari Wuhan.

Menurut data WorldPop, Jepang menerima jumlah pelancong tertinggi kedua dari kota-kota Cina berisiko tinggi yang terkena dampak nCoV.

25. Thailand

Kasus impor pertama dari coronavirus dikonfirmasikan pada seorang wanita 61 tahun oleh Kementerian Kesehatan Masyarakat Thailand pada 13 Januari 2020. Wanita itu bepergian ke Wuhan, bersama dengan lima anggota dan kelompok wisata yang terdiri dari 16 orang.

Sebanyak 19 kasus yang dikonfirmasi telah dilaporkan di negara ini. Dari 14 kasus, empat warga negara Tiongkok dan satu warga Thailand dilaporkan telah sembuh. Sembilan lainnya adalah pasien China yang saat ini menjalani perawatan.

Thailand menerima jumlah pelancong tertinggi dari kota-kota berisiko tinggi di Daratan China, menurut data WorldPop. (*)

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Video

Berita pilihan