Fokus Benahi Trotoar, Pemprov DKI Jakarta Kucurkan Rp 577 Miliar

Fokus Benahi Trotoar, Pemprov DKI Jakarta Kucurkan Rp 577 Miliar

Gubernur DKI Jakarta mengatakan anggaran Rp 577 miliar yang dikucurkan Pemprov DKI jakarta agar trotoar ramah untuk pejalan kaki.

Pemprov DKI Jakarta Kucurkan Dana Rp 577 Miliar Untuk Benahi Ini

Konten.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus fokus dalam upaya menyediakan trotoar yang layak bagi pejalan kaki. Anggaran Rp 577,9 miliar dari APBD DKI 2019 pun siap dikucurkan untuk menata trotoar sepanjang 67 kilometer.

Hal ini diungkapkan Gubernur Anies Baswedan dalam postingannya di akun facebooknya, Selasa (10/12/2019). Dikatakannya pembenahan trotoar baik untuk warga DKI Jakarta yang ingin berjalan kaki.

“Jakarta itu salah satu kota dengan pejalan kaki terendah di dunia. Selama ini kita sibuk membangun jalan untuk roda (kendaraan bermotor). Saat ini trotoar yang sudah terbangun layak di Jakarta baru sekitar 16%. Karena itu sekarang Pemprov DKI gencar membangun jalan untuk kaki, supaya warga lebih banyak berjalan kaki. Selayaknya sebuah kota modern di dunia.”

https://www.facebook.com/aniesbaswedan/?ref=nf&hc_ref=ARRZyJhwtEvIMH-HVYue0vxVJlheKeMaREZntw4ucAj6hsS3m3dWENz2CLmJXh4Yz_s

Dikatakannya, tahun ini Bina Marga DKI Jakarta menganggarkan Rp 577,9 Miliar dari APBD DKI 2019 untuk menata trotoar sepanjang 67 km.

Jalan Prof. Dr. Satrio adalah salah satunya. Setelah kawasan Jalan Prof. Dr. Satrio selesai, revitalisasi trotoar akan diteruskan hingga ke kawasan Casablanca, Jakarta Selatan. Pembangunan akan dilanjutkan pada 2020.

“Jadi penataan trotoar yang kita lakukan sekarang dan ke depan, adalah bagaimana menjadikan trotoar ini sebagai akses warga Jakarta dapat menjangkau transportasi publik. Seperti MRT, LRT dan BRT,” katanya.

Ada enam skala prioritas dalam penataan trotoar pada 2020, yaitu kawasan sekitar terminal bus, kawasan sekitar stasiun kereta api seperti MRT, LRT dan KRL serta kawasan sekitar halte Transjakarta. Kemudian, kawasan komersial dan perkantoran, kawasan destinasi wisata dan kawasan pemukiman menuju transportasi umum.

DPRD DKI Jakarta sendiri telah menyetujui anggaran revitalisasi trotoar di RAPBD 2020 sekitar Rp. 1 Triliun untuk pengerjaan trotoar sepanjang 95 km tahun depan.

“Kita berharap dengan pembangunan trotoar yang nyaman, lebih banyak warga yang berjalan kaki dan menggunakan transportasi umum di kota ini,” terangnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Video

Berita pilihan