India Bergejolak! Ribuan Massa Turun ke Jalan, Tolak UU Anti Muslim

India Bergejolak! Ribuan Massa Turun ke Jalan, Tolak UU Anti Muslim

Ketika Parlemen India menyatakan “Ya” pada RUU Amandemen Kewarganegaraan, lebih dari lima ribu massa turun ke jalan menolak yang dianggap anti Islam.

Ribuan Demonstran India Turun ke Jalan, Protes Tolak UU Anti Muslim

Konten.co.id – Enam orang telah tewas dalam protes keras di utara India terhadap undang-undang kewarganegaraan yang kontroversial. UU tersebut juga dikecam PBB dan kelompok hak asasi manusia karena sangat diskriminatif terhadap Muslim.

Sekitar 5.000 orang terlibat dalam demonstrasi baru di Guwahati, mereka meneriakan dan membawa spanduk dengan teriakan “Umur Assam”.

Pihak berwenang memberlakukan larangan internet dan jam malam di beberapa daerah timur laut.

Ketegangan memuncak di wilayah utara India yang beraneka ragam etnis sejak Rabu (11/12), ketika parlemen memberikan suara “Ya” pada apa yang disebut RUU Amendemen Kewarganegaraan (CAB).

Pemerintah kemudian menandatangani undang-undang tersebut menjadi undang-undang.

Undang-undang tersebut mengizinkan pemberian kewarganegaraan kepada jutaan migran yang datang ke India secara legal atau ilegal dari Pakistan, Bangladesh atau Afghanistan sebelum 31 Desember 2014, tetapi tidak jika mereka Muslim.

Para pengkritik mengatakan undang-undang itu, didorong oleh pemerintah nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi, melanggar prinsip-prinsip sekuler konstitusi India dengan mendiskriminasi masyarakat.

Undang-undang baru tersebut disinyalir membuka luka lama di negara bagian Assam, sebuah wilayah yang terhimpit antara Bangladesh, China dan Myanmar yang diketahui telah lama bersitegang dengan banyak etnis dan di mana kelompok-kelompok suku bersenjata masih menolak menjadi bagian dari India.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *