Dampak Mengerikan Bagi Tubuh Jika Asupan Garam Terlalu Berlebih

Dampak Mengerikan Bagi Tubuh Jika Asupan Garam Terlalu Berlebih

Konsumsi garam berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan, hal-hal mengerikan bisa terjadi pada tubuh.

Inilah Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Asupan Garam Berlebihan

Konten.co.id – Sejak ratusan tahun yang lalu garam sudah menjadi makanan manusia. Pada Abad Pertengahan di Eropa, garam disebut “emas putih” karena harganya yang sangat mahal. Di masa itu Venesia menjadi kawasan ekonomi kuat karena berhasil monopoli perdagangan garam.

Garam laut disebutkan dalam naskah umat Buddha, Vinaya Pitaka yang ditulis pada abad ke 5 SM. Prinsip produksi garam dapur adalah menguapkan air laut. Di daerah yang hangat dan kering, proses ini dapat dilakukan sepenuhnya dengan mengandalkan cahaya matahari. Di kawasan yang lebih dingin, bahan bakar tambahan diperlukan.

Umat manusia kini tidak dapat terlepas dari konsumsi garam, disamping berguna bagi kesehatan, konsumsi garam yang berlebihan dapat merusak kesehatan. Apa saja dampaknya?

1. Buruknya Proses Urinasi

Konsumsi garam sangat tinggi dapat mengganggu fungsi ginjal, hal ini menyebabkan orang lebih sering urinasi.

Urin mungkin berwarna kuning sehingga tampak seperti normal, namun protein yang dikandung dalam urin akan menunjukkan ciri-ciri gangguan ginjal atau dehidrasi, urin yang dilepas tubuh semakin sedikit, dan menjadi lebih kental serta berwarna kuning gelap.

2. Perut Kembung

Akibat konsumsi garam yang berlebih pun menyebabkan perut kembung, hal ini disebabkan karena tubuh berusaha menahan lebih banyak cairan untuk keseimbangan. Biasanya kadar garam yang sangat tinggi terdapat pada makanan olahan, maka dianjurkan untuk memasak dengan bahan-bahan mentah.

3. Pembengkakan Bagian Tubuh

Tubuh menahan air untuk menjaga keseimbangan, hal itu berdampak kepada pembengkakan tubuh misalnya jari-jari lengan dan bagian-bagian tubuh lain.

4. Menguras Cairan

Sodium yang terkadung dalam garam mampu menyeimbangkan cairan tubuh, tapi apabila dikonsumsi berlebih maka tubuh akan dipaksa mengeluarkan cairan sehingga menyebabkan dehidrasi.

5. Gangguan Ginjal

Konsumsi garam berebih juga berbengaruh pada kerja ginjal, karena over protein dalam ginjal yang mengakibatkan resiko gangguan ginjal bahkan resiko batu ginjal.

6. Otot Kejang

Tingginya asupan garam membuat ketidak seimbangan pada otot, karena terganggunya keseimbangan antara sodium dan potassium yang biasa bekerja bagi kontraksi otot.

7. Menurunnya Kemampuan Kognitif

Rusaknya alteri yang menyalurkan darah ke otak disebabkan banyaknya asupan garam pada tubuh, hal itu dapat berdampak pada kemampuan konsentrasi yang menurun dan rendahnya kemampuan berpikir sehari-hari.

Dampak-dampak buruk yang ditimbulkan akibat banyaknya asupan garam pada tubuh sebenarnya bisa diminimalisir dengan menambah rasa lain dalam masakan, hal itu mampu mengurangi rasa ketagihan mengkonsumsi garam.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *