Resmi 6 Tokoh Bangsa Diberi Gelar Pahlawan Nasional

Resmi 6 Tokoh Bangsa Diberi Gelar Pahlawan Nasional

Berdasarkan keputusan presiden Nomor 120/TK/ Tahun 2019, terdapat enam tokonh bangsa yang resmi mendapatkan gelar pahlawan nasional.

Dari 20 Nama Yang Diajukan, 6 Nama Yang Terpilih Mendapatkan Gelar Pahlawan

Konten.co.id – Tahu kah kamu? Setiap tahun Presiden memberikan gelar Pahlawan Nasional. Apa dan siapa saja yang berhak menerima gelar Pahlawan Nasional?

Apa Itu Pahlawan Nasional?

Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara.

Apa Kriteria Pahlawan Nasional?

Dia adalah warga negara Indonesia yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi atau karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Pada 8 November 2019, Presiden Joko Widodo memberikan anugerah gelar Pahlawan Nasional kepada 6 tokoh di Istana Merdeka.

Berikut nama dan profil tokoh-tokoh bangsa yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional :

Pertama, Ruhana Kuddus. Seorang tokoh emansipasi perempuan yang aktif dalam pergerakan nasional. Ia berjuang melalui pemikiran dan aksinya memberdayakan perempuan lewat kegiatan sosial budaya.

Kedua, Sultan Himayatuddin. Sultan Buton yang gigih melawan penjajahan Belanda di pertengahan abad 18 dengan memimpin perlawanan gerilya di gunung Siontapina. Ia bertekat kuat menentang segala kebijakan Belanda yang merugikan rakyat Buton.

Ketiga, Prof. DR. M Sardjito. Seorang akademisi yang mendirikan banyak perguruan di Indonesia yang hingga saat ini masih menjadi sarana bagi generasi menuntut ilmu.

Keempat, K.H. Abdul Kahar Mudzakkir. perjuangan mempertahankan kemerdekaan maupun pada era kemerdekaan. Pengakuan Mesir terhadap kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu bukti keberhasilan diplomasinya.

Kelima, Alexander Andries Maramis. Duta Besar Indonesia di Uni Soviet dan juga mantan Menteri Keuangan tahun 1945 ini berkontribusi dalam upaya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia bahkan juga setelah Indonesia merdeka.

Keenam, K.H. Masjkur. adalah pelaku sejarah Indonesia dari jaman Jepang sampai Orde Baru. Ia beran penting sejak persiapan kemerdekaan hingga mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Nah itu tadi nama-nama tokoh yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional tahun ini. Di Hari Pahlawan2019 ini semoga menjadi momentum untuk belajar dari perjuangan para pahlawan terdahulu untuk terus semangat berinovasi menjadi pahlawan masa kini yang membanggakan negeri.

Sumber Profile : Kementrian Sosial Republik Indonesia
Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *