Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan Tubuh

Gingseng dipercaya sebagai salah satu tanaman herbal yang terkenal sebagai penambah energi. Bahkan berbagai minuman penambah energi sering menggunakan ginseng sebagai bahan utamanya.

Ginseng dan Ragam Manfaatnya Bagi Tubuh

Konten.co.id – Siapa yang tak mengenal gingseng, ia adalah tanaman herba yang terkenal dalam pengobatan tradisional.

Peredaran ginseng banyak ditemukan di Amerika Utara dan Asia Timur seperti Korea. Ada dua jenis ginseng yang biasa digunakan, yaitu ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Korea atau Asia (Panax ginseng).

Tanaman ini dipercaya banyak memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit karena ditubuhnya terdapat sebuab senyawa yang bernama ginsenosides, senyawa itulah yang banyak berperan penting khasiatnya.

Gingseng Amerika misalnya, ia diklaim banyak menyembuhkan berbagai penyakit seperti, mengatasi stress, filek dan flu, menambah nafsu makan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, diabetes, anemia, insomnia, difungsi ereksi, kanker, nyeri sendi, pusing, HIV/Aid dan gejala hilang ingatan.

Namun berdasarkan penelitian, gingseng hanya ada dua kondisi yang merespon cepat terhadap penyembuhan dengan gingseng yaitu diabetes dan flu juga filek atau infeksi saluran pernafasan.

Diabetes

Mengonsumsi 3 gram ginseng Amerika setidaknya dua jam sebelum makan diduga efektif mengurangi kadar gula darah setelah makan pada penderita diabetes tipe 2. Penelitian juga menunjukkan ginseng Amerika punya peran dalam menurunkan kadar gula darah puasa.

Infeksi saluran pernapasan

Mengonsumsi ekstrak ginseng Amerika dengan dosis 200-400 mg selama 3–6 bulan, bisa mencegah flu dan pilek pada orang dewasa usia 18 hingga 65 tahun.

Sementara Ginseng Korea memiliki manfaat yang lebih banyak daripada Ginseng Amerika.

Berikut kondisi medis yang bisa diatasi oleh Ginseng Korea :

Flu

Mengkonsumsi ginseng ditambah dengan vaksin, bisa mengurangi resiko terjangkit flu.

Penyakit Paru-paru

Cobalah konnsumsi 100 mg hingga 6 gram ginseng Korea tiga kali sehari, selama 3 bulan. Penelitian menunjukkan zat aktif pada ginseng Korea dapat meningkatkan efek antioksidan pada paru-paru khasiatnya dapat memperbaiki gejala PPOK.

Alzheimer

Kinerja mental pada penderita Alzheimer dapat diperbaiki dengan konsumsi 4,5-9 gram ekstrak ginseng Korea tiap hari selama tiga bulan.

Fungsi Mental

Usia anda separuh baya? Anda boleh mencoba mengonsumsi 200-400 mg ginseng Korea sehari, selama 12 minggu.

Penelitian membuktikan, ginseng bisa meningkatkan fungsi mental, seperti meningkatkan daya pikir dan kemampuan berpikir abstrak.

Menopause

Menurut penelitian, bahwa wanita menopause yang mengonsumsi ekstrak ginseng Korea menunjukkan kepuasan seksual yang lebih baik dan lebih sedikit mengeluhkan depresi atau gangguan perasaan.

Difungsi Ereksi

Bagi pria yang mempunyai masalah ini. Anda bisa mencoba mengonsumsi 900 mg atau 1.400-2.700 mg ginseng Korea tiga kali sehari selama 12 minggu

Meskipung ginseng banyak khasiatnya, sebaiknya ginseng dihindari jika :

Memiliki kondisi yang sensitif pada hormon
Sedang hamil dan menyusui
Seorang yang akan menjalani oprasi

Dan selalu ingat jangan dikonsumsi berlebihan.

Penulis : ALG

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *