Soal Sampah Luar Negeri, Jokowi Tegas Menolak

Soal Sampah Luar Negeri, Jokowi Tegas Menolak

Presiden Jokowi menolak kiriman sampah berbahaya dan beracun dari luar negeri, ia pun kembali mendeportasi sampah-sampah tersebut ke negara asal.

Jokowi Menolak Keras Kiriman Sampah Dari Luar Negeri

Konten.co.id – Merespon adanya limbah bahan berbahaya yang masuk ke berbagai negara Asean, presiden Joko Widodo dengan keras menolak kiriman limbah tersebut.

Berdasarkan data yang didapat dari Direktorat Jendral Beacukai Kementrian Keuangan, Indonesia telah menerima kiriman 2.194 kontainer sampai dari luar negeri.

“Kita tidak ingin kawasan Asia Tenggara menjadi tempat pembuangan limbah bahan berbahaya dan beracun,” kata Jokowi ketika berbicara di  forum KTT ke-14 Asia Timur di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Senin (4/11).

Menurut Jokowi pengiriman sampah tersebut melanggar aturan International, pemerintah RI pun telah menjalin komunikasi dengan para duta besar dan telah memulangkan kontainer-kontainer sampah tersebut ke pelabuhan asal pengiriman.

“Indonesia mengharapkan kerja sama dengan negara di dunia, termasuk negara di kawasan Asia Timur, untuk pencegahan pengiriman ilegal limbah B3 sesuai dengan kesepakatan internasional,” tegas Jokowi.

Dalam forum tersebut Jokowi juga menyinggung soal tantangan Asia Timur dalam menghadapi sampah laut, yang diketahui saat ini sangat merusak ekosistem lingkungan.

Menurutnya jika tak segera diatasi, kondisi laut di kawasan Indo-Pasifik akan rusak.

Karenanya Jokowi mendorong semua negara di Asia Timur agar serius dan berani mengambil langkah dalam menangani sampah plastik di laut.(*)

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *