Subsidi Gas 3 kg Dicabut, Kisaran Harga Mencapai Rp 35 Ribu

Subsidi Gas 3 kg Dicabut, Kisaran Harga Mencapai Rp 35 Ribu

Pertengahan tahun 2020 pemerintah berencana mencabut subsidi gas 3 Kg

Pemerintah Mencabut Subsidi Gas 3 Kg, Harganya Melonjak Jadi Rp 35 Ribu

Konten.co.id – Rakyat kembali harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup. Setelah listrik, tol dan iuran BPJS naik, kini subsidi gas 3 Kg akan dicabut.

Jika pemerintah merealisasikan wacana ini, maka kisaran harga gas 3 Kg akan melonjak menjadi Rp 35 Ribu. Wacana ini digulirkan karena ada sistem subsidi yang diubah pemerintah.

Berdasarkan perhitungan, saat ini harga gas tiap kilonya Rp 11.583. Jadi jika subsidi pemerintah dicabut harganya akan jatuh pada Rp 35.000.

Tentunya kenaikan harga gas 3 Kg sangat signifikan. Pasalnya, harga jual saat disubsidi hanya Rp18.000 hingga 21.000.

“Saat ini kita sedang menghitung. Formula yang tepat dalam pendistribusian gas subsidi kepada yang berhak,” kata Plt. Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto.

Rencananya, kata Djoko, aturan ini akan diterapkan pada pertengahan tahun 2020. Saat ini, pihaknya sedang menghitung jumlah kongkrit warga yang berhak menerima subsidi.

“Nanti subsidinya bukan pada tabung lagi. Tapi, langsung kepada orang yang berhak menerimanya,” ungkapnya.

Djoko melanjutkan, penghitungan jumlah warga miskin saat ini ada tiga kategori. Berdasarkan perhotungan itu, kategori satu ada 15 juta warga miskin, kategori dua 20 juta miskin dan ketegori tiga 25 juta.

“Nanti kita akan tentukan kategori mana yang akan digunakan,” ucapnya.

Berdasarkan perhitungan, ungkap Djoko, jika sistem subsidi ini diberlakukan sejak Januari 2020 maka negara akan menghemat anggaran sebesar 30 persen. Karena rencananya baru akan dilakukan di pertengahan tahun maka penghematan anggaran untuk energi diperkirakan mencapai 10-15 persen.

Adapun skema penggantian subsidi nantinya akan memakai QR Code. Nantinya warga penerima subsidi akan mendapatkan transfer subsidi saat membeli gas.

“Berdasarkan penelitian kami, warga miskin hanya memakai gas 3 kg sebanyak 3 tabung dalam sebulan. Jadi nilai subsidinya diperkirakan Rp 100.000 untuk sebulannya akan ditransfer langsung ke yang bersangkutan,” pungkasnya.

Penulis: Mahesa
Editor: Citra Kharisma

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Video

Berita pilihan