Cabut Sistem Maskapai, Mantan Karyawan IT di Inggris Dipenjara

Cabut Sistem Maskapai, Mantan Karyawan IT di Inggris Dipenjara

Mantan karyawan IT Blue Chip ditahan karena mencuri dan mencabut sistem di maskapai.

Mantan Karyawan IT di Inggris Dipenjara Usai Cabut Sistem Maskapai Penerbangan

Konten.co.id – Scott Burns mantan karyawan penyedia teknologi informasi dan komunikasi (IT) Blue Chip dijatuhi hukuman 10 bulan penjara karena mengambil komputer British Airlines Jet2.com Limited (Jet2) selama lebih dari 12 jam.

Jet2 adalah salah satu maskapai penerbangan terbesar di Inggris dan anak perusahaan Dart Group PLC, dan memiliki sejarah yang mencakup lebih dari 30 tahun.

Petugas Badan Kejahatan Nasional Inggris (NCA) menangkap pria berusia 27 tahun ini pada 8 Februari 2018. Dari tangan pelaku polisi menyita beberapa perangkat elektronik dari rumahnya termasuk komputer dan telepon.

Burns mengaku bersalah atas delapan pelanggaran di bawah Computer Misuse Act pada November 2019 dan dijatuhi hukuman kemarin di pengadilan Leeds Crown.

Dia bekerja untuk Blue Chip di akun Jet2 hingga Desember 2017. Ketika dipindah ke perusahaan lain, mantan karyawan yang tidak puas itu memutuskan untuk secara ilegal mengakses akun Jet2 dua kali selama Januari 2018 setelah meninggalkan penyedia TIK.

“Setelah mendapatkan akses ke jaringan Jet2 pada 18 Januari, Burns menghapus folder yang menyimpan semua detail akun pengguna, mencegah setidaknya 2.000 anggota staf masuk ke akun jaringan mereka dan mengakses email mereka,” kata Badan Kejahatan Nasional (NCA) Inggris. .

Menurut analisis forensik komputer yang disita dan dengan memeriksa data yang disediakan oleh tim infrastruktur Dart Group, para penyelidik NCA menemukan bahwa mantan karyawan itu menyusup ke jaringan Jet untuk kedua kalinya pada 3 Januari dapat “melakukan pelingkupan, menilai keamanan sistem mereka di persiapan untuk serangannya nanti. “

Burns juga meretas akun email CEO perusahaan beberapa kali untuk memeriksa apakah maskapai memiliki bukti yang akan memberatkannya dan apa yang sedang dibahas mengenai insiden di dalam perusahaan.

Saat masih berada di jaringan Jet2, ia juga menghapus log terperinci yang bisa mengekspos aktivitasnya di jaringan Jet2 dalam upaya untuk menutupi jejaknya.

Catatan obrolan ditemukan di acara teleponnya Burns mengatakan dia “akhirnya muak dan bosan dengan BC / Jet2” dan dia menggambarkan meninggalkan Blue Chip. Di telepon yang sama, ia mencari hukuman penjara karena intrusi jaringan di Inggris di Google.

“Intrusi jaringan bukan kejahatan tanpa korban. Tindakan Burns tidak hanya memiliki dampak keuangan potensial pada Jet2, itu menyebabkan gangguan besar pada staf dan operasi teknis mereka,” kata penyelidik NCA, Jamie Horncastle.

“Ini adalah pelanggaran serius. Bukti yang diamankan secara internal oleh Dart Group sangat bermanfaat untuk penyelidikan ini.

“Saya akan selalu mendorong para korban serangan seperti itu untuk melestarikan sebanyak mungkin bukti setelahnya – ini akan membantu penegak hukum dalam menangkap pelaku.”. (*)

Penulis : Ade Indra

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *