Tangani Banjir, Jokowi Beri Nasihat Kepada Anies Baswedan

Tangani Banjir, Jokowi Beri Nasihat Kepada Anies Baswedan

Presiden Jokowi meminta agar pemerintah DKI Jakarta segera membersihkan got dan waduk agar tidak terjadi banjir lagi di Jakarta.

Tangani Banjir, Anies Baswedan Patut dengar Nasihat dari Jokowi Ini

Konten.co.id – Banjir menggenangi beberapa titik di Ibu Kota DKI Jakarta akibat guyuran hujan deras, Selasa (17/12/2019).

Presiden Joko widodo (Jokowi) pun angkat bicara. Ia mengatakan banjir dan macet merupakan masalah utama di ibu kota.

Pemerintah pusat, lanjutnya, selama ini juga berupaya membantu mengatasi permasalahan banjir dengan mempercepat pembangunan bendungan di wilayah Sukamahi dan Ciawi, Jawa Barat.

Namun, Jokowi tak memungkiri, kedua bendungan tersebut bukan jaminan pasti wilayah Jakarta terbebas dari banjir. Ia pun menasehati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar ada peranan lebih dari pemangku kepentingan lainnya untuk mengatasi banjir.

“Kalau [bendungan] jadi, akan bisa lebih dikendalikan. Tapi juga sangat tergantung sekali yang namanya banjir di Jakarta, yaitu pembersihan got,” ujar Jokowi, Rabu (18/12/2019).

“Kemudian juga pelebaran dari sungai Ciliwung yang menyempit. Ketiga pengelolaan pintu air yang ada termasuk pengerukan waduk-waduk di Jakarta, waduk pluit,” lanjutnya.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf mengaku sudah menjalankan saran dari Jokowi untuk membersihkan got dan waduk untuk mencegah banjir.

Ia pun menyatakan Pemprov DKI Jakarta sudah siap menghadapi puncak musim hujan pada Januari 2020. Petugas hingga pompa sudah disiagakan di lokasi-lokasi rawan banjir.

“Semua personel yang ada di SDA siap jaga dari kemarin-kemarin. Petugas pompa mobil sama satgas-satgas yang ada di lima wilayah semuanya sudah standby. Pengerukan sudah jalan terus dan memang sudah rutin mereka, satgas,” kata Juaini.

Seperti diketahui, banjir terjadi di sejumlah wilayah ibu kota, Selasa (17/12/2019). Banjir dipicu oleh sejumlah faktor antara lain hujan dengan intensitas tinggi ditambah sumbatan pada saluran. Sejumlah ruas jalan seperti Semanggi dan Kuningan terkena dampak banjirnya Jakarta. (*)

Penulis : Ade Indra

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *