Musim Hujan, Pastikan Rumah Anti Bocor dengan 5 Cara Ini

Musim Hujan, Pastikan Rumah Anti Bocor dengan 5 Cara Ini

Jaga atap rumah dari bocor dengan lima cara.

Jangan Takut Atap Rumah Bocor di Musim Hujan Dengan 5 Cara Ini

Konten.co.id – Musim hujan tiba. Sebelum memasukinya, ada sejumlah persiapan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga atap agar tidak bocor.

Anda bisa lihat dibawah ini :

1. Perbaiki Atap yang Rusak

Tips pertama, silahkan periksa kondisi atap rumahmu dan pastikan tidak mengalami kerusakan ataupun pelapukan akibat usia yang dapat menyebabkan bocor.

Idealnya, kondisi genteng di atap rumahmu berada dalam kondisi yang prima dan kokoh serta merekat secara kuat pada rangka agar tak mudah lepas akibat angin kencang.

Pastikan kondisi atap rumah diperiksa secara rutin. Atap yang sudah mengalami kerusakan dapat mengakibatkan rembes dan bocor sehingga mengganggu kamu yang sedang beristirahat.

2.Periksa Kondisi Plafon Rumah

Selain atap, plafon rumah yang sudah mengalami pelapukan, lembap dan rusak juga bisa mengakibatkan rembes dan mengganggu kualitas udara yang tersebar di dalam ruangan.

Maka dari itu, segera periksa kondisi plafon di rumahmu agar tidak mengalami rembes saat hujan deras dengan mengganti atau memperbaiki bagian yang telah rusak.

3. Periksa Kemiringan Atap

Selain rangka kayu yang kuat dan tidak rapuh, kemiringan atap pun harus diperhatikan agar dapat menangkal air hujan secara optimal meskipun tertiup angin kencang serta meminimalis terjadinya rembes dan bocor.

Usahakan agar kemiringan atap tidak terlalu landai sekitar 25 hingga kurang dari 40 derajat. Jika lebih dari itu, genteng berpotensi merosot sehingga rembes. Kamu harus menempelkannya secara permanen menggunakan paku agar tidak mudah jatuh.

4. Pasang Talang Atap Secara Optimal

Untuk meminimalisir bocor, pilih ukuran dan bentuk talang air pada pinggir atap yang sesuai dengan debit air. Selain itu, minimalisir sambungan talang atap karena berpotensi meningkatkan rembes dan bocor, serta lakukan pembersihan talang atap secara rutin karena tumpukan sampah bisa menghambat saluran air.

5. Gunakan Pelapis Anti Bocor

Ada berbagai variasi pelapis anti bocor yang tersedia di pasaran, namun yang paling umum merupakan cat pelapis anti bocor. Ia merupakan pertolongan instan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rembes.

Agar menjamin tidak terjadinya rembes, pastikan kamu memilih cat pelapis anti bocor dengan kualitas terbaik serta pilih produk yang sesuai dengan jenis atap rumahmu sehingga bisa diaplikasikan secara optimal.

6. Pangkas Ranting Pohon di Taman Rumah

Sebelum musim hujan tiba, pastikan kamu memangkas ranting pohon yang rawan patah dan terlalu panjang. Jangan sampai ranting pohon terjatuh akibat angin kencang dan mengakibatkan atap rusak sehingga mengalami rembes dan bocor.

7. Perhatikan Pemasangan Kusen Pintu dan Jendela

Selain atap, pemasangan kusen pada pintu dan jendela rumah pun harus kamu perhatikan karena bisa menyebabkan bocor dan rembes melalui sela-sela pintu dan jendela saat hujan deras.

Maka dari itu, pilihlah kusen untuk jendela dan pintu dengan ukuran yang tepat untuk menghindari rembes.

8. Perhatikan Sirkulasi Udara di Rumah

Sistem ventilasi udara yang kurang baik menyebabkan atap lebih cepat mengalami keropos dan rembes. Jika sirkulasi udara di rumahmu kurang optimal, kamu bisa menambahkan sebuah jendela pada sisi atap atau pada bagian bawah genting supaya kerangka atap tetap kering.

Dengan pembuatan ventilasi yang optimal, sirkulasi udara tetap lancar dan atap tidak terancam rembes.

Kedelapan tips di atas bisa kamu lakukan untuk menghindari terjadinya rembes dan bocor saat hujan tiba. Yuk dicoba guys,!. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *