Telan 400 Orang Tewas, PM Irak Akan Mengundurkan Diri

Telan 400 Orang Tewas, PM Irak Akan Mengundurkan Diri

Aksi masa tak henti-hentinya terjadi di Baghdad dan daerah lain di Irak sejak Oktober lalu, demo tersebut terjadi karena minimnya lapangan pekerjaan dan melebar pada masalah korupsi yang merajarela.

Bentrokan di Irak Telan 400 Korban, PM Irak Akan Mengundurkan Diri

Konten.co.id – Perdana Menteri Irak Adel Abdul-Mahdi mengatakan ia akan mengajukan pengunduran dirinya ke parlemen, sehari setelah lebih dari 40 orang tewas oleh pasukan keamanan, Jumat (29/11).

Sebelumnya juga ulama Syiah Irak menyerukan agar anggota parlemen untuk menarik dukungannya kepada Abdul-Mahdi.

“Saya akan mengajukan memorandum resmi pengunduran diri dari perdana menteri saat ini sehingga parlemen dapat meninjau kembali pilihannya,” kata Abdul Mahdi, dilansir dari Times of Israel.

Abdul-Mahdi diangkat sebagai perdana menteri lebih dari setahun yang lalu sebagai kandidat konsensus antara blok politik.

Dalam khotbah jumatnya di kota Najaf, Al-Sistani mengatakan, parlemen yang memilih pemerintah Abdul-Mahdi harus “mempertimbangkan kembali pilihannya”.

Pada hari itu, tiga pengunjuk rasa tewas dan delapan lainnya luka-luka oleh pasukan keamanan Irak yang menggunakan peluru langsung di kota selatan Nasiriyah.

Dalam bentrokan itu setidaknya ada 400 pengunjuk rasa telah tewas sejak 1 Oktober, ketika ribuan warga Irak turun ke jalan-jalan di Baghdad dan wilayan lainnya di provinsi-provinsi selatan untuk mengecam korupsi, layanan kemasyarakatan yang buruk, dan kurangnya lapangan kerja. (*)

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan