Telan Anggaran Rp 11,69 Triliun, Tol Japek Resmi Dibuka Jokowi

Telan Anggaran Rp 11,69 Triliun, Tol Japek Resmi Dibuka Jokowi

Jalan tol layang terpanjang Japek II elevated resmi beroperasi sejak Kamis (12/12/2019).

Presiden Jokowi Resmi Membuka Tol Layang Jakarta Cikampek Elevated

Konten.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau tol Japek Layang sepanjang 36,4 kilometer (km), Kamis (12/12/2019).

Jokowi pun mengaku bersyukur. Ia mengatakan dengan pembangunan yang rumit karena saat pembangunan jalur tol yang dibawahnya masih berfungsi membuat jalur tol Japek Layang yang menelan anggaran Rp 11,69 Triliun ini sangat spesial baginya.

“Selesai sudah pembangunan jalan tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek II. Prosesnya rumit: membangun jalan tol layang 36,4 km di atas jalan yang tetap dibuka. Di sisinya ada pembangunan LRT dan kereta cepat. Japek II bisa dilalui sebelum libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.” Cuit Jokowi lewat akun twitter resminya.

Untuk diketahui, tol ini berada tepat di atas jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) eksisting. Membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500).

Membentang 36 km, tol ini menjadi jalan bebas hambatan dengan struktur layang terpanjang di Indonesia saat ini.

Nantinya ketika jalan tol ini dapat dilintasi, pengguna jalan dari arah Jakarta dapat melintas melalui Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Jalan Tol JORR dan Jalan Tol Jagorawi. Kemudian, dapat melanjutkan perjalanan lewat tol Japek II ini untuk menuju Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Untuk arah sebaliknya pengguna jalan dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bandung dapat menggunakan Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang, lanjut melewati tol Japek II menuju Jakarta.

Jokowi memastikan bahwa pengoperasian jalan tol Japek Layang gratis hingga tahun baru. Jokowi mengaku keputusan gratis usai bertanya kepada BPJT dalam hal ini PT Jasa Marga (Persero).

“Ini alhamdulillah jalan tol elevated Jakarta-Cikampek telah selesai dan ini tadi saya sudah bertanya ke pemilik akan digratiskan sampai nanti tahun baru,” kata Jokowi. (*)

Penulis : Ade Indra

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *