Bukan RK Atau Ganjar, Saingan Anies di Pilpres 2024 Ternyata Sandiaga Uno

Bukan RK Atau Ganjar, Saingan Anies di Pilpres 2024 Ternyata Sandiaga Uno

Kiprah Sandiaga Salahudin Uno namanya begitu populer dan menjadi kandidat kuat di Pilpres 2024.

Konten.co.id – Meski perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) masih jauh. Namun para politisi sudah mengambil ancang-ancang dari sekarang.

Tidak ada calon petahana, membuat peta persaingan semakin terbuka. Sejumlah nama populer dan berpengaruh digadang-gadang akan meramaikan bursa Pilpres 2024.

Dari Jawa Barat, Ridwan Kamil menjadi yang terdepan untuk dicalonkan. Begitu juga dari Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjadi salah satu kandidat kuat.

Namun jangan salah, popularitas kedua tokoh tersebut masih kalah oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda. Menurut peneliti, Anies memiliki peluang paling besar jika dibandingkan kedua tokoh tersebut.

Anies Baswedan dipercaya memiliki pendukung fanatik semisal grup 212. Belum lagi sejumlah Ormas yang masih loyak mendukungnya dari awal berkarier di politik.

Tentunya Anies bukan satu-satunya lawan tangguh. Nama Salahudin Sandiaga Uno digadang-gadang memiliki peluang lebih besar.

Bahkan, hanya Sandiaga Uno yang akan bisa mengalahkan Anies di Pilpres 2024. Seperti apa peluang Sandi berikut penjelasan pengamat politik:

Sandiaga Uno Cair di Semua Kalangan

Dosen Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, menilai Sandiaga Uno berpotensi maju dan memenangkan Pilpres 2024.

Sandiaga, kata Adi, bisa mencair di semua kalangan. Ia kerap diterima oleh masyarakat dalam berbagai lapisan baik kalangan milenial, emak-emak atau tokoh agama di daerah.

“Sandiaga mempunya magnet sendiri. Ia bisa menggaet suara semua kalangan,” kata dia.

Selain itu, Sandiaga juga dinilai memiliki kemampuan dan jejaring politik yang mumpuni. Sampai saat ini, dukungan panatik terhadap dirinya terus mengalir.

Bahkan ada kecenderungan pemilih Jokowi akan pindah ke Sandiaga Uno ketimbang memilih Anies Baswedan.

“Sandiaga dianggap mampu menandingi Anies Baswedan yang selama ini kuat pengaruhnya,” ujar Adi saat dihubungi pada Senin, 20 Januari 2020.

Jokowi dan BG Berikan Sinyal Dukungan

Tidak heran jika Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan kerap menyebut nama Sandiaga dalam sepekan terakhir.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengeluarkan pernyataan ketika menghadiri acara pelantikan pengurus Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia periode 2020-2022 di Hotel Raffles, Jakarta, pada 15 Januari 2020. Ia menyapa seluruh eks ketua umum BPP Hipmi. Namun, dia mengaku hanya mengingat Sandiaga.

Yang hafal hanya satu bapak Sandiaga Uno. Hati-hati 2024,” kata Jokowi disambut riuh teriakan para peserta.

Sementara itu, Ketua Pengurus Besar eSports yang juga Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan sempat melempar pernyataan bahwa jumlah anak muda penggemar eSports bisa menyumbang suara untuk Sandiaga jika maju di Pilpres 2024 mendatang.

“Kalo Presiden (Joko Widodo) kemarin sudah menyatakan Pak Sandi sebagai calon yang punya peluang sangat kuat menjadi presiden, kami sangat meyakini bahwa dengan dukungan dari eSports maka kelompok milenial dan gen Z akan bersatu untuk memenangkan Sandiaga Uno,” kata Budi Gunawan.

Terus Menjaga Hubungan Politik

Meski di Pilpres 2019 Sandiaga Uno kalah. Tapi ia tak serta merta meninggalkan para pendukungnya.

Sebagai contoh Sandiaga Uno masih berkunjung ke salah satu pondok pesantren, di mana itu basis dukungannya saat Pilpres 2019.

Contoh lainnya, kepekaan sosial Sandi juga saat dirinya mengunjungi tokoh agama, Gus Sholah. Saat itu, ia mendengar Gus Sholah sakit, kemudia ia bergegas menengoknya.

Tentunya langkah Sandiga Uno ini, menjadi modal penting saat dirinya maju di Pilpres 2024 yang akan datang. (*)

Penulis: Ibrahim
Editor: Farhan SN

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *