Sedang Musim, Ini Manfaat Mangga yang Patut Diketahui

Sedang Musim, Ini Manfaat Mangga yang Patut Diketahui

Mangga punya segudang manfaat yang patut anda ketahui.

Mangga Sedang Musim di Indonesia, Ini Manfaatnya yang Patut Diketahui

Konten.co.id – Akhir tahun adalah ‘musim’ panen buah mangga di Indonesia. Tapi tahukah anda kalau mangga punya segudang manfaat.

Berikut Konten.co.id berikan informasi manfaat mangga yang patut anda ketahui :

Kaya kandungan nutrisi

Mangga tidak mengandung banyak kalori, tetapi kadar nutrisinya tinggi. Kandungan Vitamin C – nya sangat tinggi.

Selain itu, juga vitamin B6, A, E, dan B5. Dalam 165 gram buah mangga terdapat kandungan seratnya sebanyak 2,6 gram. Inilah yang membuat mangga salah satu buah yang lezat dan sehat.

Baik bagi pencernaan

Serat yang dikandung mangga berkhasiat bagi pencernaan. Tapi bukan itu saja, mangga juga mengandung amilase, sekelompok enzim yang baik bagi pencernaan.

Amilase lebih banyak ditemukan di mangga yang matang. Oleh sebab itu, mangga matang lebih manis daripada yang belum matang.

Mendukung kesehatan mata

Dua nutrisi yang dikandung mangga sangat menyokong kesehatan mata, yaitu antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Keduanya berkumpul di retina mata, yaitu bagian mata yang mengubah cahanya menjadi sinyal di otak, sehingga otak manusia bisa mengetahui apa yang dilihat.

Bermanfaat bagi rambut dan kulit

Vitamin C adalah bahan terpenting bagi terbentuknya kolagen. Ini adalah protein yang menyokong struktur sehat pada rambut dan kulit.

Bagi kulit, vitamin C memerangi perenggangan dan keriput. Sementara vitamin A mendorong pertumbuhan rambut, juga menjaga kulit dari pancaran matahari

Mengurangi risiko beberapa jenis kanker

Mangga kaya polifenol. Senyawa kimia ini bantu tubuh mencegah stres oksidatif, yang menurut sejumlah studi, terkait dengan beberapa tipe kanker, di antaranya: leukimia dan kanker payudara.

Mangiferin, yang terdapat terutama pada daun mangga, diduga punya efek anti kanker yang sangat menjanjikan. Selain berguna bagi kesehatan, mangga bisa dipadukan misalnya dengan yoghurt atau diminum sari buahnya.

Mendukung daya tahan tubuh

Nutrisi yang penting bagi daya tahan tubuh juga banyak dikandung mangga. Yaitu, selain vitamin A dan C, juga vitamin K, E, dan beberapa jenis vitamin B.

Berbagai jenis dan rasa

Mangga berasal dari kawasan Asia Selatan. Selain itu, mangga juga banyak ditanam di sejumlah negara Asia Tenggara.

Di seluruh dunia, jenisnya lebih dari 100 macam. Selain buahnya sangat berkhasiat, kayu dari pohon mangga juga bisa digunakan setelah masa berbuah berakhir.

Kayu mangga banyak digunakan untuk alat musik, misalnya ukulele. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *