Presiden Bolivia Evo Morales Mengundurkan Diri

Presiden Bolivia Evo Morales Mengundurkan Diri

Presiden Bolivia Evo Morales mengundurkan diri dari jabatannya, hal tersebut dipicu oleh banyaknya gelombang protes yang diduga berasal dari kecurangan pemilu.

Redam Banyak Protes, Presiden Bolivia Mengundurkan Diri

Konten.co.id – Setelah didesak oleh Militer Bolivia untuk mundur, Presiden Bolivia Evo Morales resmi mengundurkan diri. Pernyataan pengunduran diri tersebut ditayangkan di sebuah stasiun televisi, Minggu (10/11).

Evo mengundurkan diri setalah berminggu-minggu massa protes terhadap kejanggalan pemilu bulan Oktober 2019.

Dikutip dari rt.com, Senin, 11 November 2019, Evo mengatakan dia memutuskan meninggalkan jabatan sebagai Presiden Bolivia dengan harapan bisa menghentikan kekerasan terhadap aparat negara dan masyarakat etnis Bolivia.

“Saya berharap para demonstran berhenti membakar rumah-rumah penduduk, menculik dan menganiaya keluarga para ketua penduduk asli. Ini sudah menjadi kewajiban saya sebagai presiden bagi penduduk asli Bolivia dan presiden bagi seluruh rakyat Bolivia untuk membuat pakta seperti ini. Saya harap kubu oposisi mau mengerti pesan saya ini,” kata Morales.

Sebelumnya ia menyerukan untuk melakukan pemilu ulang untuk meredam tingginya tekanan pada pemilu yang dilaksanakan 20 Oktober 2019.

Namun beberapa jam setelahnya, kepala militer Jenderal Williams Kaliman mengatakan mengadakan pemilu baru saja tidak cukup.

“Setelah menganalisis situasi konflik internal, kami meminta presiden untuk mengundurkan diri, memungkinkan perdamaian dipulihkan dan stabilitas dipertahankan demi kebaikan Bolivia,” kata Kaliman.

Penulis : Sidqi AL Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan