Indonesia Diintai Krisis Petani 10-25 Tahun ke Depan

Indonesia Diintai Krisis Petani 10-25 Tahun ke Depan

Rata-rata petani di Indonesia sekarang berusia 47 tahun. Kalau tidak diantisipasi, maka jumlah petani betul-betul akan terjadi krisis.

10-15 Tahun ke Depan Indonesia Akan Mengalami Krisis Petani

Konten.co.id – Rektor Institut Pertanian Bogor, Arif Satria mengatakan bahwa Indonesia akan mengalami krisis jumlah petani 10-25 tahun mendatang. Peryataan tersebut ia katakan setelah dirinya bertemu dengan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di kantor Kementerian Pertanian. Senin (11/11).

Hal tersebut disebabkan oleh sedikitnya jumlah petani di Indonesia dan petani yang ada saat ini sudah berumur hampir setengah abad.

“Rata-rata petani di Indonesia berumur 47 tahun. Petani Indonesia akan menjadi krisis pada 10-15 tahun mendatang,” kata Arif.

Data Pusat Badan Statistik (BPS) merilis bahwa ada penurunan pekerja di bidang pertanian, kehutanan dan perikanan.

Tercatat di data BPS pada Agustus 2019, penduduk yang bekerja pada tiga bidang itu sebanyak 34,58 juta orang (27,33% dari seluruh lapangan pekerjaan utama). Angka tersebut menurun 1,12 juta atau 1,46% dibandingkan Agustus 2018 yang tercatat 35,70 juta orang.

Mentan Syahrul mengatakan persoalan margin di sektor pertanian membuat bisnis ini tidak menarik orang. Jalannya ia mencoba mengurai, salah satunya dengan penguatan data.

“Akurasi data menjadi penting untuk mengambil keputusan. Soal data, kita akan terus gali, perkuat, terutama dalam pengembangan generasi petani,” kata Arif.

Dalam hal ini IPB sudah mempunyai konsep, yaitu memiliki program regenerasi petani atau disebut program pencipta petani milenial.
“IPB punya program technopreneur dan sociopreneur,” jelasnya.

Arif berharap ada kerja sama IPB dan Kementan untuk mengembangkannya program tersebut dengan membuat road map riset pertanian.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan