Wow, Peneliti Temukan Fosil Homo Erectus Terakhir di Jateng

Sejumlah peneliti temukan makam fosil homo Erectus terakhir di Jateng.

Peneliti Temukan Fosil Homo Erectus Terakhir Berusia 500 Ribu Tahun di Jawa Tengah

Konten.co.id – Makam manusia pertama di dunia Homo erectus ditemukan di dekat sungai terpanjang di pulau Jawa, Indonesia.

Selusin tengkorak parsial dan dua tulang kering, ditemukan di dekat sungai Solo pada tahun 1930-an.

Hal ini menandakan Jawa Tengah sebagai tempat terakhir Homo erectus, dan menegaskan spesies ini sebagai nenek moyang manusia yang bertahan paling lama sejauh ini.

Keberadaannya membentang evolusi selama sekitar 1,8 juta tahun. “Ini adalah koleksi terbesar dari fosil Homo erectus di satu situs di dunia dan penanggalannya selalu penting,” kata Russell Ciochon, seorang antropolog di University of Iowa.

“Ini adalah spesies yang berumur panjang dan kami sekarang telah memakukan tanggal penampilan terakhir mereka.” katanya.

Homo erectus adalah pendahulu kita yang memiliki proporsi tubuh seperti manusia modern, dan mungkin yang pertama memasak makanan. Spesies ini muncul di Afrika hampir 2 juta tahun yang lalu dan menjadi yang pertama meninggalkan benua, menyebar ke seluruh Asia dan turun ke Indonesia.

Excavations at Ngandong, Indonesia in 2010. Photograph: Russell Ciochon/Nature (the guardian)

25.000 fosil yang sebagian besar digali oleh ahli geologi Belanda di teras Ngandong, dataran banjir di sepanjang Solo, antara tahun 1931 dan 1933. Tulang-tulang itu berada di dataran banjir setelah ke hilir.

individu yang meninggal tidak diketahui. Para ilmuwan telah lama mencoba menuju situs tersebut, tetapi muncul dengan perkiraan yang sangat berbeda dari 27.000 hingga setengah juta tahun.

Dengan staf dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Indonesia, tim peneliti menghabiskan 16 tahun menmbuka situs tersebut dengan berbagai teknik modern.

Pekerjaan mereka dibantu oleh cucu-cucu salah satu ahli geologi Belanda, yang menyediakan peta dan jurnal yang, setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, menunjuk ke lokasi yang asli.

Dari jurnal Nature, para ilmuwan menggambarkan bagaimana mereka mengetahui usia fosil Homo erectus dengan lansekap dan fosil hewan baru yang digali dari teras Ngandong.

Mereka mengenali stalagmit di gua-gua dekat gunung untuk menunjukkan bahwa gunung-gunung itu sendiri naik setidaknya setengah juta tahun yang lalu dan mengalihkan Solo ke perbukitan Kendeng di mana teras Ngandong berada.

Penanggalan lebih lanjut mengungkapkan bahwa teras Ngandong sendiri terbentuk antara 140.000 dan 92.000 tahun yang lalu. Hingga akhirnya, para peneliti menemukan lapisan tulang asli dan menggali ratusan fosil lainnya.

Tidak ada yang menjadi milik Homo erectus, melainkan segelintir binatang dari harimau Ngandong hingga kerbau dan gajah.

An exposed bonebed at Ngandong. Photograph: Russell L. Ciochon Univ. of Iowa/Nature (the guardian)

Karya ini menghasilkan 52 tanggal baru untuk berbagai bagian situs, yang Richard Bailey, seorang peneliti di Oxford, yang dimasukkan ke dalam model komputer.

Hal Ini membebani ketidakpastian berbagai teknik dan menghasilkan kisaran usia akhir untuk fosil. “Mengetahui kapan suatu spesies hidup dan kapan mereka akhirnya mati adalah penting untuk memahami di mana mereka duduk di pohon evolusi, dengan siapa mereka berinteraksi, dan mengapa mereka punah,” kata Kira Westaway, yang ikut memimpin penelitian di Universitas Macquarie di Sydney.

Mengingat usia jasadnya, Homo erectus tidak tumpang tindih dengan Homo sapiens. Tetapi spesies prasejarah mungkin berbaur dengan Denisovans, manusia purba yang dikenal dari gua-gua dingin Siberia, yang mungkin telah mencapai Asia Tenggara.

Data menunjukkan bahwa Homo erectus akhirnya punah di Jawa ketika lingkungan tumbuh lebih hangat dan hutan digantikan oleh hutan hujan.

Josephine Joordens, seorang ahli paleoekologi di Naturalis Biodiversity Center di Leiden, mengatakan itu mengesankan. “Ini hasil yang penting karena menentukan rentang waktu spesies yang sangat sukses, kosmopolitan dan tahan lama ini,” katanya.

Mark Maslin, seorang peneliti di UCL, mengatakan: “Yang lebih menarik adalah kesadaran bahwa sekitar 100.000 tahun yang lalu, terdapat setidaknya tujuh atau delapan spesies hominin yang berbeda termasuk spesies kita, Homo sapiens. Dari semak nenek moyang yang kompleks ini, hanya satu spesies yang muncul, spesies kita, yang akhirnya tiba di Jawa 35.000 tahun setelah kemunculan Homo erectus yang terakhir diketahui. ”