Sempat Dikecam, FIlm “Kucumbu Tubuh Indahku” Sabet Banyak Piala di FFI 2019

Sempat Dikecam, FIlm “Kucumbu Tubuh Indahku” Sabet Banyak Piala di FFI 2019

Film Kucumbu Tubuh Indahku sempat dilarang diputar diberbagai bioskop, namun di Malam Anugrah Piala Citra 2019, film tersebut borong banyak piala.

Sempat Banyak Dikecam, Film Kucumbu Tubuh Indahku Sabet Banyak Piala FFI 2019

Konten.co.id – Film “Kucumbu Tubuh Indahku” mendulang banyak nominasi di Malam Anugerah Piala Citra 2019 digelar di Grand Studio Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat, Minggu (8/12).

Sebelumnya film tersebut banyak menuai kontroversi di masyarakat, karena menampilkan isu mengenai lesbian, gay, biseksual, transgender (LGBT) yang dinilai mengkhawatirkan bisa merusak moral bangsa.

Dalam Malam Anugerah Piala Citra 2019 itu sutradara “Kucumbu Tubuh Indahku”, Garin Nugroho berhasil mendapatkan penghargaan sebagai “Sutradara Terbaik”.

Garin tidak hadir dan hanya diwakilkan oleh anaknya, Kamila Andini. ia menyampaikan pesan dari sang ayah.

“Akhirnya, penghargaan FFI bisa didapatkan oleh papa setelah 38 tahun berkarier. Beliau memberi tahu, kalau Beliau memohon maaf karena tidak bisa hadir,” ungkapnya.

Ia menyampaikan satu pesan penting untuk didengarkan banyak orang. Salah satunya, mengenai kebebasan berkarya di Indonesia.

“Karena, sensitivitas sangat penting untuk membuka dialog publik dan penghargaan ini adalah bukti keterbukaan ekspresi di sinema Indonesia,” tuturnya.

Kamila menyebutkan bahwa sang ayah sudah banyak memenangkan piala di festival internasional. Namun, Garin rasa, FFI adalah yang paling membanggakan.

“Meski saya sudah ikut penghargaan internasional, seperti di festival Italia, Prancis, Singapura, dan Bangkok. Namun, FFI adalah kehormatan terbaik bagi saya, karena FFI dari Indonesia, dan rumah saya adalah di Indonesia. Saya senang bisa terus mencipta karya di tengah sineas muda-mudi di Indonesia,” tutupnya.

Bukan hanya saja nominasi Sutradara Terbaik yang berhasil diboyong oleh film “Kucumbu Tubuh Indahku,” namun penghargaan lain berhasil disabet film tersebut, yakni :

Film Cerita Panjang Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Musik Terbaik, Penata Busana Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik.

Film ini banyak menuai komentar dari warganet, ucapan selamat pun menghiasi lini masa twitter. “Respect buat Kucumbu Tubuh Indahku. Benar2 pantas menang kategori apapun malam ini. Respect seluruh film-film Indonesia tahun ini, gagah semua. Respect juga buat seluruh nominee yang ada di
@festivalfilmidkalau bisa kasih semuanya piala kemenangan, bagus2!!” cuit akun @viramahvira.

“Film yg diboikot menang piala citra uwwuwuwuw SELAMAT untuk KUCUMBU TUBUH INDAHKU,” cuit pemilik akun @moccamocco

“Kucumbu tubuh indahku menang dibeberapa kategori, jadi pengen ketawa sama rangorang yg matimatian mencekal ini film. Congrats anyway!” cuit pemilik akun @ramyeongal.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *