Hati-Hati, IUD Masuk ke Usus Wanita Asal Cirebon

Hati-Hati, IUD Masuk ke Usus Wanita Asal Cirebon

Viral kisah usus wanita harus dibedah karena ada IUD masuk kedalamnya.

Kisah IUD Masuk ke Usus Wanita Asal Cirebon ini Bikin Sedih

Konten.co.id – Intrauterine Device (IUD) merupakan salah satu bentuk alat kontrasepsi yang populer. Akan tetapi IUD ternyata pernah memakan korban.

Seorang wanita asal Cirebon dengan akun facebook Merin Nopita menceritakan kisahnya yang harus bergelut dengan IUD beberapa tahun lalu.

Ia menceritakanperistiwa ini dialaminya saat opeasi caesar anak keduanya pada 16 Mei 2016 silam. Setelah ia pasang IUD di salah satu bidan di Perumnas Kota Cirebon.

“aku pasang dibidan tsb krn beliau senior pastilah mutu nya pun terjamin,” katanya.

sekedar cerita buat temen2 yg mau tau kejadian yg baru aku alamin ini ya..singkat cerita aku lahiran SC tgl 16042016…

Posted by Merin Nopita on Friday, December 13, 2019

Namun setelah pemasangan IUD ia merasa kalau perutnya keram dan keluar darah. Ia merasa wajar karena benda tersebut baru dipasang..

Setelah semingguan dia merasa mules dan keluar banyak darah seperti haid. “setelah bersih coba HB dan suamiku bilang kok sakit yah,,” ucapnya.

Keesokan harinya ia kontrol lagi ke bidan tersebut. Namun bidan tersebut tidak ada dan digantikan oleh anaknya seorang dokter yang juga praktek diklinik tersebut.

Dokter tersebut mengatakan kalau IUDnya sudah tidak ada. ” kok Iud nya gak ada ya bu??” aku bengong donk, kok bisa gak ada??? trs dr itu bilang apa mgkn jatuh ya pas ibu bilang kluar darah dan lg mules2nya??”

Merlin mengakutidak yakin. KArena jika haid ia tak pernah mengeluarkan gumpalan darah, dan saat mencuci pembalut tidak ada benda yang jatuh.

Ia pun langsung kontrol ke RS. Cahaya Bunda Cirebon. “pas dr novi Usg bener, emang gak ada.. dr novi pun bilang kok gak ada ya, apa IUD nya jatuh???”

Ia pun menjawab pertnyaan itu dengan jawaban yang sama dengan yang dilontarkan ke dokter anak bidan tersebut. Ia pun dirujuk untuk dilakukan tindakan Sonde Uterus..

Setelah berpikir panjang dengan suami, ia pun mau melakukan tindakan Sonde Uterus. Karena ia berpikir kalau memang IUD tersebut jatuh, kenapa ia tak juga hamil.

“disitu aku mikir iya jugaa yaa. krn pas hamil ini aku gak sempet kosong.. nikah pas hari pertama mens dan langsung ngisi. beberapa minggu kemudian mertua bilang, mer tetangga mamah ada yg pk IUD dan IUD nya temu2 ada diginjal.. mulai dr situ aku jd kepikiran tentang IUD itu,” tanyanya.

Ia pun meminta surat rujukan ke salah satu Puskesmas untuk periksa IUD. Hari Senin 25 November 2019 ke RS Medimas kontrol ke dokter kandungan di USG dan hasilnya nihil.
“Dokter nyaranin buat Rontgen.. saat itu juga aku Rontgen dan hasil nya apa IUD masih ada didalam badannku tp posisinya blm keliatan jelas. dr kandungan pun bilang Ok ketemu selasa depan yaa buat pemeriksaan sonde uterus tp jam setengah 9 susah di Rs yaa karena tindakannya lumayan agak lama..” ucapnya.

Selasa (3/12/2019) tepat pukul 9 Merlina ditemani suaminya ke RS untuk tindakan sonde uterus dan menemukan IUD tersebut sudah berada diluar rahim. Tindakan bedah pun pun harus dilakukan.

“aku dan suamiku cm diem, bengong, dan gak bsa ngmg apa2..sejalan2 pulang aku nangis Ya Allah cobaanku berat sekali tp suamiku tetap ngasih support ke aku,” tuturnya.

Rabu, (4/12/2019) jam 7.30 Merlina dibawa ke ruang Operasi dan dimulai jam 08.00. Suaminya dipanggil untuk diberi tahu kalau IUDnya sudah dicari lewat bawah, tapi tidak ditemukan. Jadi tim dokter akan membedah perut Merlina.

Semua keluarganya pun terkejut. Karena setelah dicari IUD Merlina sudah ada di usus. “malam hari nya dr Bedah visite bilang ususnya ibu bolong dijait jd ususnya luka. gak lama kemudian suster rawat inapnya memberikan injek antibiotik, analgetik, deurogesic, dll dan bilang ibu merin puasa yaa sampai 4 hari tdk boleh makan dan minum nanti dikasih cairan infusan berupas susu lewat infusan,” katanya.

Ia mengaku Cuma diam karena masih lemas dan sakit yang luar biasa melebihi operasi caesar yang pernah ia alami waktu melahirkan putranya.

Setelah sekian lama, tepat Jumat (13/12/2019) ia kontrol dan timbangannya menjadi 80 kg atau turun 6 kg.

“suster polikliniknya bilang, mba kok bisa sih IUD ke USUS??? dan tranding topik di RS minggu ini IUD yg jalan2 ke Usus,’ terangnya.

Sementara dokter kandungan bilang IUD bisa translokasi karena kemungkinan pemasangan IUD yang terlalu dini.. “Jadi rahim masih lunak dipasang IUD jadi si IUD nya bisa lepas dari tempatnya.” Katanya.

“sekedar mengingatkan buat kalian yg pake KB IUD jangan lupa kontrol ya.. biar gak ada kasus seperti ini lg..” tukasnya.

Cerita ini pun mendapat simpati netizen. Oka Maylan mengaku takut pakai KB IUD.

“Jadi takuuut, sereem x,takuut pake kb IUD,”

“Aku jg pasang IUD maka dah 11 thn alhamdulilah g ada keluhan kemaren sakit sempat USG posisiny masih bagus,” kata Irma Dewi.

Hal senada diucapkan Iis Nawati. “Saya tidak berani pake IUD saya pake KB suntik 3 bln sekali,,, karena saya pikir “masak didalam tubuh ditanam i benda” saya tidak berani,” ucapnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *