Putin Akan Buat Tandingan Wikipedia

Putin Akan Buat Tandingan  Wikipedia

Presiden Putin telah menyetujui untuk sepenuhnya mendukung membuat tandingan Wikipedia. Nantinya Ensiklopedia buatan Rusia dinilai akan jauh lebih baik daripada Wiki.

Wikipedia Di Rusia Akan Digantikan Ensiklopedia Baru Buatan Pemerintah

Konten.co.id – “Lebih baik menggantinya dengan ensiklopedia Rusia baru dan besar dalam bentuk elektronik, ini akan menjadi informasi yang andal dalam bentuk yang modern dan bagus,” ungkap Vladimir Putin dilansir dari kantor berita Rusia, RIA Novosti.

Ucapan tersebut dikatakan saat Presiden Putin di pertemuan Dewan Bahasa Rusia pada Selasa (05/11).

Kementerian Pembangunan Digital, Telekomunikasi dan Media Massa Rusia telah mengajukan rancangan undang-undang (RUU) untuk membuat ensiklopedia Rusia online, September lalu.

Juga telah mengusulkan pengalokasian dana sebesar 1,7 miliar rubel (Rp 373 miliar) dari anggaran 2020-2021 untuk preqoyek tersebut.

Komentar Putin tersebut muncul sepekan setelah Rusia mengesahkan “Undang-Undang tentang Internet Berdaulat” yang memberikan keleluasaan pihak berwenang untuk memutuskan pengguna internet di negara itu.

Namun UU tersebut dikritik oleh LSM Reporter Tanpa Batas (RSF), karena dinilai melanggar hak asasi manusia yaitu kebebasan berekspresi dan kebebasan pers.

“Undang-undang ini menciptakan kondisi bagi otoritas Rusia untuk mengisolasi Rusia dari beberapa bagian Internet. Di masa depan, pihak berwenang berpotensi menutup akses penyedia internet tertentu di seluruh Rusia, menutup akses bagi lalu lintas internet internasional atau bahkan lalu lintas data di dalam Rusia sendiri,” ujar RSF.

“Dengan cara ini, pemerintah berharap akan dapat memblokir konten dan platform terlarang dengan lebih efektif daripada sebelumnya,” tambah RSF.

Versi RSF saat ini Rusia berada di urutan 149 dari 180 negara dalan Indeks Kebebasan Pers.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan