Kurangi Emisi Kendaraan, Belanda Batasi Kecepatan Maksimal

Kurangi Emisi Kendaraan, Belanda Batasi Kecepatan Maksimal

Meski dianggap kurang efektif, tapi pembatasan kecepatan maksimal kendaraan akan tetap dilakukan pemerintah Belanda untuk mengurangi tingkat emisi.

Kurangi Tingkat Emisi Kendaraan, Pemerintah Belanda Lakukan Hal Ini

Konten.co.id – Tingkat emisi kendaraan yang semakin lama semakin tinggi membuat pemerintah Belanda kewalahan.

Untuk itu, saat ini pemerintah Belanda akan melakukan pembatasan kecepatan kendaraan maksimal di Belanda berada di angka 130 km/jam.

Dalam aturan baru, pengendara boleh memacu kendaraannya hingga batas tersebut hanya pada malam hari antara pukul 19.00 hingga 06.00. Sementara batas kecepatan kendaraan pada siang hari akan dibatasi menjadi 100 km/jam, sebagai upaya untuk menangani masalah emisi.

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, mengatakan bahwa usulan ini dianggap sebagai langkah yang signifikan dalam menangani masalah polusi nitrogen oksida yang sedang berlangsung.

Emisi nitrogen terutama berasal dari peternakan, mobil, truk dan pekerjaan konstruksi. Media publik Belanda, NOS, melaporkan bahwa aturan itu akan diperkenalkan mulai tahun 2020 mendatang.

Diketahui dalam beberapa bulan terakhir, proyek-proyek infrastruktur besar, seperti pembangunan bandara, perumahan dan jalan sedang ditunda akibat masalah emisi yang kian parah.

Banyak kritik yang dialamatkan kepada pemerintah Belanda karena dianggap telah melanggar Undang-Undang Uni Eropa tentang target pengurangan emisi.

Pada Oktober lalu, para petani di Belanda melakukan aksi protes menyangkal tuduhan bahwa sektor pertanian dianggap sebagai penyebab masalah emisi. Mereka memblokade jalan saat jam sibuk di pagi hari dengan menurunkan puluhan traktor.

Asosiasi Dealer Mobil Belanda keberatan terhadap usulan mengurangi batas kecepatan karena dianggap tidak efektif. Sementara organisasi lingkungan Milieudefensie, menyambut Undang-Undang baru tersebut sebagai kabar yang baik bagi alam dan lingkungan.

Perubahan aturan hukum ini akan menjadikan Belanda sebagai salah satu negara yang menerapkan batas kecepatan kendaraan terendah di Uni Eropa. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan