Hindari Radikalisme, Wagub Jabar Minta Eksis Awasi Guru dan Siswa

Hindari Radikalisme, Wagub Jabar Minta Eksis Awasi Guru dan Siswa

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum minta pengawasan guru dan siswa diperketat oleh ekskul Islam (eksis).

Ini Permintaan Wagub Jabar Agar Siswa dan Guru Terhindar dari Radikalisme

Konten.co.id – Untuk menghindari radikalisme di kalangan SMA/SMK di Jawa Barat (Jabar), Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meminta agar para guru lebih berhati-hati dalam mengajarkan para siswa.

Bahkan di semua sekolah harus ada pengawasan. Khususnya dari ekstrakurikuler. “Guru dan kepala sekolah harus beri pengawasan yang ketat khususnya dari ekstrakurikuler. Kalau dulu ada rohis atau rohaniawan Islam, sekarang ganti jadi eksis alias ekskul Islam,” ujarnya usai workshop anti radikalisme bagi siswa SMA/SMK di SMKN 1 Garut, Jumat (13/12/2019).

Ia meminta agar guru tidak memberikan paham berbahaya kepada siswa. Untuk itu ia meminta kepada semua sekolah untuk menerima guru yang memiliki jiwa kebangsaan, nasionalisme dan cinta tanah air.

“Guru yang diterima harus benar-benar memiliki jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan cinta tanah air,” ujar Uu..

Uu menyebut, siswa zaman sekarang mudah menerima informasi yang belum tentu kebenarannya. Oleh karenanya, ada baiknya setiap guru agar bisa lebih berhati-hati dalam mengajar.

Menurut informasi yang diterimanya, sudah ada indikasi siswa tingkat SMA/SMK yang mendekati radikalisme. Meski demikian hal ini bukanlah sebuah ancaman.

Uu mengimbau, jangan sampai guru dan para siswa gampang terbawa ajakan dan masuk ke kelompok yang tidak sesuai.

“Kami dapat arahan dari pemerintah pusat untuk beri arahan ke sekolah dan siswa tentang bela negara. Langkah konkritnya hari ini kami datang ke berbagai sekolah. Berbicara dengan guru dan siswa memberi penjelasan soal radikalisme,” ucapnya. (*)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *