Unik! Inilah 4 Santapan Maknyuz Made in Wamena

Unik! Inilah 4 Santapan Maknyuz  Made in Wamena

Kota Wamena memang menawan, dari tempat wisata dan kondisi alamnya yang luar biasa, banyak juga kuliner khasnya yang wajib dicoba.

Maknyuz Dan Unik, Inilah 4 Santapan Made in Wamena

Konten.co.id Dari Merauke sampe Sabang, Indonesia memang banyak menyimpan harta berharganya, selain tempat wisatanya banyak pula makanan khas yang unik-unik. Inilah yang membuat Indonesia banyak dikunjungi wisata asing.

Salah satunya adalah Kota Wamena. Selain tempat wisatanya yang terkenal seperti Lembah Baliem yang mana Lembah ini merupakan tempat tinggal beberapa suku, mayoritas Dani. Merekalah suku yang memiliki rumah berbentuk lingkaran yang bernama Honai.

Masih di wilayah Lembah Baliem, terdapat total 6 mumi yang diawetkan secara tradisional. Mumi paling terkenal ada di Distrik Kerulu. Nama muminya Wim Motok Mabel yang berusia 280 tahun. Dan masih banyak lagi wisata lainnya seperti Telaga Biru, Kampung Sekan dan lainnya.

Disamping tempat wisata yang keren tadi, Wamena juga terkenal dengan makanan uniknya yang banyak mengundang para pelancong untuk datang demi mencicipi kuliner khasnya. Apa saja itu?

Papeda

Papeda adalah makanan berupa bubur sagu, biasanya hidangan ini akan sangat lezat apabila disajikan dengan ikan tongkol yang gurih yang dibumbui kunyit dan jeruk nipis.

Papeda unik dan lezat, makanan ini juga kaya serat, rendah kolesterol, dan bernutrisi, kalo pas lagi liburan ke Wamena, jangan lewatkan kesempatan untuk nyobain makanan yang satu ini. Wajib!

Sate Ulat Sagu

Meskipun terdengar ekstrim hidangan ini merupakan hidangan yang kaya gizi, Sate Ulat Sagu merupakan makanan favorit masyarakat setempat loh, rasanya yang manis dan asin serta bertekstur kenyal menambah keunikan kuliner Wamena. Berani coba? Harus!

Sagu Lempeng

Makanan pokok masyarakat Papua adalah sagu, kalo liburan ke tempat ini, kamu akan menemukan banyak makanan yang terbuat dari sagu. Salah satunya adalah Sagu lempeng. Makanan ini dibuat dengan cara membakar tepung sagu yang sudah diolah dan dicetak. Biasanya pada saat proses pembakaran makanan ini ditambahkan pelengkap seperti parutan kelapa atau gula merah, supaya rasanya lebih lezat.

Sarang Semut

Tenang, makanan ini tidak terbuat dari sarang semut beneran, Sarang semut adalah sejenis tanaman khas Wamena yang memiliki banyak kandungan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. seperti kanker, diabetes, kista, jantung, prostat, kista, liver, dan lain sebagainya. Keren!

Punya masalah kesehatan diatas? Ayo apa salahnya mencoba obat tradisional yang satu ini.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *