Ombudsman Kritik Keterlambatan Penerbitan Paspor di Imigrasi Kupang

Ombudsman Kritik Keterlambatan Penerbitan Paspor di Imigrasi Kupang

Kepala Ombudsman NTT Darius Beda Datom minta Kanim 1 Kupang tanggapi dengan serius masalah keterlambatan penerbitan paspor.

Pelayanan Paspor Lambat, Ombudsman Minta Kanim Kupang Tanggapi Serius

Konten.co.id – Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Darius Beda Daton, menyoroti lambatnya penerbitan paspor di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Kupang yang melampaui jangka waktu sebagaimana ditetapkan dalam standar pelayanan paspor.

Diketahui waktu penerbitan paspor di Kanim kelas 1 Kupang lebih dari 4 hari. Sedangkan normalnya waktu maksimalnya 4 hari.

“Lambatnya penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kupang masih terus dikeluhkan warga melalui laporan yang kami terima selama dua bulan terakhir ini,” katanya, Senin (9/12/2019).

Dia menjelaskan, dari hasil kunjungan itu diketahui penyebab keterlambatan ini karena adanya migrasi sistem aplikasi paspor di Direktorat Jenderal Imigrasi Pusat yang ikut berpengaruh ke daerah.

Darius menambahkan, persoalan lain yang keluhkan warga selaku pemohon paspor yaitu adanya persyaratan tambahan yang tidak diatur dalam syarat pelayanan dan sistem pembayaran paspor.

“Karena itu kami minta ini menjadi perhatian serius pihak Imigrasi untuk segera membereskannya karena masalah ini sudah berbulan-bulan,” katanya.

Persyaratan tambahan ini, kata dia, tidak memungkinkan warga pemohon menarik kembali biaya paspor yang dibayar jika saat wawancara dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk memperoleh paspor.

“Untuk itu kami berharap agar ada perbaikan layanan yang tidak menyulitkan warga sebagai wujud negara hadir untuk melayani warga,” katanya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *