Jalan-Jalan ke Banyumas, Cicipi 7 Kuliner Khasnya yang Super Nikmat

Jalan-Jalan ke Banyumas, Cicipi 7 Kuliner Khasnya yang Super Nikmat

Ada 7 kuliner khas Banyumas yang bisa anda cicipi kalau main ke daerah tersebut.

7 Kuliner Khas Banyumas yang Super Nikmat dan Bikin Ngiler, Wajib Dicoba

Konten.co.id – Banyumas adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki beberapa makanan khas dengan rasa yang cukup lezat dan nikmat. Makanan khas tersebut disukai oleh para wisatawan domestik.

Jika Anda adalah salah satu penikmat wisata kuliner dan saat ini sedang mencari beberapa referensi makanan di Indonesia yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Yuk dilihat 7 kuliner Khas Banyumas yang super nikmat dan bikin ngiler :

1.Gethuk Goreng

Salah satu makanan khas Banyumas yang cukup terkenal dan hanya bisa ditemukan di daerah Banyumas adalah gethuk goreng yang menjadi salah satu primadona di Banyumas.

Anda bisa menemukan makanan ini sebagai salah satu makanan khas dari Banyumas yang terbuat dari bahan-bahan yang sebenarnya bisa ditemukan dengan mudah di sekitar Anda.

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan khasi ini adalah ketela pohon, dan juga gula merah. Untuk membuatnya pun tidak sulit untuk dilakukan. Ketela tersebut hanya perlu direbus dan dihancurkan untuk selanjutnya dicampurkan dengan gula merah.

Setelah kenyal dan dibentuk bulatan yang tak beraturan, adonan tersebut lalu digoreng. Pada awalnya gethuk goreng memiliki rasa manis khas gula merah, namun saat ini sudah ada beberapa varian rasa termasuk rasa nangka, durian, dan juga strawberry.

2. Mendoan

Makanan ini adalah salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia dan tidak hanya populer di Banyumas.

Makanan ini sendiri sebenarnya bukanlah makanan mewah yang sulit untuk ditemukan atau dibuat sendiri. Bahan pembuat makanan ini sendiri hanya tempe dan juga adonan tepung beras dan juga tepung terigu.

Selain itu Anda hanya perlu menambahkan beberapa bumbu untuk membuat makanan ini menjadi lebih berasa dan lebih nikmat.

Banyak pelancong yang berkunjung ke Purwokerto atau Banyumas juga akan membeli makanan ini sebagai oleh-oleh khas dari Purwokerto atau Banyumas. Untuk menambah cita rasa dari mendoan ini, kita bisa menambahkan sambel kecap dan juga cabai.

3. Jenang Jaket

Anda mungkin belum pernah mendengan makanan yang bernama jenang jaket yang mungkin cukup aneh terdengar di telinga. Namun makanan ini menjadi salah satu makanan khas daerah Banyumas di mana makanan ini menawarkan citarasa manis yang terbuat dari gula merah, santan kelapa dan juga beras ketan.

Selain itu, jenang ini sendiri memiliki kekhasan sendiri di mana untuk membuatnya berbeda dari jenang-jenang lainnya, jenang jaket ini sendiri dibungkus menggunakan bungkus kertas kecil-kecil yang bisa dimakan dalam sekali suap.

4. Nopia

Nama makanan ini sendiri sebenarnya cukup mirip dengan merek dari handphone. Namun tidak ada hubungan dari makanan ini dengan merek handphone yang cukup populer beberapa waktu yang lalu.

Bentuk dari makanan ini sendiri adalah lonjong dan berbentuk seperti telur ayam. Dari luar, nopia berwarna putih, namun di dalamnya makanan ini memiliki isian gular merah. Beberapa nopia juga diisi dengan coklat, durian dan juga pandan.

Anda juga bisa menemukan salah satu citarasa bawang merah yang membuatnya menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang berbeda.

5. Kripik Tempe

Salah satu oleh-oleh lainnya yang meskipun terlihat biasa, oleh-oleh tersebut sebenarnya cukup spesial dibandingkan beberapa oleh-oleh lainnya di mana Anda hanya akan menemukan citarasa yang berbeda untuk kripik tempe yang berasal dari daerah Banyumas ini.

Salah satu yang cuup menarik dari kripik ini adalah rasanya yang nikmat. Namun saat ini sudah banyak tempat-tempat lain yang juga menawarkan kripik tempe sebagai makanan oleh-oleh khas bukan hanya dari Banyumas saja.

6. Lanting

Lanting cukup terkenal dan dikenal masyarakat luas. Sama dengan kripik tempe, makanan ini sendiri juga sudah banyak ditemukan di beberapa daerah lainnya di Indonesia dan menjadi salah satu makanan khas dari daerah tersebut.

Bentuk makanan ini sendiri seperti angka delapan atau seperti lingkaran-lingkaran kecil. Makanan ini sendiri terbuat dari singkong dan memiliki rasa asin dan gurih.

Dengan semakin banyaknya permintaan dan juga inovasi yang dilakukan oleh setiap pembuat makanan ini, Anda juga akan menemukan beberapa pilihan rasa lainnya seperti pedas dan keju.

7. Soto Sokaraja

Soto ini memiliki ciri-ciri yang berbeda daripada soto pada umumnya. Selain kuah kuning yang masih sama dengan soto lainnya, soto ini sendiri juga disajikan dengan menggunakan ketupat dan juga sambal kacang yang membuatnya berbeda. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *