Maksud dan Tujuan Netizen Trendingkan Tagar #SaveUyghurSOS

Maksud dan Tujuan Netizen Trendingkan Tagar #SaveUyghurSOS

Tagar #SaveUyghurSOS jadi trending untuk melindungi muslim Uyghur.

Ajak Lindungi Uyghur, Netizen Trendingkan Tagar #SaveUyghurSOS di Twitter

Konten.co.id – Masalah muslim Uyghur kian meruncing. Banyak orang yang peduli dengan keadaan muslim Uyghur yang kian memprihatinkan.

Hingga akhirnya, netizen di twitter trendingkan tagar #SaveUyghurSOS. Tagar ini jadi puncak trending di twitter dengan 10 ribu cuitan.

“Dengan ini mengundang para influencer untuk meramaikan tagar #SaveUyghurSOS Cc @haikal_hassan @Hilmi28 @AzzamIzzulhaq @dikychandra_” cuit @R4jaPurwa.

“Mengundang seluruh warga Twit land Bantu naikan tagar dukungan buat saudara saudara kita #SaveUyghurSOS #SaveUyghurSOS” cuit @hacknet__71.

“Wayah kieu nagar gusti #SaveUyghurSOS Pak ucup Mana nih? Cc in ke siapa ya?” cuit @dzoemient12.

Tagar ini sendiri trending usai masalah penindasan muslim Uyghur yang kian parah.

Sebelumnya, berhembus kabar bahwa China tengah berupaya membujuk sejumlah organisasi Islam seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, media Indonesia, hingga akademisi agar tidak lagi mengkritik dugaan persekusi yang diterima etnis minotritas Muslim Uighur di Xinjiang.

Ditambah dengan laporan the Wall Street Journal (WSJ) pada Rabu (11/12) yang memaparkan China mulai menggelontorkan sejumlah bantuan dan donasi terhadap ormas-ormas Islam tersebut setelah isu Uighur kembali mencuat ke publik 2018 lalu.

Saat itu, isu Uighur mencuat usai sejumlah organisasi HAM internasional merilis laporan yang menuding China menahan satu juta Uighur di kamp penahanan layaknya kamp konsentrasi di Xinjiang.

Beijing berdalih kamp-kamp itu merupakan kamp pelatihan vokasi untuk memberdayakan dan menjauhkan etnis Uighur dari paham ekstremisme. (*)

Penulis : Ade Indra

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *