Manfaat Rutin Berjalan Kaki Setiap Hari

Manfaat Rutin Berjalan Kaki Setiap Hari

Jalan kaki 30 menit selama sehari dapat menjauhkan kita dari dokter, begitulah pepatah mengatakannya.

Rasakan Manfaat Berjalan Kaki Setiap Hari

Konten.co.id – Aktifitas fisik yang satu ini memang banyak memberikan manfaat bagi tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga membantu menurunkan stress.
Penulis buku The Doctor on Demand Diet, dokter Melina B. Jampolis mengatakan berjalan kaki selama 30 meni setiap hari yang dilakukan secara rutin merupakan salah satu hal terbaik dan mudah yang bisa dilakukan setiap hari.

“Berjalan adalah olahraga nomor satu yang saya sarankan untuk sebagian besar pasien saya karena itu paling mudah untuk dilakukan. Tidak memerlukan apapun kecuali sepasang sepatu tenis,” katanya.

Simak berikut manfaat bagi tubuh jika rutin diajak berjalan kaki 30 menit sehari :

Panjang Umur

Dengan berjalan kaki keluar ruangan menimbulkan dampak positif, karena kita akan bertemu dengan banyak orang dan berkomunikas. Hingga timbul ikatan emosional yang baik bagi tubuh dan sangat penting bagi berlalunya usia.

Tidur Nyenyak di Malam Hari

Jika kita berolahraga secara teratur, kualitas tidur akan sangat baik di malam hari. Tidur secara alami dapat meningkatkan hormon tidur atau yang biasa disebut dengan melatonim.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Disamping asupan nutrisi yang sehat untuk kekebalan tubuh, berolahraga setiap hari juga berperan penting dalam meningkatnya imun.

Studi terbaru juga menunjukkan bahwa berjalan dapat membantu pasien dengan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) mengurangi keparahan penyakit dan risiko kematian.

Melindungi Sendi

Berjalan kaki membantu sendi dan otot bekerja dengan baik, dan meningkatkan aliran darah yang mampu memperkuat sendi dan otot. Berjalan kaki dengan rutin akan mencegah kecacatan pada sendi.

Tujuan Hidup Akan Lebih Disiplin

Dengan berjalan kaki di pagi hari, tubuh akan merespon hal-hal positif dan hal itu mempengaruhi pada mental dan psikis dalam menjalani hidup. Terutama soal disiplin waktu.

Menjaga Kaki Lebih Kuat

Seiring menuanya usia, resiko varises akan meningkat hal tersebut bisa dicegah dengan rutin berjalan kaki.

Mengurangi Resiko Penyakit Kronis

Berjalan kaki mengurangi resiko diabetes, hal ini mengacu pada studi di tahun 2002 di The New England Journal of Medicine yang menemukan bahwa orang yang berjalan kaki 30 menit selama 5 hari atau lebih dalam seminggu, memiliki resiko penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak berjalan kaki dengan teratur.

Membakar Kalori

Satu hal ini adalah kabar gembira bagi siapa saja yang mempunyai kelebihan berat badan, dengan berjalan kaki secara teratur mampu membakar kalori dan melancarkan metabolisme tubuh dan meningkatkan respon tubuh dalam mengeluarkan insuline yang dapat membantu mengurangi lemak.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *