Perlawanan Mau Mau Hasilkan Kemerdekaan Republik Kenya

Perlawanan Mau Mau Hasilkan Kemerdekaan Republik Kenya

Rakyat Kenya tak henti-hentinya merebut kemerdekaan usai Perang Dunia I, Kelompok-kelompok perlawanan banyak muncul melawan kolonial Inggris.

Gerakan Perlawanan Suku Mau Mau Kenya buahkan Kemerdekaan Kenya

Konten.co.id – Kenya meraih kemerdekaannya pada 12 Desember 1963. Sejak tahun 1952, kelompok nasionalis Kenya melakukan pemberontakan melawan kolonialis Inggris di bawah pimpinan Jomo Kenyatta. Antara Perang Dunia I dan Perang Dunia II, Kenya menuliskan sejarah hebat dalam perlawanannya.

Setelah Perang Dunia I usai, rakyat Kenya berupaya merebut kemerdekaannya. Undang-undang yang diterapkan oleh kolonial Inggris yang membatasi hak-hak rakyat Kenya, khususnya terhadap suku Kikuyu, melahirkan gerakan perlawanan dengan dibentuknya kelompok Mau Mau. Akhirnya, perlawanan rakyat Kenya membuahkan kemerdekaan pada 1963.

Dengan luas wilayah 582.646 kilometer persegi dan terletak di wilayah timur benua Afrika, Kenya berbatasan dengan Ethiopia di sebelah utara, Somalia di sebelah timur dan timur laut, Tanzania di selatan, Uganda di barat, Sudan di barat laut serta dibatasi Samudera Hindia di bagian tenggara. Pada tahun 2010, Negara ini memiliki populasi penduduk keseluruhan sebanyak 34.341.000 jiwa. kota terbesarnya adalah Nairobi, yang juga sekaligus sebagai merupakan ibu kotanya.

Berikut Fakta Menarik Kenya atau Republik Kenya atau Jumhuriye Kenya :

1.Nama resmi Kenya adalah Republik Kenya, beribukota Nairobi, dan menggunakan mata uang Kenyan. Nama Kenya berasal dari nama gunung di sana, yaitu Gunung Kenya, gunung terbesar kedua di benua Afrika, yang tigginya mencapai 5199 m, nama Kenya dalam bahasa Swahili adalah Jamhuri y Kenya.

2.Motto nasional Kenya adalah ‘Harambee’ yang artinya adalah ‘tarik bersama’ (pull together)

3.Profesor Maathai, seorang ahli lingkungan asal Kenya, adalah wanita Afrika pertama yang memenangkan nobel perdamaian pada tahun 2004.

4.Ada 42 suku yang mendiami Kenya. Suku-suku yang terkenal di Kenya adalah Kikuyu, Luhya, Luo, Kalenjin, Kamba Kisii, Meru, dan suku Afrika dan non Afrika lain.

5.Angkutan massa terkenal di Kenya adalah Matatu, yaitu sejenis van dengan 13 tempat duduk.

6.Meski Kenya adalah Negara demokratis, tapi penduduknya berhadapan dengan pemerintahan yang tidak boleh dikritik

7.Poligami banyak dipraktikkan di Kenya, terutama suku-suku di Kenya. Ketua suku terkenal mempunyai istri yang banyak.

8.Hukum di Kenya sangat menguntungkan kaum wanita dalam wilayah domestic. Tidak tahu mengapa. Jika seorang lelaki dipukul oleh istrinya kemudian dia mengeluh dan mengadu, maka akan dimasukkan ke penjara.

9.Berburu adalah illegal di Kenya. Tetapi banyak yang masih terus membunuh gajah untuk diambil gadingnya. Kenya terkenal dengan beragam kehidupan liarnya dan terkenal dengan binatang-binatang besarnya yang berhubungan savanna Afrika.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Video

Berita pilihan