Gaji PNS Akan Diseragamkan, Sri Mulyani Ikut Saran KPK?

Gaji PNS Akan Diseragamkan, Sri Mulyani Ikut Saran KPK?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani berencana menyeragamkan sistem penggajian atau One Salary System kepada PNS.

KPK Sarankan Pemerintah Seragamkan Gaji PNS, Ini Kata Sri Mulyani

Konten.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berencana menyeragamkan sistem penggajian atau one salary system dan menghapus honor perjalanan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di luar gaji.

Hal ini untuk membuat anggaran lebih efisien sekaligus mencegah korupsi. Sebelumnya Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rajardjo sudah melakukan cara ini, Senin (9/12/2019).

“Sistem penggajian ini memang perlu untuk dikaji secara komprehensif,” kata dia.

Meski demikian, pihaknya akan melakukan koordinasi dulu dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo.

Meski demikian, Sri Mulyani mengatakan usulan dari Agus tidak bisa langsung diterapkan pada sistem penggajian pegawai. Tujuannya, agar APBN tetap bisa berjalan dengan baik.

Sebab, perbaikan penggajian pegawai juga harus berkaitan dengan cara pengelolaan keuangan negara yang baik. “Ini semacam duluan mana, ayam atau telur,” kata dia.

Sri Mulyani menilai perbaikan ini bisa dilakukan bertahap. Bahkan tak cukup hanya dengan perbaikan sistem gaji, tapi juga dengan tolak ukur kinerja dan integritas pegawai. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *