Tak Cuma Indonesia, Malaysia Alami Insiden Salah Bendera

Tak Cuma Indonesia, Malaysia Alami Insiden Salah Bendera

Malaysia dan Indonesia mengalami insiden salah bendera.

Bukan Cuma Indonesia, Bendera Malaysia Terbalik di Kejuaraan Basket Junior

Konten.co.id – Malaysia dan Indonesia dikenal sebagai negara yang kurang akur. Tapi Baru-baru ini keduanya kompak disakiti dengan kesalahan salah bendera.

Indonesia mengalami insiden saat pertandingan Bola Pantai melawan Filipina pada ajang Sea Games 2019 di Filipina, Senin (25/11/2019).

Panitia SEA Games 2019 melakukan kesalahan dengan menggunakan Bendera Thailand yang mana seharusnya adalah Bendera Indonesia.

Hal senada terjadi di Malaysia. Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq, marah besar saat ada insiden salah bendera di ajang kejuaraan bola basket junior Malaysia.

Saat itu gambar yang ditampilkan adalah bulan bintang. Yang seharusnya bulan matahari.

Lewat twitter, Syed Saddiq, berniat akan melaporkan insiden kesalahan bendera tersebut ke Polisi Malaysia.

“Saya tidak terima alasan “kesalahan bendera”. Anak kecil berumur 5 tahun pun tahu seperti apa bendera MALAYSIA. Saya sudah arahkan pejabat PJS siasat & ambil tindakan dengan segera. Kita marah jika orang asing meremehkan bendera Malaysia. Kita bagaimana?” tulis Syed Saddiq.

Menanggapi hal itu, persatuan bola basket Malaysia (MABA) meminta maaf dan siap bertanggung jawab atas kesalahan tersebut.

Kasus tersebut bermula saat para peserta menyanyikan lagu kebangsaan Malaysia.

Kemudian panitia menampilkan bendera Malaysia di layar tv, namun terjadi kesalahan dalam gambar bintangnya.

“Persatuan Bola Basket Malaysia (MABA) memohon maaf dan bertanggung jawab berhubung dengan kesalahan memasang bendera Malaysia dengan lima bintang dalam pembukaan Kejuaraan Bola Basket ke-28 semalam.”

“Bendera Malaysia bintang lima ditampilkan melalui klip video dengan kompilasi logo Westport dari lagu Negaraku,” tulis media Malaysia, Sinar Harian.

Sementara itu, Westports Holdings Berhad (Westport) masih menunggu penjelasan dari MABA dan kontraktor yang terlibat dalam video klib bendera Malaysia dengan lima bintang.

Diketahui, Wesport adalah penyelenggara resmi Kejuaraan Bola Basket Junior ke 28 yang berlangsung pada 25 November 2019 (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *