Sedot 5 Juta Karbondioksida, Gamer Amerika Picu Pemanasan Global

Sedot 5 Juta Karbondioksida, Gamer Amerika Picu Pemanasan Global

Green gaming picu pemanasan global di Amerika semakin besar.

Sedot 5 Juta Karbondioksida, Ini Kata Peneliti Tentang Green Gaming di Amerika

Konten.co.id – Sebuah studi meneliti penggunaan energi dari perangkat game di seluruh wilayah, dan itu adalah berita buruk bagi siapa pun yang berharap untuk menghindari pemanasan global dengan bermain video game.

“Menuju Permainan yang Lebih Hijau: Memperkirakan Penggunaan Energi Nasional dan Potensi Efisien Energi,” yang diterbitkan dalam The Computer Gamers Journal.

Penelitian ini menemukan bahwa gamer A.S. mengkonsumsi energi 34 terawatt-jam setiap tahun. Itu menunjukkan 2,4% dari semua listrik rumah, dengan emisi karbon sama dengan lebih dari 5 juta mobil, mengurangi hingga $ 5 miliar.

Gaming tersebut menyedot lebih banyak daya daripada semua freezer negara. Green gaming melaporkan gamer pemanasan global menggunakan energi perubahan iklim

Penelitian ini memiliki banyak kesalahan. Pada tahun 2016, tahun yang digunakan sebagai dasar untuk sebagian besar temuan penelitian, konsol bertanggung jawab atas 66% dari konsumsi energi game.

Desktop PC digunakan 31%, laptop PC hanya menggunakan 3%, dan sisanya dikonsumsi oleh perangkat streaming media (seperti Apple TV atau Nvidia Shield).

Namun, gamer PC tidak keluar dari pengaruh game. Sementara mereka berkontribusi lebih sedikit untuk konsumsi daya secara keseluruhan, PC cenderung kurang efisien daripada konsol dan mewakili konsumsi per rumah tangga tertinggi dalam contoh ekstrem.

Studi ini menggambarkan skenario terburuk dari sebuah rumah dengan dua PC gaming kelas atas, overclock, menggunakan beberapa tampilan 4K. Itu akan memakan hingga 2.560 kilowatt-jam per tahun.

Seringkali, inefisiensi gaming PC dapat disalahkan pada keputusan yang buruk. Studi ini “menemukan pasokan daya yang sangat besar di hampir semua” desktop PC yang diuji.

Itu mengurangi efisiensi karena sebagian besar pasokan listrik memberikan efisiensi yang buruk ketika hanya mengkonsumsi sebagian kecil dari output maksimum mereka.

Yang mengejutkan, kenyataan virtual keluar dari penelitian tanpa cedera. Sementara virtual reality dapat meningkatkan daya menarik karena resolusi tampilan yang lebih tinggi, penggunaan teknik seperti rendering yang dikompensasi dapat mengimbangi.

Hasil realitas virtual terburuk ketika headset VR digunakan di samping layar eksternal. Energi gaming diproyeksikan mencapai 33,6 terawatt-jam pada tahun 2021.

Peningkatan efisiensi energi harus mengimbangi perangkat keras dan basis pengguna yang berkembang.

Namun, penelitian ini mencatat bahwa “skenario alternatif” bisa serendah 29,4 terawatt-jam, atau setinggi 76,9 terawatt-jam. Tergantung pada “evolusi metode permainan dan jenis sistem.”

Ada lebih banyak penelitian daripada laporan tentang konsumsi daya game. Itu juga membuat rekomendasi bagaimana efisiensi keseluruhan game dapat ditingkatkan.

Diagnosis dalam gim dapat digunakan untuk memberi gamer rasa penggunaan energi yang lebih baik. Sementara framerate dan angka kerangka waktu diawasi dengan ketat, gim tidak banyak memberi tahu gamer seberapa besar daya yang mereka gunakan.

Penelitian lebih lanjut merekomendasikan bahwa “pengembang dapat mempertimbangkan‘ gamifikasi ’informasi ini.”

Strategi kebijakan juga direkomendasikan. Saat ini tidak ada kampanye edukasi konsumen yang disponsori pemerintah yang diarahkan pada penggunaan energi perangkat keras game.

Konsol, game PC, dan perangkat keras game lainnya tidak diperlukan untuk memberikan informasi penggunaan energi apa pun selain dari yang biasanya diperlukan untuk perangkat elektronik apa pun.

Ada beberapa rekomendasi langsung yang bisa diambil oleh gamer. Tampilan 4K indah, tetapi jika Anda ingin permainan yang lebih ramah, lewati saja.

Ini berlaku untuk televisi dan monitor. Monitor tambahan juga menambah daya secara signifikan. Overclocking harus dihindari, sementara undervolting dapat meningkatkan efisiensi.

Akhirnya, gamer PC harus mempertimbangkan untuk menggunakan V-Sync dan caps framerate dalam game. Pengaturan tersebut dapat mengurangi penggunaan energi hingga 39%. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *