Tren Jenis Makanan di Dunia, Mana yang Anda Pilih?

Saat ini tren berbagai jenis makanan di dunia makin banyak.

Inilah Tren Berbagai Jenis Makanan di Dunia, Mana yang Anda Pilih untuk Disantap?

Konten.co.id – Dunia kini punya banyak jenis makanan yang tren. Apa saja dan manakah yang akan anda pilih untuk disantap? Simak informasinya berikut ini :

Makanan halal

Meningkatnya permintaan untuk produk jadi halal di Timur Tengah dan negara-negara barat mendorong pertumbuhan kuat segmen industri makanan bersertifikat halal.

Secara global, produk halal berada pada pertumbuhan tahunan rata-rata yang stabil di atas 10 persen. 67 persen produk halal diproduksi di Asia. Afrika dan Timur Tengah juga merupakan pasar penting untuk produk halal.

Produk Kosher

Permintaan akan produk kosher terus meningkat. Makanan kosher adalah makanan yang sejalan dengan persyaratan tradisi Yahudi. Sebagian besar referensi jenis makanan ini merujuk pada kategori utama dari makanan yang dipanggang, berbagai macam saus dan bumbu serta makanan ringan.

Produk Non-Transgenik

Lebih dari lima persen produk baru xsng diluncurkan di seluruh dunia termasuk kategori “tidak mengandung rekayasa genetik”, dengan pertumbuhan tahunan rata-rata 14 persen sejak tahun 2014.

Dalam beberapa tahun terakhir, Amerika Utara telah menggantikan Eropa sebagai pasar utama. Di Amerika Latin juga terjadi peningkatan. Makanan ringan dan makanan bayi/balita mendominasi jenis pangan ini.

Produk Organik

Persentase produk baru yang dikaitkan dengan segmen organik meningkat dari 8,8 persen sejak tahun 2014 menjadi 10,5 persen pada tahun 2018. Di Eropa, kenaikannya masih sebesar 15,5 persen. Tahun 2018, 58 persen dari semua peluncuran makanan organik dikuasai pasar Eropa, dan 22 persen di Amerika Utara.

Produk dengan keterangan asal makanan

Banyak konsumen ingin tahu bagaimana makanan mereka diproduksi, dari mana asalnya dan bagaimana kualitas bahannya. Makanan yang diproduksi secara lokal dan regional bisa jadi pilihan.

Menurut riset Anuga, pameran industri makanan, 10 persen konsumen menginginkan buah-buahan dan sayuran, daging, ikan, dan telur mereka berasal dari sumber lokal atau diproduksi secara lokal.

Produk siap santap

Banyak konsumen juga mencari makanan cepat saji dan sehat yang lebih sesuai dengan gaya hidup sibuk mereka. Konsumen semakin mencari camilan sehat dan enak untuk dibawa saat bepergian dengan kemasan praktis.

Rasa dan citarasa autentik adalah prioritas utama untuk jenis makanan ini. Konsumen juga memperhatikan kandungan protein dan serat tinggi dalam makanan siap santap.

Makanan Superfood

Makanan super dapat diklasifikasikan sebagai makanan yang memiliki nilai gizi yang sangat bermanfaat. Ini adalah makanan kaya nutrisi yang memiliki nilai tambah khusus untuk kesehatan.

Jumlah makanan yang baru yang dipasarkan sebagai makanan super memiliki pertumbuhan tahunan rata-rata 12 persen. Jenisnya masih didominasi biji-bijian, misalnya biji labu, bunga matahari, dan quinoa.

Pangan berkeadilan

Sebagian konsumen peduli pada nasib petani. Karena itu, mereka memilih pangan berkeadilan (fair trade). Meskipun di pasaran jumlahnya masih kurang dari satu persen dari semua makanan baru yang mendapat sertifikasi FairTrade, pertumbuhan tahunannya cukup stabil, yakni sebesar 6 persen. Permen dan minuman panas adalah dua kategori utama sertifikasi Fairtrade.

Nah anda bisa pilih makanan mana yang akan anda pilih untuk disantap. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan