Alasan Lambang HIV AIDS Menggunakan Pita Merah

Alasan Lambang HIV AIDS Menggunakan Pita Merah

Jika mencermati dengan teliti, ujung pita merah tersebut juga berbentuk terbalik.

Sejarah Penggunaan Pita Merah Sebagai Simbol HIV AIDS

Konten.co.id – Setiap tanggal 1 Desember, dunia memperingati Hari Aids, tujuan dari adanya peringatan ini adalah untuk pengingat masyarakat dunia tentang bahayanya penyakit Aids.

Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu mulailah diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.

Sadar tidak atau mungkin anda bertanya-tanya alasan HIV AIDS selalu identik dengan pita berwarna merah. Sejarah dipilihnya pita merah berawal pada tahun 1991 saat sekelompok seniman yang peduli dengan penyakit berbahaya ini, kemudian mereka mencari simbol untuk mempersatukan dunia agar lebih pedulu terhadap penyebaran Aids.

Akhirnya pita merah menjadi simbol dengan terinspirasi dari pita merah yang dipakai untuk memperingati kematian Freddie Mercury karena penyakit Aids.

Pita merah dipilih karena warna merah melambangkan darah yang menjadi tempat berkembangnya virus HIV di dalam tubuh. Warna merah juga melambangkan semangat atau gairah untuk melawan penyakit mematikan ini, terutama bagi mereka yang sudah terinfeksi HIV/AIDS.

Jika kita amati lebih cermat, pita merah simbol Aids berbentuk terbalik yang menjadi simbol unvictory, hal itu melambangkan bahwa hingga saat ini belum ada kemenangan untuk melawan penyakit ini.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *