Segudang Manfaat dari si Mungil Jeruk Nipis

Segudang Manfaat dari si Mungil Jeruk Nipis

Jeruk Nipis mengandung banyak zat bermanfaat bagi tubuh, zat tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

Konten.co.id – Banyak sekali manfaat dari buah mungil berwana hijau ini, disamping sering kita jumpai di dapur untuk bumbu masak, ternyata jeruk nipis mempunyai khasiat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Apa saja manfaatnya? Ayo kita bahas :

Menyembuhkan Batuk

Si hijau ini mempunyai kandungan zat herbal yang alami, zat tersebut bisa menyembuhkan batuk. Caranya hanya memeras kandungan airnya dan campur dengan gula batu, aduk hingga merasa dan minumlah setiap hari.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis adalah Kalium dan Magnesium. Kandungan kalium mampu melancarkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah. Caranya minumlah air perasan jeruk nipis setiap hari.

Menyembuhkan Amandel

Amandel juga mampu teratasi oleh jeruk nipis, caranya rebuh 3 buah jeruk nipis dengan dua gelas air, tunggulah hingga rebusan air tersisa ¼, saring air rebusan tersebut untuk berkumur. Lakukanlan dengan rutin.

Meningkatkan Imunitas

Vitamin C banyak terkandung dalam jeruk nipis, dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis setiap hari, mampuu menjaga kebugaran tubuh dan terhindar dari virus dan radikal bebas.

Melancarkan Pencernaan

Enzim-enzim pencernaan dalam sistem pencernaan dapak dirangsang oleh kandungan Flavonoid yang ada pada jeruk nipis. Sipat asam dalam jeruk nipis juga mampu menyembuhkan simbelit, karena merangsang usus. BAB pun menjadi lancar dan teratur.

Menghilangkan Jerawat dan Plek Hitam

Jeruk nipis mengandung antiobiotik yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri di kulit wajah, flek akan hilang dan jerawat pun berkurang. Caranya buatlah masker jeruk nipis yang dicampurkan madu. Lakukan secara rutin saat hendak tidur.

Mencegah Ketombe dan Rambut Rontok

Vitamin C yang terkandung pada jeruk nipis ternyata mampu mencegah datangnya ketombe dan memperkuat akar rambut. Caranya potong jeruk nipis dan oleskan pada kulit kepala, lakukan hal tersebut 3 kali dalam seminggu.

Meremajakan Kulit

Jeruk nipis sangat berguna untuk kecantikan kulit, bisa juga digunakan untuk meremajakan kulit, sehingga membuat kita terlihat lebih awet muda. Konsumsilah jeruk nipis untuk membantu tumbuhnya kolagen dalam tubuh.

Mencerahkan Kulit Wajah

Jadikan perasan jeruk nipis pada wajah secara rutin, kandungannya mampu mencerahkan kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati.

Demikianlah manfaat dari si mungil jeruk nipis, selain manfaat diatas masih banyak lagi manfaat yang didapat pada jeruk nipis. Tapi sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita magh kronis karena terdapat kandungan asam sitrat.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *