Kenali Gejala Awal Asam Urat, Penyakit yang Serang Sejuta Umat

Kenali Gejala Awal Asam Urat, Penyakit yang Serang Sejuta Umat

Penyakit asam urat mudah terlihat dari berbagai gejala yang menyerang.

Hati-Hati, Gejala Ini Menyerang Tanda Anda Kena Penyakit Asam Urat

Konten.co.id – Penyakit asam urat adalah penyakit yang mudah menyerang banyak orang. Tak cuma orang tua, anak muda pun mudah terserang. Maka dari itu penyakit ini disebut ‘Penyakit Sejuta Umat’.

Tanda anda terserang asam urat pun mudah dikenali dari berbagai gejala. Diantaranya adalah :

Nyeri di bagian-bagian sendi

Gejala awal asam urat menyerang persendian di sekitar tubuh kita, mulai dari jari tangan, pergelangan, lutut, siku hingga sendi jempol. Di bagian-bagian tersebut akan dirasakan nyeri dan sendi sehingga akan terasa panas dan kaku. Rasa nyeri biasanya juga diikuti dengan pembengkakan di sekitar sendi.

Peradangan dan kemerahan

Asam urat, sesuai namanya adalah penumpukan zat asam yang akhirnya mengkristal di sendi karena gagal dikeluarkan lewat urin dan feses. Sendi dimana tempat zat asam ini terkumpul akan menjadi bengkak dan berwarna kemerahan.

Tubuh tidak dapat bergerak dengan leluasa

Rasa nyeri yang menyerang sendi-sendi para penderita asam urat sering menjadi penghalang untuk beraktifitas. Ruang gerak tubuh akan menjadi terbatas, karena persendian akan menjadi kaku. Bila rasa sakit yang diderita sudah menjadi semakin parah dan menghalangi kita untuk menjalankan rutinitas harian, segera hubungi dokter.

Rasa sakit menjalar ke daerah tubuh lain

Pada beberapa orang, rasa nyeri pada persendian akan ‘menular’ ke bagian tubuh lain. Biasanya dari bagian bawah kaki ke bagian atas. Rasa nyeri dan panas ini akan naik dari jempol kaki ke bagian telapak kaki dan tapak kaki, kemudian menjalar lagi ke betis, lutut, hingga ke paha.

Rasa nyeri berkelanjutan

Sesaat ketika rasa nyeri telah mulai hilang, kadang para penderita asam urat akan tetap merasakan rasa tidak nyaman di sekitar sendi yang dapat berlangsung hingga berhari-hari kemudian.

Hati-hati ya kawan semua, kalau anda merasa menemukan gejala ini berarti anda terkena asam urat. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan