Dianggap Zina, Anggota MPU di Aceh Dicambuk 28 Kali

Dianggap Zina, Anggota MPU di Aceh Dicambuk 28 Kali

Anggota Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Mukhlis dicambuk karena melakukan hubungan terlarang.

Anggota MPU di Aceh Dicambuk 28 Kali Karena Melakukan Zina

Konten.co.id – Anggota Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh bernama Mukhlis terpaksa harus kena hukuman cambuk, Kamis (30/10/2019). Ia ketahuan melakukan hubungan diluar nikah atau zina.

Mukhlis dicambuk sebanyak 28 kali. Diketahui Mukhlis kedapatan melakukan hubungan terlarang dengan seorang wanita yang sudah memiliki suami. Ia ditangkap di dalam mobil di tepi pantai.

“Siapapun Anda, jika Anda melanggar hukum, maka Anda akan dicambuk,” kata Wakil Bupati Aceh Besar Husaini Wahab.

Buntut dari kelakuannya itu, Mukhlis pun dipecat dari anggota MPU karena telah mencoreng nama baik ulama di Aceh.

Selain Mukhlis dan pasangannya, seorang mahasiswi juga dicambuk belasan kali karena kedapatan bermesraan dengan seorang pemuda. Namun remaja pria itu tidak mendapati hukuman cambuk lantaran masih di bawah umur.

Hukuman cambuk di Aceh kerap menjadi perhatian para wisatawan yang melancong ke negeri rencong itu, bahkan banyak yang penasaran bagaimana proses pelaksanaan hukuman cambuk.

Pelaksanaan hukuman cambuk sendiri sesuai aturan dari Qanun nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat. Pelaksanaan hukuman cambuk diselenggarakan di lapangan terbuka atau di halaman Mesjid dan disaksikan oleh banyak orang.

Seorang pengeksekusi atau yang disebut algojo harus memakai penutup wajah layaknya cadar, dan alat yang dipakai untuk mencambuk terdakwa terbuat dari rotan. (*)

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *