Unik, Bingkai Kacamata Ramah Lingkungan Ini Terbuat dari Ampas Kopi

Unik, Bingkai Kacamata Ramah Lingkungan Ini Terbuat dari Ampas Kopi

Kacamata dari ampas kopi bisa digunakan untuk berbagai jenis kacamata.

Tampil Keren dengan Bingkai Kacamata Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Ampas Kopi

Konten.co.id – Kacamata dibuat untuk membantu pengelihatan lebih jelas. Biasanya memiliki bingkai yang terbuat dari berbagai bahan, teman-teman.

Ada bingkai kacamata yang terbuat dari plastik, ada juga yang terbuat dari logam, misalnya besi. Nah, selain dari plastik atau besi, ternyata ada juga bingkai kacamata yang terbuat dari ampas kopi, lo.

Wah, ampas kopi yang biasanya dibuang ternyata bisa dibuat menjadi benda yang keras, seperti bingkai kacamata. Bingkai tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan asal Ukraina OCHIS

Bingkai kacamata ini bisa digunakan untuk kacamata hitam maupun untuk memperjelas penglihatan kita. Selain itu ada sensasi ketika menggunakan kacamata bingkai ampas kopi ini.

Karena terbuat dari ampas kopi, maka orang yang menggunakan kacamata ini bisa mencium aroma kopi yang baru diseduh. Unik, ya?

Maksym Havrylendo pemimpin OCHIS mengaku menciptakan bingkai kacamata berbahan dasar ampas kopi ini adalah karena setiap harinya, banyak ampas kopi yang terbuang.

“Setiap harinya, kira-kira ada sekitar 2,5 juta cangkir kopi yang dikonsumsi, sehingga ampas kopi yang dihasilkan juga melimpah,” katanya.

Selain itu, ampas kopi yang berwarna hitam juga cocok untuk dibuat menjadi bingkai kacamata hitam atau bingkai berwarna hitam yang cocok dipadukan dengan apa saja.

Sebelum berhasil membuat bingkai kacamata dari ampas kopi, Maksym melakukan percobaan menggunakan berbagai bahan. Mulai dari daun mint, parsley, sampai kapulaga.

Untuk menghasilkan bingkai kacamata yang kuat, ampas kopi dicampur dengan bahan rami dan biopolimer berbahan dasar minyak nabati. Adonan ini kemudian dicetak menjadi bentuk bata dan kemudian dipotong membentuk bingkai menggunakan komputer.

Selain menggunakan bahan dasar yang unik, ternyata bingkai kacamata berbahan dasar ampas kopi ini memiliki keunikan lain lho guys.

Maksym mengatakan kalau bingkai kacamata buatan perusahaannya bisa terurai secara alami. Bahkan bingkai kacamata ini bisa terurai 100 kali lebih cepat dibandingkan bingkai kacamata yang terbuat dari plastik, hanya 10 tahun saja.

Bingkai kacamata produksi OCHIS ini juga berubah menjadi pupuk alami untuk tanaman saat kita memasukkannya ke dalam air atau tanah. Wah, ternyata tidak hanya unik, bingkai kacamata dari ampas kopi ini juga ramah lingkungan, ya?. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *