Lima Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil

Lima Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil

Kegiatan yang satu ini banyak tidak diketahui manfaatnya bagi ibu dan bayi yang dikangdungnya, renang merupakan olahraga yang sangat baik bagi mereka.

Siapa Sangka Bahwa Renang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Ibu Hamil

Konten.co.id – Saat hamil, banyak Ibu yang enggan melakukan olahraga, alasannya karena takut janin yang dikandungnya bermasalah maupun terguncang.

Padahal melakukan olahraga khususnya renang saat hamil mampu memberikan manfaat seperti halnya sedang melakukan senam hamil.

Berbeda dengan rasa takut melukai janin yang sering ibu hamil rasakan, olahraga berenang justru adalah olahraga yang ideal saat masa kandungan.

Karena selain dari risiko cedera yang sangat ringan, berenang juga tidak berisiko untuk bisa jatuh dan melukai janin dalam perut.

Mari kita bahas beberapa manfaat yang bisa ibu hamil rasakan jika melakukan kegiatan renang :

1.Melemaskan Ketegangan Punggung.

Tulang belakang dan bahu akan bergerak maju dan memiringkan panggul keluar dari posisi idealnya seiring perut yang kian membesar. Hal ini dapat meningkatkan beban pada punggung. Namun berkat rutin latihan berenang, beban ini dapat berkurang karena otot-otot yang menjadi lebih kuat salah satunya disebabkan oleh aktifitas berenang yang melibatkan otot dalam kelompok besar.

2. Membantu Ibu Hamil Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Berat badan saat sedang hamil memang cepat mengalami kenaikan, dengan rutin olahraga renang. Berenang membantu membakar 600 kalori dalam tubuh sehingga ibu hamil tidak perlu takut naik berat badan terlalu banyak saat hamil. Kalau pun naik berat badannya tidak akan terlalu banyak, perjuangan menguruskan badan pasca melahirkannya juga tidak akan terlalu berat.

3. Posisi janin yang sempurna.

Berenang dapat menghilangkan risiko adanya plasenta previa dan membuat tubuh lebih rileks sehingga bayi dan ibunya juga merasakan emosi yang positif. Berenang saat hamil pun mampu membantu bayi memiliki posisi yang sempurna di dalam rahim.

4. Mencegah Mual dan Mengisi Energi.

Namun, jangan memaksakan diri bila bau kaporit dari kolam renang membuatmu mual maupun tidak nyaman pada kulit atau mata. Bila memungkinkan, berenanglah di kolam air asin, tapi bukan di laut atau danau karena bakteri dan kuman dapat menyebabkan penyakit.

5. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Suhu di air memiliki efek yang berbeda, dengan merasakan suhu berbeda sangat baik bagi imunitas Ibu dan bayi di dalam kandungan.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan