Selain Hari TV Sedunia, Inilah Rentetan Sejarah Di Tanggal 21 November

Selain Hari TV Sedunia, Inilah Rentetan Sejarah Di Tanggal 21 November

“Sejarah sebenarnya tak mampu menyusun peta waktu, sebagaimana geografi tak bisa menyusun peta bumi dan penghuni.” ― Goenawan Mohamad, Catatan Pinggir 7.

Rentetan Sejarah dan Peristiwa Yang Terjadi Di Tanggal 21 November

Konten.co.id – Setiap menginjak tanggal 21 November, dunia memperingati hari Televisi Sedunia. Hal tersebut sesuai keputusan Majelis Umum PBB pada bulan Maret 1998. Meskipun dalam proses pengambilan keputusan tersebut terdapat 11 abstein, salah satunya Jerman.

Melansir dari laman wikipedia, delegasi Jerman berkata bahwa telah ada hari peringatan yang sejenis, seperti Hari Pers Sedunia, Hari Telekomunikasi Sedunia, dan Hari Pengembangan Informasi Sedunia. Televisi hanya satu cara dalam mengakses informasi di mana saat ini sulit diakses di sebagian besar populasi dunia.

Bagi mereka yang tidak memiliki akses televisi akan menganggap bahwa Hari Televisi Sedunia adalah hari milik orang kaya.

Selain sebagai hari TV Sedunia, tanggal 21 juga menyimpan banyak peristiwa sejarah yang sangat penting, berikut peristiwa 21 November dalam sejarah.

Thomas Edison dan Fonografinya

Hari ini 142 tahun yang lalu, tepatnya pada 21 November 1877, seorang ilmuwan asal Ohio, Amerika Serikat (AS), Thomas Alva Edison, mengungkapkan penemuan fonograf. Alat ini menjadi salah satu alat yang mampu menghadirkan musik dalam platform perangkat. Alat ini merupakan sebuah mesin yang bisa merekam dan memutar ulang suara hasil rekaman sebelumnya.

HMHS Britannic

Britannic merupakan ‘saudari’ kapal terkenal Titanic.Pada tahun 1916, HMHS Britannic, awalnya dibangun sebagai kapal penumpang dan kemudian ditekan menjadi layanan sebagai kapal rumah sakit selama Perang Dunia I, ditenggelamkan oleh sebuah tambang angkatan laut. Tiga puluh orang meninggal dan 1.035 selamat.

Nazi Menduduki Cekoslowakia Barat

Pada tahun 1938, pasukan Nazi menduduki Cekoslowakia barat dan mendeklarasikan warganya warga negara Jerman.

Jonathan Jay Pollard Dipenjara

Pada tahun 1985, Jonathan Jay Pollard, seorang analis intelijen Angkatan Laut AS dan Yahudi Amerika, ditangkap dengan tuduhan secara ilegal lewat informasi rahasia keamanan AS tentang negara-negara Arab ke Israel. ia dijatuhi hukuman seumur hidup di penjara, dibebaskan pada 20 November 2016.

Genjatan Senjata Palestina Israel Setelah 8 Hari Bertempur

Pada 2012, gencatan senjata diumumkan setelah delapan hari pertempuran yang menurut para pejabat menewaskan sekitar 130 warga Palestina dan enam warga Israel. Ratusan orang terluka dalam pertempuran tersebut. Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak menuduh Hamas yang bertanggung jawab untuk menjaga gencatan senjata.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan